Sensori Bin & Kegiatan Pengenalan Musim : It’s FALL! Harvest Time!

fall season sensory bin idea

Dear IMC-ers, salah satu tema dari kegiatan #IndonesiaMontessoriHomeschool kami adalah mengenalkan musim pada C. Kebetulan memasuki bulan oktober di California mulai memasuki musim gugur (Fall Season). Cantik dan indah sekali pemandangan di sekitar karena dedaunan mulai berubah warna menjadi kuning kecoklatan, juga kemerah-merahan.

Pengenalan Cuaca Anak TK

Selain itu dengan memasuki musim gugur , bagi kami juga berarti memasuki kuartal terakhir dari tahun ini dimana akan banyak sekali perayaan di sini. Mulai dari Halloween, lalu dilanjutkan oleh Thanksgiving, Natal, Hannukah, dan Tahun Baru. Kebayang ga sih? rasanya baru saja kemarin loh tahun 2014, tiba-tiba sekarang sudah mulai memasuki akhir tahun…OH NO!!!! Walaupun demikian sebenarnya momC paling senang bulan-bulan seperti ini karena entah mengapa terkesan lebih laid back (santai) aja buat momC. Mungkin juga karena cuaca nya beralih perlahan ngga terlalu panas ya, meskipun kadang fluktuasi temperatur nya cukup tinggi. Nah momC memang paling suka yang festive gitu deh, sukanya yang seru-seru dan juga festive (ini istilah DadC…dia selalu bilang momC orangnya festive banget…hahaha).

photo 4-149

Nah dalam rangka memasuki musim gugur dan juga musim panen (Harvest Season), di Amerika ditandai dengan banyaknya Harvest Festival di berbagai farm yang ada. Lahir dan besar di kota metropolitan macam Jakarta persis di tengah hingar bingar kota Jakarta agak minggir ke Selatan dikit, cukup kaget juga dengar yang namanya Harvest Festival (beberapa tahun lalu), tapi ternyata seru bangett….dan semenjak itu setiap tahun momC ¬†udah jadi Little girl on the Prairie…datang ke harvest festival. Di Harvest Festival biasanya ada ribuan pumpkin dengan berbagai spesies yang berbeda-beda mulai dari yang super kecil sampai yang sebesar foto di atas…sampai-sampai C dudukin dan dibuat perosotan. Selain itu ciri khas lainnya adalah dengan adanya kegiatan Pumpkin Patch, Hay Ride , Corn Maze dll. Makanan dan minuman ciri khas di farmer’s marketnya adalah apple cider, pumpkin pie, honey, popcorn, pumpkin muffin, segala macam makanan yang berbau-bau dan terbuat dari pumpkin….uhmmm muffin top termasuk ga ya? (info : muffin top adalah istilah kelebihan lemak di bagian badan atas…>_<)

photo 5-115

Nah ini salah satu yang C tunggu-tunggu, dia udah ingatkan momC dari bulan lalu bahwa nanti di bulan Oktober akan ada “Hay Ride” dan dia mau naik “Hay Ride”. Jadilah momC dan C naik “Hay Ride” memutari sawah…seru loh…rasanya back to nature dan peaceful..meski memang agak panas menyengat sih…sehingga kami berdua udah tambah menjadi-jadi sun kissed tanned gitu.

photo 1-218

Selain itu ada Gigantic Dreamy Bean Sensory Box!!!!!! ini awesome sekali karena banyak sekali anak-anak yang bermain di dalam kotak besar berisi berbagai macam jenis kacang-kacangan. Mereka tampak seru dalam dunianya sendiri menuang-menuang bak profesional chef aja! Betul-betul peaceful banget karena mereka asik sendiri dan orang tua bisa duduk di samping hanya nonton-nonton aja sambil agak cengar cengir sumringah dan saling tahu sendiri… “uhmm this is my moment, my me time” kira-kira begitu dari bahasa tubuh mereka.

fall season sensory bin idea

Melengkapi petualangan kami di harvest festival, C juga memilih pumpkin yang ia sukai….lalu momC menyiapkan Sensori Bin pengenalan musim serba-serbi musim gugur. Dedaunan kering dan cones serta buah-buah kecil yang ada di atas adalah hasil temuan kami selama kami Nature Walk minggu lalu. Selain itu momC juga undang C untuk membersihkan pumpkin dan juga menyusun pumpkin dari yang paling kecil ke paling besar. Yang mana yang paling berat C?

photo 5-114

Cantik ya dedaunan dan buah-buah kecil yang kami temukan saat kami Nature Walk!

photo 1-217

How many scarecrows do you have C? Scarecrows istilahnya adalah boneka pematang sarah…C masih agak bingung terhadap kegunaannya karena selama Hay Ride cukup banyak Scarecrows dimana-mana ia tanya terus “Untuk apa itu Mommy? Orang itu ngapain MOmmy?”

photo 3-182

Yuk urutkan pumpkin…dari yang paling kecil ke paling besar….lalu dari yang paling besar ke paling kecil…Coba C tebak, mana yang paling berat? mana yang paling ringan?

Seru kan! Happy FALL IMC-ers, kegiatan ini bisa diadopsi untuk musim apapun ya, misalkan musim hujan , kemarau, dll. Have FUN!

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).