Jalan-Jalan ke Science Museum di Singapura

Hi All, kali ini mau cerita tentang jalan-jalan ke museum sains di sini ya, di Jurong. Meski sudah berkali-kali ke sana tapi rasanya baru kali ini saya sempat bercerita hehehe. Jadi Museum Sains ini letaknya di Jurong dan berdekatan satu area gitu dengan Snow City, KidsSTOP  dan juga ada OMNI Theatre. Nah kalau untuk anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun memang sepertinya lebih cocok ke KidsSTOP ya, tapi boleh juga kadang-kadang mampir ke Science Museumnya. Ada beberapa Science Museum yang saya terkesan sekali sewaktu saya tinggal di Amerika , the one in San Diego eh itu mungkin Children’s Museum deh tapi banyakan isinya memang tentang STEM ya di Childrens’ Museum di Amerika hahaha…Oh well, back to Science Centre di Singapura deh…

Setiap beberapa bulan, museum sains mengganti exhibitionnya jadi ada yang fix dan ada yang ganti-ganti, biar ga bosan dan updated ya, selain itu di situ juga ada toko souvenir (tapi jualannya maenan…watch out!!! tiket ke sains museumnya sendiri sih kategori lumayan tapi hahahaa begitu keluar dari museum lewatnya ke toko souvenir ini, jadi udah siap-siap kekep dompet , well kecuali memang lagi mau beli dan splurge yah silahkan juga mumpung ke situ hehehehehee.)

kidsstop singapore

Nah ini di KidsSTOP ,menurut saya untuk warga negara Singapura tiket masuk ke Kids STOP ini murah , namun untuk foreigner seperti saya menurut saya tidak terlalu murah ya untuk anak sekitar 23 SGD dan adultnya bayar lagi. Tapi lumayan untuk di Singapura, ukurannya lumayan besar dan untuk anak-anak di bawah 5 tahun cocok karena lebih ga overwhelming. Mereka bisa mengenal tentang bagaimana terjadinya makanan, bermain pasir, mengenal anggota tubuh, dll.

Di bagian ini ada mini grocery store di mana anak-anak belanja dulu terus bayar dan bisa masak-masak di sini. Seru ya! Waktu saya kecil belum ada deh, mami saya buat sendiri seperti ini dari Styrofoam dan kardus, but you know what? saya dan adik saya tetap hepi-hepi aja tuh!!! berkesan sekali sampai hari ini.

Belanja dulu yaaaaa…

Ada Dino Dig juga, pasirnya halus dan saya suka duduk-duduk aja nungguin C main di sini hahahaa…watch out though kadang ada school field trip lainnya jadi ramai banget, karena ukurang Dino Dig ini agak kecil…jadi suka ramai. Tapi kalau lagi sepi seperti di atas gitu…hehehehe bersihh…

Selanjutnya ada area untuk mengenal indra kita, anak akan mulai dengan mengukur tinggi badan, menimbang berat badan, mengenal perbedaaan jenis mata, rambut, dll lalu ada seru-seruan tentang skeleton dan juga ini C dan teman C jadi dokter-dokter kecil….seru ya? seru untuk anak dan seru untuk Mommiesnya…hehehehehee…lain kali kalau ke mampir ke museum Sains boleh di coba ya ke Kids STOP ini.

Selanjutnya kami juga ke Sains Museumnya , kebetulan lagi ada Math Festivals….one of those lucky day di mana C masih segar sampai sore tanpa nap hahahaa…

Nah alat ini dinamakan “Harmonograph” yuk antri kalau mau menggambar menggunakan harmonograph. Di Science Centre yang saya sukai selalu ada kakak-kakak mungkin murid SMP gitu yang menjadi suka relawan dan menjelaskan ke pengungjung, Jadi kalau kita ga ngerti bisa tanya mereka. Lalu juga selalu ada macam-macam kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Lumayan banget kan? mami bisa istirahat, kalau di rumah mungkin sama saya terus kalau jalan-jalan lumayan bisa santai.

Karena kali ini ada math festival jadi serba serbi yang dipajang itu berhubungan dengan matematika. Seru banget sebetulnya untuk anak SD ke atas ya, C bisa mengenal sebagian dan kenalan dulu aja fasenya. Udah pernah ke sini? apa pendapat anda tentang museum di Singapura yang satu ini? kalau belum, yuk lain kali kalau liburan bersama keluarga ke Singapura ke Museum Sains di Jurong ini. #TravelWithIMC #HolidayWithIMC #ScienceWithIMC

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *