Back to Basic with Spielgaben

review spielgaben indonesiamontessori.com
Learn Through Senses with Spielgaben

Dear IMC-ers, pada kesempatan kali ini kami menggunakan perkakas dari Spielgaben.com untuk kegiatan #IndonesiaMontessoriHomeschool kami kali ini. Back to basic kali ini momC memberikan undangan bermain untuk C sekaligus mereview informasi yang sudah pernah C kenal sebelumnya. Pada pendekatan Montessori, repetisi pengenalan dilakukan supaya si kecil semakin mengenal dan tentunya tetap memegang prinsip “Follow the Child” ya…kalau si kecil kurang tertarik kali ini, dicoba kegiatan lainnya atau di undang di lain kesempatan.

learn through senses with spielgaben

Setelah kurang lebih sebulan yang lalu IM.C mendapat kiriman versi 4 dari Spielgaben, tidak pernah seharipun C bermain tanpa perkakas lengkap dari Spielgaben ini. Jadi sebisa mungkin melihat dan mengakomodasi ketertarikan C, momC berusaha menggabungkan berbagai kegiatan #IndonesiaMontessoriHomeschool kami dengan perkakas versi 4 dari Spielgaben. Nah kedepannya IM.C akan mereview kegiatan kami bersama Spielgaben dalam kegiatan homeschool kami. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi permainan IMC-ers dengan perkakas Spielgaben yang sudah IMC-ers pesan ya! Untuk review menyeluruh dari MomC mengenai versi 4 Spielgaben bisa IMC-ers baca di sini. IM.C senang dapat bekerja sama menjadi mitra Spielgaben sebagai sponsor  tetap dari IndonesiaMontessori.com untuk mereview produk dari Spielgaben setiap bulannya , namun seluruh pendapat yang IM.C tuliskan sepenuhnya adalah milik kami dan IM.C menjujung tinggi kejujuran dan integritas dalam komunitas kami.

geometric solid

Salah satu undangan pertama kami hari ini adalah mereview berbagai nama dari bangun ruang yang sudah C kenal sebelumnya. C dengan antusias langsung mencocokkan wooden geometric solids dari unit spielgaben 2 dimana terdiri dari 12 geometrical solids yang beragam.

“This is triangular based pyramid! , this is cone, this is sphere!” Senang sekali karena C mash ingat meski dikenalkannya sudah jauh lama sekali, memang betul kalau observasi Doktor Montessori, anak usia dini paling cepat menyerap segala sesuatu termasuk kata-kata sulit ya!

Undangan main kedua kami masih dari perkakas unit spielgaben 2, kali ini momC mengundang C untuk memperhatikan sisi-sisi dari bangun ruang tersebut dan mencocokkan dengan yang sejenis. Alhasil C membuat bermacam-macam bangunan yang ia sebut sebagai “Rumah dan garasi…”

“Ini rumah C, ini garasi, ini Farm!”

“Nah ini cocok….” C mencoba menemukan sisi-sisi yang sama. IMC-ers kebayang ga sih jaman kita SMP? mulai dikenalkan dengan bagun ruang….lalu kita yang terbengong-bengong ga bisa bayangin sama sekali apa maksudnya? lalu diminta menggambar di kertas pakai garis titik-titik? Senang sekali momC sudah membayangkan geomteric solids yang terbuat dari kayu yang kuat , presisi dan halus ini akan awet sampai C nanti usia SMP, jadi di saat-saat itu C bisa gunakan juga nantinya.

photo 3-193

Nah ketiga folder tebal ini adalah kurang lebih 30% dari seluruh materi learning resource yang didapat dari Spielgaben. Sungguh-sungguh berguna dan membantu sekali dalam menjelaskan kepada si kecil. Dengan detil di panduan ini diceritakan dan disarankan kata-kata apa yang tepat untuk ditanyakan dan apa yang perlu diajarkan ke si kecil! I Am Loving it!

photo 2-245

Selanjutnya kami juga berencana mencoba unit-unit ini, tapi nanti dulu ya !

Berlanjut ke salah satu permainan kesukaan C dengan geometric solid ini , sphere ini bisa diputar lalu ketika C tekan ke bawah menggunakan stik kayu ini , sphere akan berputar lebih kencang dan biasanya C cekikikan merhatiin ini!

photo 2-244

Diakhiri dengan mengelompokkan berbagai bentuk yang sesuai, wah sekali mendayung beberapa pulau terlampaui ya! C disini belajar mengemlompokkan, berbagai nama bangun ruang secara langsung , dll

photo 1-226

Nah yang silinder di kelompokan dengan yang silinder lainnya juga ya! Seperti bentuk apa ya ini?

photo 5-121

Undangan terakhir kegiatan homeschool kami dengan Spielgaben kali ini adalah menelompokkan berbagai perkakas berdasarkan warna dan memasukkan ke stik dengan warna senada. Di sini C belajar ketekunan dan ketelitian untuk mengumpulkan berbagai perkakas yang sewarna.

photo 1-227

Yuk kumpulin yang warna “Orange” dari semua kotak yang ada…

Tidak berhenti di orange dan purple, C juga ingin kumpulin yellow….dan red.

photo 3-191

Last but not least “Green!” Nah kegiatan ini pun melatih tanggung jawab karena C sendiri yang perlu merapihkan perkakasnya setelah main setiap warna…momC tentunya kadang memberi support dan semangat tapi C dimudahkan oleh partisi-partisi di laci legendaris Spielgaben yang teratur dan jelas peletakan kategorinya.

photo 2-246

Yuk main lagi C ! nah IMC-ers, semoga kegiatan homeschool C kali ini dapat menjadi inspirasi ya masih sangat banyak kegiatan bersama Spielgaben.com yang kami lakukan setiap harinya sampai-sampai ngga sempat di foto juga 🙂

Untuk review keseluruhan Spielgaben Versi 4 oleh IM.C dapat di baca di sini ya!

Kalau selama ini produk Spielgaben hanya baru dapat di dapatkan di UK, USA, USA , sekarang sudah bisa di dapatkan di Indonesia loh! Baca selengkapnya di Spielgaben.com ya!

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).