Around The World With World GeoPUZZLE & Hugg-A-Planet

Dear IMC-ers, bagi yang sudah mengikuti IMC beberapa bulan saja pasti tahu kalau salah satu kesukaan C dan MomC adalah topik geografi ya! Kebetulan geografi juga merupakan salah satu kurikulum yang ada dalam pendekatan Montessori, tepatnya masuk ke kategori “Culture Activities”. Bagi IMC-ers yang sudah suka mengikuti kegiatan #IndonesiaMontessoriHomeschool kami, pastinya juga sudah pernah mendengar ataupun melihat kegiatan C dan MomC, bagaimana IMC mengenalkan konsep bola dunia pada anak prasekolah dengan pendekatan Montessori, dll.

Alat Peraga Geografi Montessori

Bola Dunia! Yes, salah satu hal alat peraga pendekatan Montessori awal dalam pengenalan konsep “Lautan & Daratan” adalah bola dunia bertekstur. Dengan melihat, meraba dan mengeksplorasi secara langsung bola dunia yang berbentuk “Sphere”, si kecil mendapat gambaran tiga dimensional bahwa planet bumi itu bulat. Dunia itu bukan lingkaran, bukan juga kotak, ataupun jajarang genjang, nope!

photo 1-276

Kali ini IMC, berkesempatan untuk berkolaborasi bersama Calypso.co.id untuk mengenalkan serangkaian produk GeoTOYS & GeoPUZZLE Indonesia yang tentunya adalah hasil pilihan IMC yang sesuai dengan konsep dan pendekatan Montessori. Lebih tepatnya, saya katakan sebagai Montessori-inspired Toys & Activities. Hugg-a-Planet yang empuk dan berdiameter 30 cm ini cocok untuk segala usia, yes dari bayi sampai anak SMP/SMU pun berguna. Pada Hugg-a-Planet terdapat lebih dari 600 nama tempat, nama samudera, lengkap dengan arah angin dan juga garis khatulistiwa. Secara detil dan spesifik, bola dunia empuk ini deskriptif dan informatif. Seperti yang IMC-ers lihat di foto di atas, laut Arafura, laut Banda, Ceram dan garis equator pun termpampang jelas di Hugg-a-Planet. Saking puffynya, C suka tidur-tiduran dan bawa Hugg-A-Planet ini ke kamar loh!

photo 3-233

Banyak sekali ide kegiatan dan permainan yang dapat dilakukan menggunakan Hugg-A-Planet, mulai dari lempar tangkap, bermain sekeluarga untuk menemukan suatu tempat di dunia, main tebak-tebakan dan tentunya dapat dijadikan alat visualiasi 3 dimensi untuk kegiatan Montessori di rumah ya! Hugg-A-Planet sendiri mendapatkan gelar sebagai  “Best 25 Toys of the Past 25 Years” Parents’ Choice Foundation. Bermain lempar tangkap, dan tebak-tebakan dengan C menggunakan Hugg-A-Planet membuat saya teringat salah satu bacaan dari pendekatan Montessori karangan Michael Olaf , Montessori sangat mendukung pengenalan bola dunia sedini mungkin, bahkan dituliskan di buku tersebut oleh Michael Olaf, mengapa tidak bola pertama si kecil bergambarkan bola dunia?

Why not have the first balls be globes? Large and small soft globe balls are favorites in Montessori communities, not for formal lessons, just for practice rolling and throwing a ball. The shapes of the geographical features will become familiar to the child and make studying geography later like coming back to an old friend.

Near the end of the third year it is a good idea to have a real globe and/or a wall map of the world in the home so reference to places can be made in a tangible, physical way for the child. The child will not understand the scope of space and distance, but will be interested in the colors and shapes and in attaching names to them: “Africa,” “Indiana,” “The Amazon,” etc.

Eventually the real globe or map should be kept in view in the family area, rather than in the child’s room, so it will be seen as a real piece of important equipment used by the whole family.

-Michael Olaf

photo 4-188

Nah, setelah mengenal bahwa planet bumi berbentu “Sphere” dan memanipulasi bentuk 3 dimensional secara real, anak usia prasekolah dapat mulai dikenalkan dengan sesuatu yang berbentuk 2 dimensi, dalam hal ini Puzzle Dunia. Puzzle Dunia, Puzzle Benua dll cocok sekali dimulai dikenalkan untuk anak usia prasekolah. Dalam pendekatan Montessori, pengenalan ini ideal untuk anak kategori usia 3-6 tahun.

“Since this is the time when children love to do puzzles, and to know the names of everything in the environment, we follow the children’s interests by offering puzzles of real value. Puzzle maps have been used in 3-6 classes for many years. Children easily “absorb” and memorize the relative sizes, the shapes, the location of continents and countries of the world in this motor-sensorial time of life. They delight in learning the names of every country and capital, the states, the rivers and mountains. These impressions are likely to stay with them forever. “- Michael Olaf

World GeoPuzzle diperuntukan untuk anak usia prasekolah (3-4 tahun ke atas) dan dapat digunakan untuk mengenalkan anak secara seru dan hands on mengenai berbagai nama tempat di dunia. Kegiatan bermain puzzle dunia ini dapat dilakukan bersamaan dengan ibu ataupun ayah dan dapat dijadikan momen bonding yang berkesan bagi si kecil. Inti dari kegiatan bermain puzzle dunia ini bukan semata-mata si kecil dapat memasang semua sendiri puzzlenya, tetapi lebih ke bonding time dan menanamkan ide dan kesan yang positif mengenai topik geografi. Pasti nantinya akan membekas sampai si kecil besar!

photo 5-146

Nah , setelah puzzle dunia GeoPuzzle terpasang semua C mulai berimajinasi untuk menerbangkan pesawatnya dari “Indonesia” ke “Amerika”. C bilang “jaaauuuhhh ya…lamaaaa…”

photo 2-286

Seperti yang IMC-ers lihat di foto di atas, keunikan dari GeoPuzzle adalah bentuk puzzlenya yang menyerupai bentuk negara-negara. Sebagai Montessorian, tentunya hal ini merupakan advantages ya! karena dalam pendekatan Montessori, kami selalu mencari bahkan berusaha menyediakan alat peraga yang dapat diraba sesuai dengan bentuknya.

photo 5-145

This is “Australia” kata C sambil “tracing” pinggir-pinggir puzzle berbentuk “Australia”. Tentunya kegiatan ini dapat dikombinasikan dengan mencocokkan puzzle dengan kartu nomenklatur Montessori yang dapat IMC-ers unduh di website IMC kategori Printable Geografi ya! Bagi saya hal ini sekali mendayung, 2-3 pulau terlampaui!

photo 1-275

“This is Mexico!” Mexico is very close to Southern California. “C, take a look at the beautiful Caribbean islands, we went there few months ago, do you remember?”

Mungkin ada sebagian dari pembaca yang heran, ya ampun ngapain anak usia prasekolah dikenalkan dengan peta dunia? bukannya ini pelajaran SMP? Waktu SMP aja, saya ngga bisa-bisa pelajaran geografi!!! apalagi anak prasekolah? Nah,kalau ada yang berpikir demikian, berarti belum mengenal konsep “Absorbent Mind” dimana anak usia 0-6 tahun ada dalam fase terbaik (golden period) untuk menyerap segala sesuatu di lingkungannya. “Absorbent Mind” sudah tidak lagi terjadi pada usia 14 tahun.

“Children need a flood of information, a banquet, a feast.”

Martha Pierson, Baylor College of Medicine

A balance must be struck between too little exposure and too much. Another important issue is the proper time to begin the educational process. Clearly, we shouldn’t force kids to learn too much too soon. “But why wait until age 5,” said Yale biologist Martha Constantine-Paton, “When the evidence clearly shows that brain development begins much earlier.” For example, she said, before a child can begin to learn how to read, the basic neural wiring has to be in place: Kids have to be able to track things with their eyes, focus attention and interpret symbols.

All of this is not to suggest that we should give up on educating adults. “Although there is a great window of opportunity for learning up to the age of 10, said Scheibel, “That doesn’t mean you’re over the hill at 12 or 14 of 40.”

photo 3-232

Lihat deh betapa spesifiknya label nama tempat, negara dan pulau-pulau serta lautan yang ada di dunia ini. Selain itu GeoPuzzle yang mendapat berbagai Awards dari Creative Child Magazine Awards, Nappa Honors (National Parenting Publications Awards), Fat Brain Toys Award, dan Dr.TOY Product of Excellence Award juga peduli lingkungan dan dibuat dari bahan-bahan hasil daur ulang yang khusus diolah dan dibuat dengan penuh pemikiran dan pertimbangan khusus di Amerika dan di Jerman.

photo 1-274

Perlu di catat bahwa ada variasi antara GeoPuzzle buatan Amerika dan juga GeoPuzzle buatan Jerman yang tentunya dibawah naungan perusahaan yang sama, variasi tersebut berupa sedikit perbedaan warna Puzzle (biru tua vs biru muda), ada sedikit perbedaan design packaging box nya dan juga ada yang diterbitkan dalam berbagai bahasa lain di dunia. Nah GeoPuzzle Indonesia yang sudah masuk ke Indonesia oleh Calypso.co.id tentunya hadir adalah dalam bahasa Inggris.

photo 5-144

Selain World GeoPuzzle, ada juga serangkaian produk GeoToys Indonesia lainnya yang lebih spesifik mengenai tiap negara di setiap benua, untuk puzzle kontinen GeoPuzzle akan IMC ulas bulan depan ya!

belajar main puzzle geografi

Begini kurang lebih kalau kita bermain, Hugg-A-Planet kami jadikan patokan sambil bersama-sama memasang World GeoPuzzle 68 pieces. Selain itu C juga suka mencocok-cocokan antara tempat yang ia temukan di bola dunia Hugg-A-Planet dan di World GeoPuzzle. Another thing he learns!  mengkorelasikan antara persepsi visual 3 dimensi dan 2 dimensi, another plus to me 🙂

photo 1-273

Selain itu, tentunya banyak hal lain yang dapat digunakan dari World GeoPuzzle ya IMC-ers, mulai dari mencocokan dan mengenalkan tempat-tempat legendaris di dunia, membantu anak untuk memvisualisasikan bagian-bagian dunia dan masih banyak lainnya. Yang pasti, kami sangat terkesan dengan GeoPuzzle dengan bentuknya yang menyerupai negara, dan dengan banyaknya nama-nama tempat dan lautan yang tertera. Sesuai dengan pendekatan Montessori bahwa semakin banyak dan spesifik mengenalkan nama-nama adalah semakin baik karena akan semakin banyak yang si kecil kenal nantinya. Suatu hal plus untuk orang tua juga, kadang kita juga sudah lupa pelajaran geografi, nah dengan menggunakan Hugg-A-Planet dan World Geo Puzzle yang deskriptif, informatif dan edukatif ini , kita bisa bercerita, bonding dengan si kecil dan dapat langsung menggunakannya sebagai “cheat sheet” sekaligus alat peraga geografi yang fun dan Huggable di rumah.

photo 3-235

Bagi IMC-ers yang ingin mendapatkan berbagai produk GeoToys Indonesia seperti Hugg-A-Planet dan juga GeoPuzzle, sekarang sudah bisa langsung didapatkan dengan deal yang menarik khusus IMC readers di Calypso Land ! Selama persediaan terbatas, IMC-ers dapat mendapatkan potongan harga sebesar 25.000 IDR untuk setiap produk GeoToys apa saja yang ada di Calypso.co.id , 1 voucher dapat digunakan per transaksi, jadi apabila ingin membeli lebih dari 1 produk GeoToys, IMC-ers dapat check out menggunakan voucher untuk produk ke 2,3,4,5 dst. Setiap IMC-ers boleh menggunakan voucher sebanyak-banyaknya ya! 

Kode Voucher: imjgeotoys

Caranya, kunjungi Calypso Land, dan pilih Hugg-A-Planet dan World GeoPuzzle ataupun produk GeoToys dan alat peraga geografi lain yang diinginkan, dan saat check out, silahkan masukan kode voucher khusus IMC-ers !

*don’t miss it ! hanya selama persediaan terbatas

Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi langsung ke Calypso Land di : customerservice@calypso.co.id

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *