Ide Main Anak : DIY IMC Balok Pelangi

montessori di rumah

Kalau beberapa hari yang lalu IMC readers sudah baca seru-seruan kami dengan DIY IMC Rainbow Bottle di sini , kali ini kami buat DIY lagi alias Do It Yourself mainan buatan sendiri yang kami buat dan masih terinspirasi dari balok-balok pelangi yang sudah lama kami miliki. Karena banyaknnya teman-teman IMC readers yang ingin balok pelangi ini namun kami membelinya di Amerika, jadi dipikir-pikir bisakah di akalkan? jawabannya bisa! yayy!! ready?

“When it looked like the sun wasn’t going to shine any more, there’s a rainbow in the clouds. — Maya Angelou”

ide main anak usia dini

Nah ini C sedang mengamati bayangan yang terkena cahaya matahari dari luar jendela menggunakan balok-balok kayu pelangi kami. Terinspirasi dari mainan C yang satu ini yuk kita buat sendiri di rumah! salah satu pertimbangan saya ketika memutuskan untuk membuat mainan sendiri atau membeli adalah waktu. Terus terang waktu kami sangat amat terbatas di sini, karena kami merantau dan hanya bertiga, tidak ada kakek nenek paman atau tante yang bisa dititip-titip atau diminta bantu jagain ya, so full time semua sendiri bertiga. Nah karena itu pulalah saya harus pandai-pandai memilih kegiatan dan waktu saya, kadang saya membuat sendiri mainan untuk C, tetapi ada mainan-mainan dan alat peraga yang menurut saya kurang cocok dibuat DIY saya putuskan untuk membeli saja. Kondsi setiap orang tua berbeda-beda, ada yang memiliki waktu luang lebih, ada yang bekerja paruh waktu ada yang bekerja lembur dll so kita harus pandai-pandai mengimbangi antara keputusan membeli atau membuat sendiri. Keputusan tersebut selalu kembali kepada anda masing-masing ya karena tidak ada satu orang pun yang memiliki kondisi yang sama. However apapun keputusan anda itu, yang penting niat anda dan waktu dan perhatian yang anda curahkan untuk si kecil ya!

cara buat mainan sendiri

Demikian beberapa benda yang diperlukan, balok-balok kayu , stik es krim, lem panas. Bebas-bebas saja ingin dibuat bentuk apa ya! Pertimbangan saya kalau saya membuat mainan sendiri adalah kekokohan , saya ingin mainan yang saya buat ini bukan hanya dapat dipakai 1-2 kali saja melainkan disimpan sampai ke adik C. Kalau IMC readers perhatikan DIY yang saya buat selalu memiliki unsur tersebut, seperti matching color dengan clothspins, saya laminasi lagi dll. Kesannya memang jadi 2 kali kerja ya, tetapi saya prefer demikian dibandingkan baru 1-2 dimainkan terus rusak , kena air dll…sayang kan?

DIY IMC BALOK PELANGISetelah selesai membentuk kerangka dari balok kayu dan stik es krim, C memilih warna-warna plastik bening yang ia sukai dan setelah itu di tempel deh. That’s it! tunggu sinat matahari dan bawalah ke dekat jendela anda, have fun 🙂

ide mainan buatan sendiri

Supaya lebih kokoh bagian belakang ataupun bagian bawahnya kami berikan balok kayu lagi supaya sturdy dan bisa berdiri. Yay seru, bisa digunakan untuk eksplorasi bayangan, mencampur warna dll. Banyak ide kegiatan yang bisa dilakukan menggunakan balok pelangi ini mulai dari pengenalan warna, konsep mencampur warna, bayangan, dll

montessori di rumah

Yuk buat sendiri di rumah! kalau sudah buat jangan lupa mention @indonesiamontessori dan sertakan #IMCBalokPelangi ya! Happy Trying , semoga balok pelangi ini disukai si kecil !

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *