Eksplorasi Pengenalan Bentuk Geometri Anak Usia Prasekolah – Montessori Inspired

belajar tangram

Dear IMC readers, selamat berakhir pekan ya! akhir-akhir ini C saya observasi sedang dalam masa periode sensitif terhadap bentuk-bentuk geometri yang juga merupakan dasar bahasa dan matematika, sensitif terhadap angka dan juga huruf. Menyambut ketertarikan C yang sangat amat besar akhir-akhir ini saya mencoba menyesuaikan untuk menyiapkan kegiatan yang sesuai dengan periode sensitif kali ini. Kalau dalam prinsip Montessori kita sebagai pendidik perlu selalu observasi dan “Follow The Child” so dalam kesempatan kali ini saya memberikan undangan untuk C untuk eksplorasi menggunakan Spielgaben Versi 4 kami untuk melakukan kegiatan yang terinspirasi dengan materi “The Constructive Triangle” Montessori.

pengenalan bentuk geometri PAUD

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan anak usia prasekolah secara visual dan hands on bahwa berbagai bentuk segitiga dapat digabungkan untuk menghasilkan dan menjadi suatu bentuk lain. Hal ini berguna untuk secara tidak langsung menyiapkan anak di kemudian hari berhadapan dengan matematika.

kegiatan sensorial triangle anak usia dini montessori

Saya sengaja membiarkan ketika C memutuskan mengambil bentuk-bentuk lain selain segitiga, seperti pada kegiatan di atas C mencoba menggunakan persegi..which is fine...semakin banyak mencoba semakin banyak pula pengalaman C eksplorasi dengan bangun geometri secara langsung.

spielgaben indonesiamontessori review

Kebetulan C sendiri memang bisa dikatakan sangat mencintai tangram , sekitar usia 20 bulanan saya pertama kali membelikan tangram sederhana yang selanjutnya sangat ia sukai sehingga untuk menangkap minat C saya ikuti terus ketertarikan C bermain dan eksplorasi dengan tangram dan memberikan kegiatan-kegiatan yang progresif dan sesuai untuk tahapannya.

manfaat pengenalan bentuk geometri anak usia dini

Pada tahap awal anak akan menangkap secara visual bahwa “ohhh itu bentuk persegi, kotak gitu ya panjangnya sama semua…” ataupun semata-mata “Oh ini persegi panjang…” hal ini ditangkap secara visual pada level awal. Selanjutnya pada tahap kedua adalah tahap deskriptif dimana anak dapat mulai mengerti bahwa suatu bentuk geometri dapat dibentuk oleh beberapa bentuk lainnya. Misalkan sebuah segitiga sama sisi ternyata dapat dihasilkan dari beberapa segitiga lainnya. Pada tahap akhir setelah mengerti konsep deskriptif yang tentunya lebih baik dilakukan secara hands on alias bukan hanya teori atau 1D melainkan setidaknya 2D dan 3D dan menggunakan berbagai panca indra, anak mulai dapat menganalisa dan menghubungkan secara logis.

cara membuat DIY tangram bentuk geometri

Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk mengenalkan anak prasekolah lebih jauh untuk eksplorasi bentuk geometri adalah dengan menggunakan “Tessellation Puzzle” kali ini materinya saya ambil dari kumpulan Learning Resource Spielgaben Versi 4 di mana untuk membuat Tesselation Puzzle kita membutuhkan 16 scalene triangles.

DIY membuat tangram geometri anak usia dini

Nah dari 16 Scalene Triangles dapat di bentuk satu kesatuan seperti ini loh!

kegiatan anak PAUD homeschool

Selain itu anak juga bisa dibiarkan eksplorasi bebas membuat berbagai bentuk bangunan menggunakan bangun-bangun geometri yang ada, kegiatan ini bersifat open-ended dan bebas-bebas saja si kecil ingin membuat bangun apa hal ini dapat dijadikan kesempatan awal untuk mengenalkan dan menumbuhkan kecintaan si kecil dengan berbagai bentuk geometri. Suka dengan jenis kegiatan seperti ini karena selain stimulasi kreatifitas anak juga membangun kemampuan berpikir untuk penyelesaian masalah (problem solving).

spielgaben indonesia montessori

Selanjutnya C bebas memilih inspirasi dari kartu-kartu Learning Resource Spielgaben V 4 kami untuk membuat berbagai bentuk menggunakan tablet kayu Spielgaben kami. Kadang-kadang bangun geometrinya tergeser dan C terlihat agak kesal, disitulah saya coba encourage C untuk menggeser pelan-pelan dan lebih hati-hati sekaligus melatih kesabaran.

mandala untuk anak

Dan ini salah satu hasil karya C sendiri membentuk pattern Mandala menggunakan bentuk-bentuk geometri, ketika selesai ia sangat bangga dan memandangi hasil karyanya terus ! Well done C! yuk kita bisa mulai kenalkan si kecil dengan berbagai bentuk geometri secara hands on dengan eksplorasi secara visual dan sensorial dengan bentuk-bentuk yang ada di sekitari kita, di mulai dari situ dulu…nanti selanjutnya progresif ya, ingat untuk berjalan ke Z kita perlu melalu A to Z begitu analoginya, jadi one step at a time dan kita tuntun si kecil untuk perlahan secara logis ya.

Eksplorasi bangun geometri kami kali ini menggunakan bahan-bahan dan alat dari laci Spielgaben Versi 4 yang IMC readers bisa dapatkan langsung sekarang di Indonesia dan di kirim kemana saja di Indonesia – klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Printable Gratis Blue Constructive Triangle bisa di unduh di sini.

spielgaben indonesia montessori

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *