Ide Bermain Untuk Bayi : Permainan Montessori Untuk Usia 18 Bulan ke Bawah

Dear Mommies, demikian ide bermain ala Montessori untuk anak usia 18 bulan ke bawah :
* Tak Umpet
Baik Mommy/Daddy yang ngumpet atau mainan yang diumpetin, anak seusia ini biasanya senang sekali bila dia ajak main tak umpet. Permainan ini mengajarkan konsep “Hilang” tapi lalu “Muncul lagi…”Anak akan mulai mengerti bahwa meskipun ia tidak dapat melihat benda/orangnya bukan artinya benda/orangnya tidak disitu.
Kalau di mainan Montessori ada juga yang se ide dengan permainan ini yakni disebut Imbucare Boxes , dari ide mainan di foto ini Mommy juga bias DIY sendiri dengan prinsip dan konsep sejenis:
Untuk usia di bawah 3 tahun, indera yang paling dominan adalah indera perabaan, dengan menggunakan tangan mereka..mereka dapat eksplorasi berbagai jenis benda, dan bermacam-macam tekstur. Yang diperlukan adalah suatu wadah (basket/tray) berisi berbagai macam objek dengan berbagai macam tekstur (ada yang keras, ada yang lembut/halus). Duduklah bersama si kecil, lalu mulailah untuk mengambil objek satu per satu, lalu katakana dan tekan objek tersebut “Keras” . Lalu selanjutnya untuk benda yang halus .raba dan tekan objek tersebut dan katakana “Halus”. Lalu berikan kedua objek tersebut ke si kecil dan minta lah ia untuk meraba dan menekan dan merasakan sendiri tekstur kedua benda tersebut..katakana lagi “ini keras.” lalu untuk benda yang halus / empuk “ini halus.” Meskipun si kecil saat ini belum dapat mengulang apa yang kita katakana, tetapi dia merekam semua sensasi dan perkataan yang kita perkenalkan.
www.playhood.wordpress.com
Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).