Hi semua, yang beberapa saat yang lalu sempat gabung live IG IMC dan Nippon Paint Indonesia dengan tema membahas menggali minat dan bakat anak #dirumahaja mungkin bertanya-tanya….what’s next? kali ini IMC dan Nippon Paint Indonesia mau ngajakin seru-seruan yang berkaitan dengan live IG terakhir kita. Gimana sih tips dan cara mengenal serta observasi minat dan bakat anak meskipun saat ini masih terbatas #dirumahaja . Kalau yang ingin nonton lagi bisa langsung meluncur aja ke instagram @indonesiamontessori dan @nipponpaintindo ya ada di IGTV kita! 

Ada beberapa point yang saya bahas saat ngobrol kemarin sebelum lebih jauh lagi kita dig deeper tentang topik ini ya!

  • Menerima anak kita sendiri apa adanya

Ada satu pepatah yang saya sangat sukai dan jadikan reminder terus menerus :

“Embracing the kid you’ve got means trying our best to silence what we think (and more often, what society tells us) is the definition of success. It means letting go of comparisons to the kid next door, your best friend’s daughter or even the child you imagine your son to be .”- Julie Lythcott-Haims


Jadi instead of menganggap anak kita sebagai tanaman bonsai yang dipelihara di rumah, bayangkan kalau anak-anak kit aitu seperti wildflower ya, bebas berkembang sesuai dengan bakat, minat, talenta yang Tuhan berikan kepada mereka. Tugas kit aitu mengamati, observasi, memberi dukungan dan membantu memberi masukan, navigasi at some level and at some stages.

  • Observasi dan observasi

Mungkin dulunya mom/dad pernah bermimpi atau memiliki cita-cita menjadi astronot, presiden, juara olimpiade fisika, perenang international dll hhahahahaa sah-sah ajaa yaaaaa BUT hahaha anak-anak kita BUKAN KITA! Mereka individu yang berbeda, yang unik dan memiliki aspirasi yang berbeda.

Hal yang perlu diamati adalah hal-hal yang secara natural anak-anak kita tertarik secara alami, coba amati :
• Apakah si kecil lebih tertarik gambar-gambar atau lebih tertarik menendang bola?
• Apakah ia suka menari dan secara natural dancing ketika adal agu apapun?
• Apakah si kecil suka sekali main konstruksi? Ataukan ia lebih memilih membaca buku?
• Apakah si kecil aware banget terhadap pattern (pola), suka bermain puzzle, dan suka menghitung?

  • Beri waktu eksplorasi, unstructured play time

Nah selama pandemik ini secara natural mungkin kita jadi lebih jarang keluar dan sebetulnya moment ini bisa digunakan untuk memberikan kesempatan pada anak untuk memiliki MORE FREE UNSTRUCTURED TIME.

Justru ketika mereka dibiarkan dan diberikan waktu yang cukup banyak untuk eksplorasi mereka secara ga sengaja menemukan interest mereka. Ketika mereka terkesan ‘’ga ngapa2in’’ mereka justru mendapat kesempatan untuk wondering and day dreaming.

Kali ini, selama liburan dan #dirumahaja yuk, gunakan kesempatan untuk jurnal dan refleksi serta observasi anak bareng-bareng IMC mommies lainnya dan tentunya ada voucher total 10.000.000 IDR dan hadiah beserta merchandise dari Nippon Paint Indonesia yeayy!!! Semangat!

Gimana caranya ikutan seru-seruan challenge #IMCNipponMinatBakatSiKecil #IMCNipponMyMotherhoodJourney #NipponPaint #DindingSehatKeluargaSehat ?

Masa Registrasi : 3-9 Mei 2021

Challenge : 10 Mei-6 Juni 2021

Pengumuman : 8 Juni 2021

*Registrasi di form ini dan repost banner di instagram serta ajak 5 teman lainnya untuk seru-seruan bareng ya!

*Follow @indonesiamontessori dan @nipponpaintindo sertakan hashtag #IMCNipponMinatBakatSiKecil #IMCNipponMyMotherhoodJourney #DindingSehatKeluargaSehat #NipponPaint saat repost dan post foto kegiatan

*Unduh dan cetak #IMCPrintable untuk jurnal dan aktivitas IMC kids di IndonesiaMontessori.com

*Akun tidak private 

Kegiatan Challenge (unduh foto bersama #IMCPrintable dan boneka Blobby – apabila punya yukk dan sertakan semua hashtag challenge ya)

9 – 14 Mei 2021 : Unduh #IMCPrintable dan sharing observasi kegiatan yang disukai si kecil selama #dirumahaja

15-21 Mei 2021 : Sharing observasi kecenderungan kegiatan yang si kecil lebih prefer (outdoor vs indoor) , kegiatan apa secara lebih spesifik yang si kecil suka lakukan (lihat checklist di #IMCPrintable)

22-28 Mei 2021 : Setelah observasi dan memberikan kesempatan eskplorasi selama 2 minggu terakhir, kira-kira identifikasi minat si kecil di area apa?

29 Mei- 6 Juni 2021 : Apresiasi minat dan bakat si kecil ,kira-kira apa rencana Mom untuk menunjukkan support positif serta plan untuk memberikan kesempatan anak mengembangkan minat dan bakatnya selama #dirumahaja

Unduh dan cetak : imc_printable_minat_bakat_sikecil 

Nah, Singapura yang sudah kasus lokalnya dibawa 3 selama berbulan-bulan sekarang mulai ada klaster-klaster baru huhuuhuu…terus terang sebagai manusia sih saya agak down juga huhuhuhu tapi tetap mencoba berpikir positif dan meskipun akan stay #dirumahaja mostly lagi entah beberapa bulan ke depan saya tetap akan berusaha optimis dan memfasillitasi minat dna bakat C1C2 sebisanya dari rumah aja. Setelah berada di masa pandemik lebih dari setahun huhu, banyak kebiasaan baru yang jadi bagian dari sehari-hari kita ya! Yuk, bersama-sama IMC dan Nippon Virus Guard kita maju terus dan optimis selalu. Untuk IMC Moms yang belum pernah dengar, tahun ini @NipponPaintIndo launching Nippon VirusGuard yang mengandung Silver Ion dan dapat membasmi 99.99% virus dan bakteri. Informasi lengkapnya Moms dapat cek di Nippon VirusGuard Indonesia .

 

Comments (1)
  1. mom bisa sharing punya mom vina sendiri? jujur sy orangnya super kaku dan textbook klo dpt challenge gini selalu mau ikutan. tp tiap kali liat jurnalnya langsung berasa ribet dikepala karna buntu ga tau harus mulai seperti apa.
    eh jd kepikiran apa masih kecil suka nyontek ya? mapah pengen liat punya mom vina. Kadang liatnya ini anakku masih umur 3 apa suka dan bisa dgn jurnal tersebut. atau pikiran sy trll kaku? pdhl gpang aja gt? hehehe oh emji…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *