10 Museum Di Indonesia Yang Wajib Di Kunjungi

Hai moms yang suka ikutin cerita saya di IMC pasti tahu ya kalau salah satu hobi saya mengajak C jalan-jalan ke berbagai Museum. Hobi saya sendiri juga jalan-jalan ke Museum loh, sampai-sampai waktu bulan madu , suami saya agak speechless karena saya mengagendakan visit ke berbagai museum banyak sekali…suami saya dari yang (menurut dia) jarang atau hampir tidak pernah ke Museum sampai jadi ikut bisa menikmati juga sampai sekarang hehe. Yah sayang sekali sih saya belum sempat membuka ribuan koleksi foto lama saat saya jalan-jalan ke berbagai Museum di Amerika dan di Eropa, mungkin kalau lebih nanti lebih senggang ya (kapan ya tapi? hehe)

Nah kalau bosen dengan suasana mal atau taman hiburan yang mungkin sudah beberapakali didatangi, gimana jika sesekali anda mengajak suami dan anak jalan-jalan ke museum yang ada di Indonesia ini? Selain mendapat quality time, di sini si kecil dan anda juga bisa memperoleh banyak pengetahuan baru dari museum-museum ini. Jadi bisa dibilang wisata museum ini wisata edukasi lho, Moms. Kira-kira museum mana aja sih yang wajib dikunjungi di Indonesia? Yuk intip rekomendasi IMC berikut ini.

 

#TravelWithIMC #HolidayWithIMC

1. Museum Geologi, Bandung
Museum yang terletak di jalan Diponegoro no.57, Bandung ini merupakan tempat belajar sejarah kehidupan geologi Indonesia dan hal-hal yang berhubungan dengan bencanaalam. Jadi anda dan keluarga bisa dapat ilmu yang baru yang mungkin sebelumnya belum pernah anda ketahuibukan?

2. Museum Pos Indonesia, Bandung
Anda dan si kecil gemar filateli? Kalau ya, maka museum yang terletak di jalan Cilaki no.71, Bandung ini jangan sampai dilewatkan untuk dikunjungi ya, moms. Di tempat ini terdapat ribuan koleksi perangko dalam dan luar negeri. Benda-benda pos seperti timbangan surat dan juga sepedapak pos ada juga lho di museum ini. Menarik ya!

3. Museum Fatahillah/ Museum Batavia, Jakarta
Terletak di jalan Taman Fatahillah no.2, Jakarta dan merupakan museum yang dibangun selama kurang lebih tiga tahun yaitu pada tahun 1707-1710. Di tempat ini, anda dan keluarga dapat belajar mengenai sejarah Jakarta serta melihat replika peninggalan masa kerajaan Tarumanegara dan Padjajaran. Ada juga beragam hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik, keramik, gerabah, serta batu prasasti. So history lovers! this one is for you!

 

4. Museum Angkut, Malang
Museum yang ada di jalan Terusan Sultan Agung Atas no.2 di kawasan kota wisata Batu, Malang ini menyediakan beragam moda transportasi dari berbagai zaman. Anda dan keluarga bisa melihat dan juga berfoto dengan latar belakang alat transportasi yaitu kuda, dokar, mobil tua, kereta kuda, pesawat kepresidenan RI, sampai pesawat cesna lho.

museum angkut malang

5. Museum Kerang, Bali
Museum yang dikenal sebagai Bali Shell Museum initerdapat di jalan Sunset Boulevard, Bali. Merupakan museum satu-satunya di Indonesia yang menampilkan aneka koleksi kerang berbentuk unik. Kerang-kerang tersebut diambil dari perairan di seluruh dunia, wow sekali ya? Di sini ada juga museum biota laut yang berisi aneka fosil ikan laut seperti hiu. Montessori banget kan? ayo ajak little montessorians ke sana!

6. Museum Bahari, Jakarta (Maritime Museum)
Museum yang berada di jalan Pasar Ikan no.1, SundaKelapa, Jakarta ini menyimpan ragam koleksi yang berkaitan dengan kebahariaan dan kenelayanan bangsa dariSabang hingga Merauke. Terdapat pula bermacam jenis perahu tradisional sampai kapal zaman VOC. Lalu ada juga miniatur kapal modern dan penunjang kegiatan nelayan.

7. Museum Minyak dan Gas Bumi, Jakarta
Terletak di area wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), museum ini juga sayang untuk dilewatkan ya moms. Di tempat ini terdapat ruang untuk pameran berbagai benda dan bahan mengenai minyak dan gas bumi di sekitar kita. Ada juga peralatan pengeboran minyak dan peragaan benda-benda eksplorasi serupa menara bor tahun 1930an, serta kilang minyak tua. Seru juga nih! menambah wawasan sambil mengenalkan berbagai jenis profesi pada si kecil.

8. Museum Nasional Indonesia, Jakarta
Dikenal juga sebagai Museum Gajah yang terletak di jalan Medan Merdeka Barat no.12, Jakarta. Museum ini adalah museum tertua dengan koleksi sejarah terlengkap dan terbesar di Indonesia. Apa saja yang bisa anda dan keluarga lihat di sini? Antara lain kapak purba, kalung pra sejarah, prasasti, sampai koleksi emas nusantara. Emas beneran ya? mauuuu… (apa sih!?!?!?)

9. Museum Satwa, Malang
Ingin mengenal aneka satwa tapi si kecil takut dengan suara keras dari satwa itu sendiri? Nah, saatnya mengajaknya ke museum satwa saja yang terdapat di kawasan wisata JawaTimur Park II, Batu, Malang. Museum ini merupakan museum fauna yang terbesar di Indonesia dengan koleksi aneka satwa yang dihadirkan dari benua Amerika, Afrika, Asia, Eropa, Artik, dan Antartika. Dan seluruh fauna yang ada di museum ini diawetkan dari satwa yang sudah mati dan diawetkan.

 

museum satwa

10. Museum Ulen Sentalu, Yogyakarta
Museum ini terletak di jalan Bayong KM 25, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Menampilkan budaya kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram beserta koleksi macam batik gaya Yogya maupun Surakarta. Di sini kita juga bisa belajar sejarah budaya Jawa kuno beserta segala aturannya. Unik sekaligus bermanfaat lho.

So moms, tunggu apa lagi? Segera agendakan wisata museum ini dalam rencana liburan ataupun akhir pekan bersama keluarga tercinta yuk! untuk jalan-jalan saya intip #TravelWithIMC #HolidayWithIMC ya, yang sudah mampir ke museum-museum di atas atau ingin memberi info tentang museum keren di tempatmu juga boleh gunakan hashtag tersebut dan tag @indonesiamontessori biar terbaca sama saya, Have Fun!

national gallery museum singapore

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

2 Comments

  • Hai Mam C, terima kasih ya sudah memberi top 10 museum di Indonesia, kebetulan memang mau jalan ke Jogja dan Bali, wah bisa jadi tambahan destinasi. oiya Mam, Museum Bank Indonesia juga keren lho, ada di Jakarta, daerah Kota. Arsitektur kuno menambah wawasan anak, detail, sampai kaca patri pun ada maksudnya. Ada bagian bioskop mini, untuk menerangkan apa itu uang dan peredarannya serta diorama yang interaktif. Kapan – kapan cobain mampir deh Mam c.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *