DIY Rumah Stik Kayu #IMCNipponDIYChallenge

Hi semua, sulit dipercayaaaaa kita sudah memasuki tahun 2021 aja nih! Can you believe that? 2020 was really something. Persis kayak naik roller coaster deh kalau dibilang…awal tahun 2020 ketika saya mendengar kabar tentang virus ini sebelum dinyatakan pandemik rasanya tuh khawatir ya, apalagi saat itu hal tersebut benar-benar baru dan belum banyak masyarakat yang memahami serta mendengar…jadi ada fase dimana saya betul-betul berusaha menyadarkan teman dan keluarga saya di Indonesia dan Amerika untuk menahan diri dari tempat-tempat ramai. Tepuk tepuk punggung sendiri yuk! Bangga juga rasanya kita semua udah survive di tahun yang unik ini….iya, tahun yang akan di tulis di sejarah umat manusia kedepannya and we are part of it >_<


Tapi, tapi, tapi meskipun semua ini betul-betul unbelievable saya ingin mengingatkan diri sendiri dan Moms semua bahwa semua tantangan ini tentunya akan memperkuat kita…membuat kita lebih aware, membuat kita lebih sadar akan kebersihan, membuat kita juga lebih berusaha prioritas tentang hal-hal yang sebetulnya paling penting dalam hidup kita seperti keluarga, Kesehatan, dll.
Positifnya (I know..I know..it is hard to say this!!!)…kalau dari diri saya pribadi saya jadi berusaha slow down…karena saya ini memiliki kecendrungan suka banyak mau ini itu hahaha….kebayang kan…tapi karena terbatas gerakan saya jadi ‘’dipaksa’’ merenung dulu deh dan juga lebih fokus ke kedua anak karena memang mostly #dirumahaja hahaha..capekkk sih..fisik dan mental…betul-betul lelah kadang dan of course, meltdown here and there termasuk mommy meltdown. Ada beberapa hal yang sebetulnya ingin saya lakukan dan garap namun sepertinya ga feasible …ya udah, ga apa juga…saya let go dan percaya bahwa semua akan indah pada waktu-Nya. Karena yang terpenting bagi saya di masa pandemik ini yaitu jaga kesehatan jiwa raga diri sendiri dan keluarga..karena setelah saya pikir-pikir memang inilah harta saya. Hmmm..bukan berarti saya ga sempat frustasi dll loh ya, wajar saja kalau manusia ingin ini dan itu hahaha lalu ga terwujud ada kan perasaan kayak geregetan…wajar banget ya…saya berusaha menyayangi diri saya lebih lagi dengan yaaaa ga menghakimi diri sendiri. Bukan berarti juga artinya ga memiliki goal dalam hidup ya, tapi secara sadar menerima fakta mana sih yang saat ini paling utama. Eh, jadi kepanjangan nih curhatnya…emang susah kalau dikasih ajang curhat saya malah Panjang lebar cerita hahaha kayak Live IG kemarin yaaa..


Nah, karena jadi mostly #dirumahaja kita jadi lebih sempat untuk baking, berkreasi dan meneruskan projek yang sebelumnya tertunda. Kali ini kita juga mau share hasil DIY kreasi rumah-rumahan dari stik kayu yang C1 buat untuk C2…

Oh ya, apa sih manfaatnya kegiatan seni di rumah? kalau di rumah kami #homeschoolwithIMC kami berusaha selalu meluangkan waktu dan area untuk C1 dan C2 bisa eksplorasi bebas “bikin-bikin’ something setidaknya 3x dalam seminggu. Saya percaya seperti yang dijelaskan dalam Bloom’s Taxonomy bahwa ”CREATE” is the highest form of learning.

Mungkin nanti ya, di salah satu LIVE IG, saya bisa share tentang hal ini. Ketika CREATE sebetulnya anak mengkombinasikan segala bahan, materi, pengetahuan yang telah ia dapatkan di proses-proses ”learning” sebelumnya untuk diaktualisasikan. Menghafal adalah level pertama dalam Bloom’s taxonomy setelah menghafal baru timbul pengertian. Setelah mengerti, apakah anak dapat mengaplikasikan, menganalilis dan evaluasi? baru tahap terakhir setelah semua level tersebut dilalui baru tahap membuat ”CREATE” karena itu juga, I am all in pada saat anak-anak inisiasi ingin membuat suatu kreasi. Untuk C1 biasanya ia sudah punya waitlist hal-hal dan benda yang ingin ia design dan buat. Terakhir , ia membuat tempat penyimpanan batere sendiri. He loves to work with his hands. Untuk C2, tentunya masih ada tahapan yang perlu kita bantu namun tetap diberikan kesempatan untuk berkreasi dan membuat sesuatu sesuai dengan aktualisasi dari ide C2.

Dalam pendekatan @montessoridirumah , Dr.Montessori juga mengungkapkan bahwa the hands are the instruments of man’s intelligence.

”The hands are the instruments of man’s intelligence.The first essential for the child’s development is concentration.” – Dr.Montessori

 

DIY Rumah Stik Kayu 


Bahan :
Stik es krim
Glue Gun dan Refill
Cat NiponPaint Hydro-Fast
Berbagai Kuas
Manik-manik, pom-pom, stiker, hiasan

Cara membuat :
*Ajaklah si kecil untuk mendesign dulu kira-kira rumah kayu yang ingin mereka buat dengan menggambar di kertas.
Sebagai ide, anda bisa membuat DIY rumah kue jahe, DIY rumah boneka, DIY barn, dll
Untuk anak yang lebih besar , anda bisa mengajak untuk mengukur tinggi, Panjang, luas bahkan volume nya loh! Untuk adik-adik yang masih lebih kecil, Mom bisa mengajak mereka berhitung jumlah stik yang akan digunakan. 


