Yuk Jurnal Bareng! #DIRUMAHBARENGDRBLOBBY Challenge

Hi IMC Moms and kids, apa kabar? kabar kita di sini di Singapura baik-baik, setelah 7 bulan lebih jaga jarak dan sempat mengalami ”circuit breaker” beberapa bulan akhirnya berangsur lebih baik. Namun keadaan di sini tidak bisa disamakan dengan di Indonesia ya Mom, karena dari jumlah penduduk dan luas areanya pun jauh berbeda. Memang kebanyakan toko-toko di sini dan kegiatan sudah berangsur ”new normal” namun karena kita memang homeschooling jadi kita memang mostly di rumah aja. Mungkin kita pergi keluar seminggu sekali kebanyakan ke tempat outdoor dan kebanyakan anak-anak hanya berenang, main-main di sekitar apartemen dan non-stop makan hahahahaa….rasanya menyiapkan makanan itu kayak restoran buka 24 jam loh! ada yang bisa relate ga? kalau dulu C1 masih kecil sebaliknya susah payah supaya ia mau makan ….hahahaa kalau sekarang setiap 2 jam selalu makan berbagai-bagai. Saya ga akan survive kalau ga meal-prep di hari-hari tertentu dan masak ala untuk tentara terus dibekukan hahahaaha…seriously…..

Nah, kali ini IMC dan Nippon Paint Indonesia mau ngajakain IMC Moms dan Kids untuk jurnal selama pandemik COVID-19. Kenapa? karena di saat-saat kayak gini tuh paling gampang deh kita jatuh ke keadaan merasa serba salah….yaaa sama saya juga begitu kayak ada siklusnya aja ditambah kalau siklus bulan yang tepat hahaha…mantap! salah satu hobi saya yang juga membuat saya merasa terbantu adalah menulis, salah satunya menulis jurnal. Hmm, sebetulnya kalau dipikir-pikir, IMC sendiri lahir dari saya curhat jurnal harian saya unschooling bareng C1 ya long time ago…hahahaa…nah, jadi ketika pikiran itu penuh, sumpek, condong negatif (haizzz), kayanya mental lagi down banget , semua serba salah…..siap-siap meltdown….hix….apabila kita bisa menuliskan perasaan kita, uneg-uneg kita….entah ya, rasanya jadi lebih plonngggggg terusnya kita bisa melewati hal-hal tersebut (plus berdoa dan meditasi juga ya Mom, sesuai kepercayaan masing-masing tentunya). Baru setelah uneg-uneg lega…..hahahaha sambil drama banjir air mata juga bolehhh uhukkkkk bisa dimulai menuliskan hal-hal positif yanggg sebetulnya sudah ada di diri kita dan di hidup kita.

Ya gitu, tapi karena kecenderungan kita manusia itu scrolling-scrolling berita random yang belum tentu juga jelas asal-usulnya maupun motivasi penyebarannya kita jadi gundah lagi. Oh ya, saya juga membatasi diri mom dari membaca hal-hal yang kurang relevan , karena bacaan itu seperti makanan ya…kalau yang di baca hal-hal yang buruk terus ya masuk juga ke ambang sadar pikiran kita. Ga mudah sih memang, apalagi seakan tanggung jawab juga bertambah karena kerja dari rumah + siapkan semua hal-hal domesik + anak sekolah dari rumah + suami kerja di rumah dll. GA MUDAH MOMS, I am with you…kadang saya merasa juga impossible yaaaaa…tapi ya itu lagi semua kembali ke mindset dan doa kita. Kalau kita bilang ga mungkin terus ya betul tidak akan terjadi, tapi kalau kita perlahan coba progress meski sedikit dan kecil akhirnya nanti perlahan akan terlihat hasilnya. Kita semua harus jaga kesehatan dan kebersihan ya mom, khususnya di rumah karena 95% aktivitas kita jadi #DiRumahAja huhuhu…bahkan di Singapura yang kelihatannya sudah terkendali, kita masih aware bahwa ketika penerbangan di buka kembali (Karena impossible ditutup selamanya) mungkin ada waves lagi…….yuk, stay positive, jaga kesehatan diri dan mental khususnya selama pandemik #COVID19 ini….semangat ya!!!!

Yuk, bareng-bareng jurnal bareng dan sharing tips sehat dan survival selama #DiRumahAja #DIRUMAHBARENGDRBLOBBY kita ikutan seru-seruan IMC Challenge bareng @nipponpaintindo bulan ini ! ini jadwal dan topiknya ya (upload kegiatan dengan hashtag #DIRUMAHBARENGDRBLOBBY #DindingSehatKeluargaSehat #IMCNipponMyMotherhoodJourney dan tag serta mention @nipponpaint indo dan @indonesiamontessori)

29 September – 4 Oktober : Registrasi via repost di IG @indonesiamontessori (Repost banner event dan ajak 5 teman untuk ikutan) serta mengisi formulir registrasi ini.

5-11 Oktober :

Untuk Moms : Refleksi diri makna positif #DiRumahAja #DIRUMAHBARENGDRBLOBBY #DindingSehatKeluargaSehat #IMCNipponMyMotherhoodJourney

12-18 Oktober : 

Untuk Moms : Sharing tips sehat dan survival selama #DiRumahAja #DIRUMAHBARENGDRBLOBBY #DindingSehatKeluargaSehat #IMCNipponMyMotherhoodJourney

19-25 Oktober :

Moms + Anak : Ajak si kecil refleksi dan membuat list rasa syukur selama #DiRumahAja #DIRUMAHBARENGDRBLOBBY #DindingSehatKeluargaSehat #IMCNipponMyMotherhoodJourney

26 Oktober – 1 November :

Moms + Anak :

What can we do to others meski #DiRumahAja? Ajak si kecil bersyukur lalu memperhatikan adakah hal di sekitar kita yang bisa kita bantu meski #DiRumahAja?
Lomba mewarnai Poster Blobby dengan pesan Kesehatan “Ayo Pakai Maskermu” (upload foto si kecil bersama hasil karya nya ya!) #DIRUMAHBARENGDRBLOBBY #DindingSehatKeluargaSehat #IMCNipponMyMotherhoodJourney

Unduh Printable untuk challenge di link di bawah ya :

IMCPRINTABLE-SEHATDANNYAMANDIRUMAH2020

Yuk, sama-sama lalui pandemik ini….we are part of this history!

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *