Montessori Di Rumah Untuk Bayi

It’s November!

 

Welcome to toddlerhood our dearest C2 💕 super excited for our next stage : 12-36 months! #IMCMontessoriBaby ini periode yang dulu sangat saya enjoy bersama C1!! hahahhaa mungkin karena di masa ini mereka semakin lucu, komunikatif dan semakin bisa diajak jalan-jalan dan juga kegiatan @montessoridirumah 💕 So far saya sedang bongkar storage pelan-pelan banget huhu untuk kumpulkan barang2 C1 yang cocok untuk usia C2 sekarang seperti berbagai puzzle kayu, miniature hewan, wooden train, jigsaw, pom-pom, dll… selain itu C2 juga sudah ikutan menemani C1 dan saya di kitchen, ia berdiri di kitchen helper hehehehee… ia juga semakin curious dan bisa menunjukkan kemauannya sendiri. Misalkan ia ingin melihat car dari jendela ia akan menunjuk ke arah jendela sambil bilang “cccarrr” jadi semakin lucu dan gemas hahaha…yang saya amati ia juga mulai semakin fokus ketika diberikan benda yang baru ataupun menarik… nah pada saat precious moment seperti ini baiknya dibiarkan… ia sedang berkonsentrasi…. ahemm lagipula kita bisa istirahat bentar kan hahahhaa…. salah satu yang perlu menjadi reminder untuk saya juga dalam #homeschoolwithIMC which we are very thankful and happy about is to manage our own expectations… inginnya dan rencananya setiap hari field trip, hahaha tapi hubby mengingatkan bahwa membawa bayi (toddler) dan 6 yo itu lebih challenging dibanding let’s say kalau mereka sudah 4 yo++ ahemmmm jadilah saya refleksi dan perlu slow down a bit 1-2 x seminggu cukup hahahaa at least saat ini!

loving means accepting a child exactly the way she is at the moment without trying to hurry her into the next stage…pada saat bayi mulai belajar merangkak, kita ga buru-buru meletakkannya di atas kedua kaki lalu “ngajarin berjalan” dengan bantuan kita. Langkah-langkah seperti belajar berdiri, berlatih keseimbangan,menarik badannya sendiri dengan berpegangan pada benda , merangkak kesana kemari, mencari jalan di sela-sela meja adalah hal yang berharga yang anak lakukan. Pada saat anak sudah siap.. tentunya ia akan berjalan sendiri dan pada saat ia siap, ia akan berjalan dengan penuh percaya diri tanpa ataupun minim bantuan. Respect our babies’ timetable and love them exactly the way she is now 🙂 Hal ini juga sama loh untuk anak yang lebih besar … ada kalanya ketika kita melihat anak belum bisa melakukan sesuatu rasanya ingin membantu.. namun sebetulnya proses anak berusaha sendiri sangatlah berharga #imcmontessoribaby #montessoriwithIMC

Ada berbagai kegiatan sederhana yang dapat kita lakukan bersama bayi di rumah yang tentunyaaa saya rangkum sesederhana mungkin karena menurut saya tahun-tahun pertama ini kita sudah cukup “sibuk” juggle MPASI, sans sini, mungkin dengan kakaknya, kerjaan, hobi kita, dll. Menurut saya sangat beneficial untuk mempelajari garis besar perkembangan bayi sehingga meskipun tidak setiap hari kita sempat menyempatkan berjam-jam untuk @montessoridirumah bersama bayi namun kita sudah mengerti guidelinenya sehingga dimanapun dan kapanpun kita bisa memanfaatkan waktu yang precious dengan si kecil!

Juggle saya saat ini adalah back and forth antara C1 yang berada di second plane of development dan C2 yang ada di first plane of development. Some days are easy, some days are hard…but this is our decision and we are grateful for our decision at this moment to #homeschoolwithIMC 🙂

We are very excited to share our journey #homeschoolwithIMC kali ini untuk bayi berusia 0-3 tahun dimana kegiatan-kegiatan sederhana ini sebetulnya bermanfaat untuk tahap perkembangan si kecil selanjutnya yang sudah saya share di buku Montessori di Rumah :

Nah, untuk IMC moms yang mau ikutan, playdate IMC bareng tahun 2019 ini di BUUMI , Pacific Place Mall….yuk sekarang juga hubungi Ridho di : +62857-6622-1262 yah!

See you next week !!!!!

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *