Kegiatan yang satu ini fokus pada mengasah indera pendengeran. Pada kegiatan main anak usia dini yang satu ini pertama-tama orang tua/ pendidik akan presentasikan bunyi dari setiap instrumen yang ada. Jadi awalnya C diminta duduk di depan MomC , lalu presentasikan bunyi kedua sendok bila di ketuk bersamaan, lalu bunyi sachet sereal saat di kocok dan bunyi sendok kayu saat di ketuk bersamaan.Dan sambil presentasi, juga sebutkan ” Ini bunyi sendok kayu.” dst. Setelah selesai di presentasikan mintalah anak untuk menebak.
Sebelum anda beri tebakannya, tutuplah wadah yang berisi berbagai instrumen tersebut. Pada kesempatan ini MomC menutup dengan kain batik silk , mengapa? MomC ingin C familiar dengan berbagai motif batik dan juga budaya nasional Indonesia. Jadi betul-betul MomC usahakan untuk expose C ke berbagai hal-hal tradisional.
Setelah itu, pendidik akan membunyikan salah satu dari instrument tersebut (di dalam / tertutup kain batik tersebut) dan setelah itu minta anak untuk menebak. Kegiatan ini di tujukan untuk anak usia 18 bulan ke atas. Tetapi bias di akomodasi untuk anak yang lebih kecil, dengan cara dibunyikan di depan anak dan 3 period lesson setelah presentasi diinfokan bunyi apa benda tersebut. Kalau anak belum verbal tidak perlu dipaksa menjawab. Bisa saja di minta memilih menggunakan tangan dst. Jadi kegiatan permainan di rumah ini bias Mommies dan Daddies akomodasikan sesuai dengan tahapan usia anak masing-masing.
Selamat dicoba!
Supaya ga ketinggalan dengan artikel terbaru kami, jangan lupa “Follow by Email” di kanan atas, dan verifikasi email anda ya.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *