Tips Jadwal Sekolah dan Kerja di Rumah Aja

Dear IMC Moms/Dads, yuk kita sama-sama belajar di rumah. Kebetulan keluarga kami memang homeschool jadi saya ingin share bahwa mungkin awalnya hal ini kedengaran ”scary” tapi sebetulnya kita semua bisa dan do-able. Mungkin keadaan ini juga tidak ideal bagi sebagian dari kita yang perlu pergi kerja , belum work from home, dll. I wish I can do more things to help around this time…but really I am stucked. Jadi saya share langsung aja ya kira-kira skenario belajar di rumah (homeschool) kita seperti apa:

Untuk jam dan detilnya mom bisa sesuaikan masing-masing, saya hanya ingin membagi gambaran…

Jam 7 pagi : siap-siap breakfast

Jam 8-9 pagi : suami saya biasa homeschool C1 (saya mengerjakan IMC kalau C2 belum bangun, kalau dia sudah bangun ya ga bisa kerja…) Karena biasanya C2 sudah bangun jadi momen ini saya gunakan untuk berkegiatan Montessori Di Rumah dengan C2 saja…topik read aloud juga fokus ke C2 dan ketertarikan serta kisah-kisah favoritnya..

Jam 9-10 pagi : Kami semua sarapan. Biasanya setelah sarapan waktunya Read Aloud (membaca nyaring) saya biasanya membacakan C1C2 buku-buku yang mereka sukai. Jujur saya kasihan dengan anak-anak yang biasanya fieldtrip..sehingga saya memberi ijin mereka naik scooter (yes even di dalam apartemen…) they have needs to move around….

Jam 10-11 pagi : C1 mengerjakan projek (ini bisa matematika, bahasa, sains, sejarah, dll) – kebetulan ia sudah berusia 7 tahun jadi ia biasa mengerjakan ini sendiri kecuali ada hal baru yang ingin ditanyakan.

Jam 11-12 pagi : Break time, biasanya saya menyediakan snack , susu, jus , dll lalu Read Aloud lagi (membacakan buku)

 C1 bebas memilih projek entah itu seni, percobaan sains, membuat robot, coding, dll bebas. C2 biasanya main susun-susun balok, puzzle, main play dough dan di jam ini saya biasanya masak tapi super easy banget dan yang simple aja.Dan of course, most of the time mereka kejar-kejaran hahaha …

Jam 1 siang : LUNCH TIME

Setelah itu C2 akan istirahat tidur siang, saya ikut istirahat kalau ga ga kuat sampai malam. C1 acara bebas dia biasanya binge reading , baca segala macam buku yang ada di rumah, bebikinan ini itu, dll.

Ketika C2 tidur, ini waktu saya berdua dengan C1…biasanya kami ngobrol, atau saya membantu C1 ketika ia ada pertanyaan.

Bagi yang bekerja dari rumah, saya biasanya gantian dengan suami saya. Misalkan saya butuh 1 jam tidak diganggu, ya sudah saya masuk ke kamar dan suami saya akan main bersama C1C2. Juga sebaliknya. Kuncinya memang kerja sama antara suami istri ya, khususnya untuk kami yang memang memilih tidak menggunakan jasa ART ataupun nanny. 

Nah, seperti yang saya share waktu ngobrol di IG Live chat….saya tidak memiliki jadwal yang ketat untuk setiap menitnya namun kita sudah memiliki rutinitas dimana anak-anak kurang lebih sudah ”expect”. Saya juga merasakan ups and downs mood dalam masa-masa ini…I keep telling myself and ask my inner circle to remind me to LOWER DOWN our expecations. One day at a time…fokus saat ini adalah survive…. semangat semua…memang saya akui ga mudah sama sekali…ada hari-hari dimana saya semangat dan optimis…dan ada waktu-waktu di mana saya merasa….DOWN ”kapan ya kembali seperti semula?” 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *