Ide Kegiatan Eksplorasi Dengan Tepung Jagung

Halo Halo….suka habisa ide untuk kegiatan di rumah? bagi yang sedang bingung mau coba kegiatan apa di rumah di coba yuk!

kali ini C dan saya eksplorasi bebas menggunakan tepung jagung (maizena) dan pewarna makanan. Udah itu aja bahannya, sederhana sekali ya? namun berjam-jam loh C puas banget eksplorasi dengan kegiatan ini.

Kalau biasanya C langsung buat DIY #IMCGoopyGloop kali ini ada sedikit tambahan lain, tentunya C semakin besar dan semakin banyak ingin mengerti berbagai hal ya! kalau dulu yang namanya campur-campur warna itu makanan sehari-hari C haha sekarang C lebih ingin tahu lagi. Good Sign !

Pertama-tama sediakan wadah, air, pewarna makanan ataupun cat air berwarna primer. Cukup punya 3 warna saja ya, kuning,merah dan biru. Kenapa? karena nanti juga bisa dicampur-campur sendiri menjadi warna lain, So cukup memiliki 3 warna saja.

Pertama-tama C mencampur-campur warna menjadi berbagai warna sekunder dan setelah ia berhasil, OOPPSSS C mau bawa hasil campuranya ke wastafel ……dan ia kehilangan keseimbangan SOoooo tumpah dan jatuh semua……

Segera C dan saya mengambil lap dan membersihkan menggunakan stik mejik saya, ya ampun kali ini saya berhasil!! yay saya berhasil menahan diri ga nambahin komentar-komentar dan ceramah ke C setelah kejadian ini, saya bersuaha se tenang mungkin (I know, it is HARD!) karena seluruh dapur saya jadi warna BIRU! dan BIRU nya ngejrengg!!!! dan kena oven saya.  >_< jangan sampe rusak ya!!! gawat gawat itu dalam hati saya!!! lalu C berusaha kerasa bersih-bersih sampai kakinya biru semua dan tanpa diminta ia berbisik

“I am sorry Mommy…..”

OMG melted banget, gimana tuh kalau tadi udah sempat ceramah bermenit-menit, bukannya C bilang I am sorry dia merasa ashamed / minder kali ya? hickkssss ingetin diri sendiri terus yaa hal ini, susah sih emang!

Nah setelah kami selesai bersih-bersih yang ternyata cuma less than 5 minutes kok, kami back to activity!

Awalnya C menetesi air berwarna hijau yang ia hasilkan dari campuran kuning dan biru…ia observasi aja, kira-kira tepung jagungnya jadi seperti apa? warnanya seperti apa? dll.

Tujuan dari kegiatan ini supaya anak dapat eksplorasi, kenalan sama sifat tepung jagung, mengenal warna dll. Pertanyaan saya cukup singkat dan ga bermaksud Drilling informasi ke anak, saya hanya memberi inquiries dengan pertanyaan “C,apa rasanya tepung jagung di tangan?” nah C jawab deh “It is dry….but when you add water, it will be soggy Mommy!” hahahaa rupanya C sudah hafal betul tekstur ini secara mainin ini ga ada bosannya dari bayi!

Nah, C coba apa yang terjadi kalau C taruh tepung jagungnya di cairan berwarna hijau hasil campuran tadi….C berulang-ulang coba, dia bilang warnanya berubah…warnannya jadi lebih muda, warna pastel….terus ia bilang jadi ada biru muda…eh ada kuning juga….See? you discovered yourself!

Makin seru aja ya C eksplorasi dengan menguraikan warna sekunder ke kedua warna primer utamanya menggunakan tepung jagung…super sederhana tapi mengena, apalagi kalau C melakukan sendiri dan ia temukan sendiri kesimpulannya. Ga penting informasi ngejelimet tentang sains detil di belakangnya, yang penting nikmati dulu aja ya pada tahap ini 🙂

Ditinggal sebentar C udah seru sendiri campur-campur warna di atas tepung jagungnya, ia becerita kalau ini permukaan bulan IO? bulannya Jupiter. Yes, C lagi suka banget namanya planet, dkk nya. Jadi somehow ia lebih afal nama-nama bulan untuk planet-planet lainnya dibanding saya. I know…! namanya juga anak usia dini, cepat menyerap dan absorb yaaa kalau lagi suka….sensitif periode C tentang planet ya, tiap hari baca semua buku tentang ini hahahaa…enjoy dearrr!! senang banget rasanyaaa hahaaha harta karun buku-buku pilihan mommy di baca semua, hati ini berbunga-bunga rasanya!

C terus bercerita kalau ini permukaan bulan, tapi ini bisa juga sungai kata dia, yang merah itu lava dari volkano yang ada di bulan IO (again dia bilang di bulan tersebut permukaanya jeglok jeglok karena banyak volkano yang aktif…) hahahaa kadang amazed sendiri ngedengerin C cerita, kayanya 4 tahun lalu baru lahir ya C, Oh I love you so much my precious one!  abis ini langsung mandi deh…asikk!

Kata C sekarang jadi foamy kaya warna coffee…kaya sabun….kaya blablablabaa…udah 1 jam nih C asik sendiri Yay for me!!

P.S saat saya cerita ini, C masih eksplorasi lanjutan, as usual semua warna di campur, ia tambahkan air dan jadilah Sticky #IMCGOOPYGLOOP , sambil nyanyi kesukaan dia GOOPY GOOPY GOOPY, GOOPY GOOPY GLOOP GLOOP….ada videonya nih di sini. Coba yuk mumpung liburan!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *