DIY IMC GOOPY GLOOP

Halloo IMC Readers, udah 2-3 hari belum sempat rekap kegiatan kami di rumah ya! bukan kami tidak berkegiatan lohhh…buanyakk banget kegiatan kami sampai belum sempat di share di sini dan tidak semua sempat ke foto hehe. Kemarin kami juga main-main ke taman, perpustakaan kesukaan kami dan jalan-jalan …seru deh! Hari ini berhubung sudah Jumat kami biasanya lebih stay di rumah pagi nya supaya bisa bersih-bersih, laundry, menyelesaikan cucian dll. Tapi bukan C ya kalau melek-melek ga minta kegiatan…pagi-pagi C udah bangunin saya (yang masih pura-pura merem)…”Mommy wake up mommy, kegiatan…ayoo bangun…” sambil tarikt-tarik tangan saya…hhehehe ya sudahlah bangun mandi, semangat 45 , sarapan sarang burung supaya kuat dan bersemangat !

image

Setelah itu tentu saja C sudah minta-minta kegiatan, mulailah dengan eksplorasi batu , kuantitas dan juga berat nya yang nanti akan saya share di artikel lain.Selanjutnya setelah sarapan C minta campur-campur warna dan berakhir dengan bermain sensori kesukaan C sejak dulu , kali ini temanya yang muddy , messy gitu ya biar seruu!! Nah karena selama main C bilang “Goopy Goppy Gloop Gloop….it’s like raining…” terus-terusan ya udah mari kita namanya DIY IMC Goopy Gloop ya! #IMCGOOPYGLOOP

Cara buatnya mudah kok, cukup tepung jagung (corn starch) dicampur air dan pewarna makanan (opsional). Bagi anak yang masih lebih kecil pewarna makanan bisa disubstitusi dengan jus bit merah dll supaya lebih aman lagi ya!

resep DIY IMC Goopy Gloop

Bahan-Bahanya cukup 300 gram tepung jagung (corn starch) dan air secukupnya, selain mudah di dapat bahannya, permainan sensori yang satu ini juga aman dan berbasis bahan pangan ya, jadi ngga worry banget kalau sampai si baby yang masih mouthing kena sedikit-sedikit ya, nah tapi karena licin tentu saja selalu perlu diawasi orang dewasa.

image

Nah setelah di aduk rata , jadilah non-newtonian fluid karena teksturnya yang lucu , unik, bisa menjadi padat dan bisa jadi mencair bagaikan meleleh seru gitu. Dijamin si kecil bakal cekikikan dan ketagihan main yang satu ini karena C selalu heboh mengkomentari dan berimajinasi dengan permainan seperti ini. Secara tidak sadar si kecil juga mulai dikenalkan pada sains loh, tapi dengan cara yang seru…dengan membuka wawasan dan memberik kesempatan untuk eksplorasi bebas, anak akan lebih familiar dengan berbagai variabel…belajar berpikir sebab dan akibat, berpikir kreatif dan tidak ragu mencoba hal baru.

 

Kali ini C berkali-kali bilang “Gooppyyyy…..Lucu yaaa..kayak hujan…it’s raining..!!”

resep flubber Goopy GloopLucu kan, gemes kan? musti coba kan? kalau udah coba mention dan tag @indonesiamontessori ya dengan #IMCGOOPYGLOOP

image

Karena teksturnya yang kadang mengeras namun bisa menjad cair lagi C berusaha mencengkram Goopy Gloop lucu ini dengan penuh tenaga, happy mommy melihat C excited sekalian bermain sensori dan exercise otot-otot jarinya supaya di kemudian hari kuat yaaa kalau belajar menulis…tapi nanti aja, saat ini C main-main Goopy Gloop dulu yaaa, super messy super fun!

imageC cekikikan liat tangannya yang berubah warna jadi kayak HULK gini! hahaha dia bilang tangannya jadi coklat musti mandi deh…tapi tetep aja 1 jam-an lebih main-main dan eksplorasi bebas sama sii Goopy Gloop ini….yuk coba buat ya jangan lupa sertakan #IMCGoopyGloop biar bisa tukeran ide sama IMC readers lainnya 🙂 One more thing, jangan dibuang di wastafel ya karena ini unik bisa mengeras, jadi saran saya tunggu keras dan langsung ke tong sampah aja…tapi kalau kami sih kami biarkan mengeras lalu nanti sore di remas-remas dan dimainkan lagii…abis warming up langsung jadi Goopy Gloop lagiii dehh!!!

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

3 Comments

  • Ga sabar nunggu baby ku agak gedean sedikit. Mau coba smuanya #montessoridirumah kayak mom c. Ada yang untuk baby 5 bulan ga mom?

  • Mom C, baby saya 15 bulan main ini saya perhatikan anaknya gelian gitu, gak gitu excited. Ini kegiatan montessori pertama yang saya kenalkan. Sisa gloopy gloop yang sudah kering apa bisa didaur ulang jadi mainan lain? Thanks Mom C 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *