Panduan Nutrisi Harian Untuk Si Kecil & Panduan Berat Badan

pandual tabel berat badan bayi balita nutrisi anak

Dear IMC-ers, karena banyakanya yang request momC membahas sekitar nutrisi anak usia dini dan juga guideline berat badan kali ini sedikit berbeda dari biasanya momC ulas yah! Bagi yang mau ngobrol dan tanya-tanya bisa gabung juga di IMC CLUB , masuk ke thread Parenting di situ bisa sharing dan tanya jawab mengenai nutrisi dan juga berbagai soal persiapan makanan (meal preparation). 


photo 2-5

Nah demikian di atas panduan nutrisi dan kalori yang diperlukan per kategori usia. Cara menganalisanya, katakan C pada usia 2.5 tahun berarti membutuhkan 1000 kalori dalam sehari , dan hal itu di dapatkan dari 30-35% sumber kalori dari lemak. Tentunya lemak di sini adalah lemak yang baik ya IMC-ers, contoh lemak yang baik adalah lemak dari minyak zaitun murni, coconut oil murni, unsalted butter, avocado, salmon ,kacang-kacangan (hati-hati alergi!). Di tabel tersebut juga di rekomendasikan untuk mengkonsumsi dairy based food sebanyak 2 cups perhari (kuran lebih 480-500 ml). Tujuannya selain kandungan proteinnya tentu juga di dalam susu dan dairy based food lainnya biasanya mengandung kandungan kalsium yang cukup tinggi serta Vitamin D yang ditambahan di dalamnya. Daging rendah lemak ataupun kacang-kacangan sebagai sumber protein direkomendasikan sebanyak 56 gram saja. Makanya kalau terkadang si kecil makannya ga banyak, ya wajar saja karena panduannya saja hanya menganjurkan ~56 gram kok.

photo 3-199

Selain itu di tabel di atas bersumber dari Health Canada dijelaskan mengenai referensi banyakanya vtamin yang sebetulnya diperlukan oleh anak per kategori usia. Contohnya C masuk kategori “Children 1-3 y” artinya C membutuhkan Vitamin A sebanyak 300 microgram per hari yang bisa didapat dengan mengkonsumsi sepotont kecil ubi. Sebagai guideline 1 ubi dengan berat kurang lebih 100 gram itu sudah mencukupi kebutuhan harian 35%-90% Vitamin A orang dewasa per hari. Tentunya kandungan vitamin A yang dibutuhkan orang dewasa jauh lebih besar dibandingkan C, jadi bisa dikatakan apabila C mengkonsumsi ubi (sweet potato) 30-50 gram saja berarti sudah lebih dari cukup ya IMC-ers, belum lagi di tambah dengan makanan lainnya dan C juga selang seling mengkonsumsi multivitamin tambahan. MomC bertujuan menjelaskan mengapa kita tidak perlu terlalu khawatir anak kekurangan gizi, selama makan yang cukup walaupun sedikit memang takaran nya yang diperlukan juga tidak sebanyak dewasa.

Selain itu banyak yang memperdebatkan cara memproses makanan yang terbaik untuk retain / menjaga kandungan nutrisi dan vitamin makanan si kecil. Di sini momC merasa memang kita tidak dapat 100% sempurna , semua proses bahkan setelah buah dan sayuran dipetik dan di bawa ke pasar itupun sudah mengalami berbagai fase dan tentunya cara penyimpanan dan suhu juga mempengaruhi kandungan vitamin yang ada. Idealnya memang konsumsi dari hasil petikan di kebun sendiri, tapi berapa banyak dari kita yang sempat berkebun dll? Kalau sempat dan hobi tentunya sangat baik ya IMC-ers

photo 4-161

Saat C masih bayi kebanyakan sayur dll momC kukus, kalau sekarang momC variasi saja dan momC ga kawatir C kurang gizi meskipun berat C termasuk rata-rata selalu. Pediatrician kami tidak pernah concern terhadap berat badan , selama C bertumbuh dan reaksi serta perkembangan lainnya sesuai ngga ada masalah. Jadi kami ngga pernah pusing masalah berat badan, toh momC dan dadC sendiri termasuk ga gede-gede amat hehehe..momC termasuk petite, dadC tinggi tapi ngga berat..jadi kenapa juga momC expect C musti memiliki berat badan tertentu?

tabel berat badan bayi balita

Demikian guideline dari WHO , tabel berat badan anak bayi dan balita, lagi-lagi C masuk rata-rata bahkan sedikit di bawah rata-rata, ga masalah as long as he is growing bereaksi sesuai usianya dan juga sehat kuat bersemangat. Semoga membantu ya ! Selanjutnya kalau mau ngobrol dan tanya jawab dengan momC dan IMC-ers lainnya silahkan gabung dan buat akun di IMC CLUB.

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).