DIY Vas Kaca – Projek Upcycle #IMCNipponDIYChallenge

Aloha IMC parents , sebelumnya ini curi waktu me time, ditemani jazz dan secangkir kopi (masi hangat) karena C2 baru aja tidur siang (yippieee!) hahaha sering ga sih merasa kayak gitu? kalau si kecil lagi tidur, eh kangen…tapi kalau menjelang nap time or waktu tidur di malam hari kadang berharap , yuk bungkus buruan bobo…aduhhh mommies need to do lots of thing! belum lagi baca news tentang peran ibu khususnya di kala pandemik (yah menurut saya ayah juga…karena ayah jaman now itu mau involve which is good!) anyhow karena desas desus di sana sini pandemik ini masih lama untuk terselesaikan di berbagai belahan dunia ya mau tidak mau life goes on yaaaaa….beradaptasi, mengakomodasi , dan tentunya berusaha dengan terus banyak berdoa dan menjaga kesehatan keluarga.

Nah, salah satu hal yang kita kangen khususnya selama pandemik yang sudah setahun lebih ini yakni bebas jalan-jalan ke luar lebih sering. Memang di Singapura sudah jauh lebih terkendali dan local case sendiri dibawah 3 untuk berbulan-bulan terakhir loh! tapi tetap saja kami aware, selalu wajib pakai masker, jaga jarak dan berusaha hanya pergi ke tempat yang penting saja dan tidak berjubel-jubel. Saya ga bisa dan ga mampu banyak komentar kalau untuk di negara lain, karena memang setiap negara dan setiap orang memiliki kondisi yang berbeda. So, kalau memang harus banget pergi khusunya untuk bekerja ataupun belajar suatu hal yang memang urgent dan ga bisa lewat online….tetap gunakan masker dan tutup wajah. Kangen keluarga di Indonesia (amat sangat kangen) karena sudah setahun lebih ga mudik dan biasanya ke Indonesia setiap 1-2 bulan ya huhuhuhuhu…..semoga semua cepat pulih kembali ya!

Salah satu hal ampuh yang buat C1C2 senang, betah dan anteng ketika perlu #dirumahaja ya dibiarkan eksplorasi bebas, boleh bebas berkreasi dengan berbagai kegiatan art & craft …hahaa kalau yang namanya berkreasi bebas, dengan cat….undangan ini selalu ga pernah ditolak hahahaa….ada sesuatu magical kayanya antar anak-anak dengan bermain messy play, painting, sensory play, dll. Bagi moms yang belum aware, @indonesiamontessori dan @nipponpaintindo sedang mengadakan #IMCNipponDIYChallenge selama setahun ini ya di mana akan ada 7 kegiatan (ini kegiatan ke dua), kegiatan pertama bisa di klik di sini yang nantinya apabila moms ikutan , akan ada hadiah menarik dan voucher yay!! (YES, ini semua akan dapat apabila berhasil submit sesuai kriteria ya…kalau submit 4 kreasi dulu dapat hadiah dan ketika berhasil 6 kreasi juga boleh submit lagi untuk kedua kalinya dan dapat hadiah lagi).

 

Seru-seruan kedua kali ini bertema upcycling kontainer kaca bekas di rumah yang bisa kita gunakan dan extend purposes nya menjadi vas kaca cantik yang bisa ditamanin oleh si kecil. Bedanya Recycle dan Upcycle tuh apa? recycle adalah mendaur ulang benda yang sudah tidak digunakan sedangkan upcycle itu adalah menjadikan benda yang sudah tidak terpakai ataupun jarang banget digunakan supaya bisa lebih terpakai. Salah satu tujuan kegiatan ini sesuai banget dengan pendekatan @montessoridirumah di mana kita mengajak anak sejak usia dini aware terhadap lingkungannya yaaa..

DIY Vas Kaca – Projek Upcycle #IMCNipponDIYChallenge

Bahan:

Kontainer pasta, biskuit, dll

Cat Nippon Paint Hydro-Fast

Tanah (ataupun media tanam lainnya)

Seeds

Kuas, roller

Hiasan,manik-manik,stiker

Figurin kecil untuk hiasan

Cara :

*Kumpulkan kontainer kaca bekas yang sudah dicuci dan dilepas labelnya (bisa menggunakan kontainer kaca bekas pasta, kontainer biskuit, kontainer bekas bumbu, dll)

*Beri tatakan di area corner rumah (HARUS banget supaya nanti mudah membersihkan setelahnya hehe)

*Kita menggunakan cat akrilik enamel Hydro-Fast dari Nippon Paint Indonesia , keringkan . Sesudahnya anda bisa mengajak si kecil untuk menambah hiasan ya!

*Berikan tanah, air dan seeds

*Jangan lupa disiram air secukupnya ya!

 

 

Nah, mungkin IMC moms baru pernah mendengar ya tentang cat Nippon Paint Hydro-Fast? untuk singkatnya cat yang satu ini adalah cat akrilik enamel serba guna yang memang pas untuk dipakai untuk bahan kayu dan besi. Jadi, pas banget untuk si kecil dan parents yang hobi DIY seperti C1 di rumah bisa coba menggunakan cat yang satu ini ya! Hydro-Fast dari Nippon Paint ini water-based sehingga ramah lingkungan, rendah bau dan aman untuk anak, daya tutup tinggi jadi tidak perlu diaplikasi berkali-kali dan sudah glossy, cocok untuk material seperti kayu, besi dan tentunya tembok.

 

 

 

 

Yuk, dicoba ya di rumah! Nah , untuk kedepannya IMC @indonesiamontessori dan @nipponpaintindo akan mengadakan #IMCNipponDIYChallenge nih yang akan dipilih winners nya setiap 6 bulan. Akan ada total 7 kegiatan DIY bareng IMC dan Nippon Paint (7 Challenges) setahun ke depan yang bisa Mom ikuti. Oh ya, kegiatannya tidak perlu menggunakan cat Hydro-Fast ya, namun apabila mau mencoba tentu sangat baik karena versatile banget dan ga berbau. Waktu itu kita mix dari warna pr

Penasaran kan ya kita sudah siapkan surprise apa aja supaya ga bosen selama pandemik? Banyakkk hehehee jadi, setiap ada #IMCNipponDIYChallenge yang IMC buat, moms dapat ikutan membuat kreasi serupa (tidak harus sama persis tentunya, karena saya percaya kreasi setiap orang berbeda jadi hanya gunakan kreasi kami sebagai guideline dan inspirasi saja. Boleh menggunakan cat apa saja ya Mom.)

Nah, untuk IMC Moms yang ikutan terus setidaknya 4 kegiatan #IMCNipponDIYChallenge akan mendapatkan sertifikat dan goodiebag special yayy!!! Hmmm, kalau anda terus lagi ikutan kegiatan seru dan positif selama pandemik ini dan ikutan sampai 6 kegiatan setahun ke depan , Moms akan mendapatkan sertifikat dan voucher senilai 250.000 IDR yayy!!!

Jadi, setiap mom selesai dengan hasill karya bersama si kecil , silahkan di post di IG Moms serta repost banner #IMCNipponDIYChallenge dengan hashtag #IMCNipponDIYChallenge #IMCNipponBlobbyDIY2 #DindingSehatKeluargaSehat #Dimana2PakaiNipponPaint #NipponPaint lalu isi google form ini ya! Jangan lupa mention dan tag @indonesiamontessori dan @nipponpaintindo ya! Oh ya, aku dibuat publik supaya tim juri dapat mudah melihat ya!

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *