Hands On Learning with Nutcrackers

Dear IMC-ers, menjelang bulan November dan Desember begini, suasana di sini sudah membawa hawa “holiday” banget. Di mana-mana ada hiasan baik itu hiasan Thanksgiving dengan turkey-turkeynya, hiasan Channukah dengan Menorah dan juga hiasan Natal dan Tahun Baru. Kalau sudah memasuki bulan-bulan ini rasanya bawaannya udah libur aja, mood nya pun jadi lebih gembira sebenarnya hehehe…nah karena C sudah lihat toko-toko mulai mendekor cantik langit-langit dan dinding dengan hiasan Natal, C minta saya untuk mulai mendekor rumah juga. (Yes , I know it is too early!!!!) tapi dipikir-pikir lagi, ya sudah lah ya supaya ga rugi dan sekalian mengbulkan permintaan C, saya mulai kibaskan rambut dan menyingsingkan lengan dengan harapan berat badan turun beberapa kilo begitu…ambil swiffer sweeper kesayangan dengan refill nya yang wewangian bunga Lavender, bersih-bersih seluruh rumah (minus halaman belum, garasi belum) dan mulai membongkar pernak pernik dekorasi Natal kami.

prakarya hari raya natal untuk anak prasekolah

Ta daaa, this is our Christmas Tray on our Montessori shelves! I know , it is probably too early….but it is okay! pernak-pernik ini saya kumpulkan sudah dari tahun 2010, dari pertama menikah saya udah suka beli-beli pernak pernik dan dikoleksi hehehe…tujuannya Christmas Tray ini adalah untuk mengenalkan C ke berbagai tradisi Natal. Tradition Tray ini ngga harus hari raya Natal doank IMC-ers, bisa ide nya di ambil untuk mengenalkan hari raya apapun juga. Misalkan Lebaran, IMC-ers bisa taruh ketupat miniatur (seperti waktu yang lalu momC gunakan ketupat-ketupat miniatur) dan juga foto-foto makanan khas Hari Raya, ataupun perayaan Thanksgiving, bisa di berikan miniatur turkey, buku cerita kecil bertemakan Thanksgiving, Pumpkin , dll. Dalam pendekatan Montessori, Doktor Montessori sangat encourages untuk mengenalkan budaya dan tradisi baik itu tradisi turun temurun, hari raya dll yang dianut dan dirayakan masing-masing murid , selain itu juga dapat dikenalkan berbagai budaya dan tradisi serta hari raya yang tidak dirayakan oleh diri sendiri, tetapi mungkin dirayakan sanak saudara ataupun teman. Hal ini diupayakan untuk menyadarkan si kecil terhadap keberanekaragaman latar belakang dan demikian si kecil perlahan mengerti dan menghormati satu sama lain. What a Wonderful World Indeed!

photo 4-173

Pasukan Nutcrakers koleksi saya pun menarik perhatian utama C. Dari tahun lalu ia udah suka mainkan ornamen Nutcrackers ini. Nah kali ini saya minta C untuk menyusun Nutcrackers dari yang paling besar ke yang paling kecil….C antusias sekali langsung susun menyusun.

photo 2-264

Nah yang inipun seru karena besarnya yang sama, kami melakukan kegiatan “I SPY” . Minta C untuk menemukan Nutcrakers yang sama persis, nutcrcakers yang memakai celana berwarna sama, yang topinya sama, yang bajunya berbeda, dll. Baik sekali kegiatan ini dilakukan untuk encourage komunikasi dan perkembangan bahasa serta mengasah kemampuan persepsi visual.

photo 2-266

Yuk C, kelompokkan Nutcrackers yang seragamnya warna hijau, biru dan merah! Setelah puas selesai mengelompokkan dan menghitung nutcrackers, C menggantungkan Nutcrcakers ini pada pohon Natal. Kegiatan gantung menggantung inipun sangat baik karena C menggunakan dan mengasah kemampuan motorik halusnya untuk membuka pita kecil dan menggantungkan di dedaunan pohon natal tersebut. Tinggal terakhir, saya pasangkan lampu deh! Yayy suasana rumah menjadi lebih hangat dan romantis uhm..

photo 3-212

Apa rencanamu liburan akhir tahuun ini? Yuk share di IMC CLUB ya!

Untuk kumpulan kegiatan bertemakan Natal dan Nutcrackers bisa di unduh di bawah,

Nutcrackers Coloring Pages dari Super Coloring

Nutcrackers Number Game dari Pre Kinders

Nutcrackers DIY Using Tissue Roll Printable dari Mary Engelbreit

Have fun!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).