*Dengan bantuan anda , gunakan glue gun untuk merekatkan stik-stik kayu nya. Nah, anda memiliki 2 pilihan untuk mencat stik kayu sebelum anda buat kreasi DIY ataupun sesudahnya. Kita mencoba keduanya. Anda dapat menggunakan cat Nippon Paint Hydro-Fast yang biasa anda gunakan untuk dinding rumah untuk kreasi ini. Dengan beberapa warna primer saja, anda dapat mencampur-campur berbagai warna sendiri sehingga akan jadi banyak sekali pilihan warna lainnya ya!


*Kreasi dengan stik kayu ini bersifat endless dan ga ada habisnya karena Ketika berhasil membuat satu kreasi hehehe rasaya ide lain muncul ya!


*Setelah selesai, anda dapat mengajak si kecil untuk mendekorasi DIY Rumah Kayu dengan berbagai hiasan dan setelahnya akan tahan lama untuk dimainkan yayy!!!

Nah, mungkin IMC moms baru pernah mendengar ya tentang cat Nippon Paint Hydro-Fast? untuk singkatnya cat yang satu ini adalah cat akrilik enamel serba guna yang memang pas untuk dipakai untuk bahan kayu dan besi. Jadi, pas banget untuk si kecil dan parents yang hobi DIY seperti C1 di rumah bisa coba menggunakan cat yang satu ini ya! Hydro-Fast dari Nippon Paint ini water-based sehingga ramah lingkungan, rendah bau dan aman untuk anak, daya tutup tinggi jadi tidak perlu diaplikasi berkali-kali dan sudah glossy, cocok untuk material seperti kayu, besi dan tentunya tembok.

Yuk, dicoba ya di rumah! Nah , untuk kedepannya IMC @indonesiamontessori dan @nipponpaintindo akan mengadakan #IMCNipponDIYChallenge nih yang akan dipilih winners nya setiap 6 bulan. Akan ada total 7 kegiatan DIY bareng IMC dan Nippon Paint (7 Challenges)  setahun ke depan yang bisa Mom ikuti.

Penasaran kan ya kita sudah siapkan surprise apa aja supaya ga bosen selama pandemik? Banyakkk hehehee jadi, setiap ada #IMCNipponDIYChallenge yang IMC buat, moms dapat ikutan membuat kreasi serupa (tidak harus sama persis tentunya, karena saya percaya kreasi setiap orang berbeda jadi hanya gunakan kreasi kami sebagai guideline dan inspirasi saja. Boleh menggunakan cat apa saja ya Mom.)

 

Nah, untuk IMC Moms yang ikutan terus setidaknya 4 kegiatan #IMCNipponDIYChallenge akan mendapatkan sertifikat dan goodiebag special yayy!!! Hmmm, kalau anda terus lagi ikutan kegiatan seru dan positif selama pandemik ini dan ikutan sampai 6 kegiatan setahun ke depan , Moms akan mendapatkan sertifikat dan voucher senilai 250.000 IDR yayy!!!

Jadi, setiap mom selesai dengan hasill karya bersama si kecil , silahkan di post di IG Moms serta repost banner #IMCNipponDIYChallenge dengan hashtag #IMCNipponDIYChallenge #IMCNipponBlobbyDIY1 #DindingSehatKeluargaSehat #Dimana2PakaiNipponPaint #NipponPaint  lalu isi google form ini ya! Jangan lupa mention dan tag @indonesiamontessori dan @nipponpaintindo ya! Oh ya, aku dibuat publik supaya tim juri dapat mudah melihat ya!

 

 

 

Dannnnn….ada seru-seruan baru di tahun 2021 ini khusus untuk IMC kids yayy!!

#IMCNipponBirthdayClub yang akan dipilih setiap bulannya selama tahun 2021 ini dan akan ada hadiah dan merchandise menarik dari Nippon Paint Indonesia.

Cara ikutnya gimana ?

· Follow instagram @nipponpaintindo & @indonesiamontessori

· Repost Banner Teaser Birthday Club melalui IG Story dan IG Feed serta mention IG @nipponpaintindo & @indonesiamontessori selama bulan Januari

· Posting foto anak yang berulang tahun di bulan Januari (usia maksimal 5 tahun), tulis nama lengkap, nama panggilan, umur saat ulang tahun & ucapan melalui FORM Birthday Club

· Mention @nipponpaintindo & @indonesiamontessori

· Sertai hashtag #IMCNipponBirthdayClub #DindingSehatKeluargaSehat #SilverIon #NipponSpotlessPlus #NipponPaint

· Ajak & Tag ke 5 orang teman , akun publik

Mudah kan? akan ada hadiah dan merchandise menarik setiap bulannya, so meski di rumah aja yuk kita seru-seruan rayakan hari spesial si kecil!

Memang kita semua masih dalam masa pandemik yang tentunya perlu terus berhati-hati, jaga kesehatan dan juga membatasi gerak kita…..tapi kita berharap dan tetap optimis dengan kegiatan seru-seruan yang bisa kita lakukan di rumah kita tetap dapat mengukir memori manis di masa kecil IMC Kids ya!

 

 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *