Introducing Moon Phase with Pancakes

moon phase indonesiamontessori.com

 

 

Pada kesempatan ini, saya menyiapkan kegiatan yang berkaitan dengan fase-fase bulan dan topik ini sudah cukup lama diminati C dan terakhir minggu lalu saat C mengecek bentuk bulan dari halaman belakang rumah, C bilang “mau kegiatan bulan!”. Dia memang sudah terbiasa request-request mau topik apa haha..kali karena suka ditanya ya…jadi kadang kalau momC lagi sibuk dan repot , di mintain ini itu mau ga mau terpacu untuk menyiapkan..meski kadang waktunya pun kurang ideal.

Kali ini saya siapkan DIY Sandpaper Moon Phases , alias fase bulan bertekstur menggunakan kertas amplas dan karton hitam. Lalu dibuat seakan-akan bulannya bertekstur dan dapat diraba oleh C.

moon phase indonesiamontessori.com

Kira-kira seperti demikian penampakannya, cukup sederhana dan mudah serta cepat proses pembuatannya kurang lebih 10-15 menit.

photo 3 (20)

Selain itu juga kami sempat lakukan kegiatan stereognostik dan sekali lagi mengingatkan C terhadap bentuk “sphere”.

belajar fase bulan

Nah pagi hari ini juga sudah disiapkan pancakes kecil-kecil untuk C ..kebetulan saat melihat pancakes ini mirip permukaan bulan ya? berlubang-lubang dan tidak rata…jadi cocok deh dijadikan alat peraga untuk mengenalkan fase bulan dengan cara yang lebih realistik 🙂

fase bulan montessori di rumah

Dengan antusias penuh C ngga sabar makan pancake nya, dan segera mencocokkan bentuk-bentuk bulan “waning crescent” , “gibbous moon” , “first quarter moon!!!”  dengan pancakenya dan memakan semua pancakenya… hahaha well kegiatan ini sendiri cukup singkat tapi saya yakin C menyerap semua informasi di pagi hari ini.

Yuk coba!

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *