Sains PAUD : The Erupting KRAKATAU

ide main kegiatan anak prasekolah indonesia montessori sekolah rumah

Kali ini C bermain bersama D (sepupu C yang sedang mengunjungi C). Berdasarkan request dari sepupu C yang ingin main “Volcanoes” akhirnya hari ini MomC siapkan permainan sains dan sensori yang bertemakan The Erupting KRAKATAU. Persiapannya kurang lebih 20 menit karena dadakan dan berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan :

* DIY Play Dough berwarna cokelat

* Es batu

* Soda Kue (Baking Soda)

* Cuka (Vinegar)

* Perkakas seperti wadah, eyedropper, turkeybaster, botol, mangkok, dll

Kegiatan percobaan sains ini cocok untuk anak usia 2 tahun bahkan sampai anak sekolah dasar dan sekolah menengah loh! karena selalu seru dan menarik untuk dilakukan!

Penampakan Invitation to Play nya seperti ini :

sains anak prasekolah kegiatan sekolah rumah indonesia montessori

Selain itu disiapkan juga terpisah soda kue berbagai berwarna supaya semakin menyerupai bebatuan dan tanah-tanah di sekitar gunung Krakatau …

indonesia montessori kegiatan main anak prasekolah ide main anak

Tentunya saat melihat persiapan ini C dan D langsung semangat45 mau mulai main, momC mengingatkan untuk main bersama-sama dan bergantian menuang…

ide main anak sekolah dasar percobaan sains

Ok , kali ini giliran C ya, boleh memilih soda kue yang mana saja dan menggunakan cuka yang mana saja untuk dimainkan….setelah C selesai, yuk gantian ya sama D..

MomC dan MomD senang karena kali ini C dan D bisa bergantian dengan damai mainnya πŸ™‚ memang ga mudah memberi contoh ke si kecil untuk bergiliran ya…semua orang tua pasti setuju! Tapi dengan sering-sering menekankan bermain kooperatif dibanding berkompetisi semoga si kecil mengerti perlahan-lahan untuk bermain bersama secara kooperatif dan melihat teman sebagai teman bermain dan bukan sebagai saingan lagi πŸ™‚

kegiatan anak prasekolah

Dan karena mainnya di luar, cuaca pun sejuk mendukung, es nya mulai meleleh dengan sendirinya tanpa diberikan garam…C dan D seru sendiri bergantian menuang cuka dan mengambil soda kue nya, mereka tampak seru dan konten dengan kegiatan masing-masing.

kegiatan main anak usia dini prasekolah

Begini penampakan gunung Krakatau C dan D setelah berkali-kali dituang cuka …tetap seru!!!! Selagi C & D asik main sendiri, MomC dan MomD asik santai ngobrol-ngobrol sendiri…memang paling enak kalau permainan sensori bebas seperti ini, si kecil tampak seru dan konten dengan sendirinya sehingga Mommies / Daddies dapat sedikit memiliki “Me Time“. Well, meski sehabis itu harus bersih-bersih lagi, tapi gapapa deh 1 jam “Me Time” itu berharga loh! hehe Plus si kecil juga seru dan mendapat semua manfaat permainan sensori ini.

ide main anak sekolah dasar sensori bin

Pas MomC dan MomD longok, ternyata gunung Krakatau nya udah berubah bentuk…semua udah keaduk-aduk dan mereka masih seru sendiri, gunung Krakatau dari DIY Dough nya jadi seperti ini, lalu D cekikikan sambil memain-mainkan “Krakatau” nya! haha seru ya D? Β dan D ngga lupa bilang ke MomD kalau nanti D mau main-main seperti ini lagi di rumah D.

Apa yang terjadi saat Soda Kue bercampur dengan Cuka?

Sains dibalik kegiatan ini adalah Natrium Bikarbonat (NaHCO3) – Bersifat Basa (Soda Kue) yang bereaksi dengan Asam Asetat – Bersifat Asam (Cuka/CH3COOH) pada saat kedua nya bercampur makan akan bereaksi menghasilkan asam karbonat yang bersifat tidak stabil sehingga berubah menjadi air (H2O) dan karbon dioksida (CO2) . Karbon dioksida inilah yang menimbulkan efek fizzing seru berbuih berdesis-desis di kegiatan ini, yuk dengerin di video di bawah!

https://youtu.be/MXdL0YWHhig

Demikian video cuplikan seru permainan sensori kami kali ini, silahkan ditonton πŸ™‚

Bagi yang ingin menonton video klip kegiatan kami lainnya silahkan langganan channel IndonesiaMontessori.com klik di sini . Jangan lupa masukan email anda ke kotak oranye untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru dari Indonesia Montessori.

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *