Joyeux Anniversaire Using Kinetic Sand WABA FUN Sweden

distributor kinetic sand waba fun indonesia

Dear IMC-ers, di kesempatan kali ini IMC mendapatkan kesempatan untuk mengulas dan eksplorasi seru dengan produk-produk Kinetic Sand dari WABA FUN Sweden. Kali ini kami berkenalan dengan kinetic sand berwarna-warni dan berwarna netral dan memutuskan untuk bermain bebas dan eksplorasi tekstur bebas dulu. Di artikel-artikel kami dengan WABA FUN Sweden di bulan-bulan mendatang, lebih lanjut akan IMC bahas dan ulas mengenai kegunaan kinetic sand dalam pendekatan Montessori khususnya dalam kegiatan practical life, mathematic & science dan juga geography.

kinetic sand indonesia waba fun calypso

C excited sekali ketika membuka bersama paket-paket Kinetic Sand WABA FUN yang berwarna warni, mulai dari warna hijau, merah, ungu, biru, netral dan ada juga warna kuning. Pada saat kami buka kami biarkan beberapa jam supaya kinetic sand nya mengembang maksimal, setelah itu kami remas-remas supaya teksturnya menyatu dan siap dimainkan. Belum saja selesai memisah-misahkan semua warna kinetic sand, C sudah ngga sabar dan mau main. Saya siapkan wadah yang cukup besar supaya C bisa bereksplorasi bebas dengan kinetic sand. Awalnya C mengatakan “Oowww it is sooo Ooeeeeyy Gooeeeyyy…” kalau IMC-ers ingat beberapa bulan lalu C suka bermain dengan Slime dan sejenisnya dan selalu cekikikan kalau main dengan Slime. Nah bagaikan ketemu teman lama, C langsung meraup kinetic sand ini dan iya coba-coba sendiri “Woww it is so squishy Mommy , it is stretchy….hmm not soo stretchy…!”

photo 4 (26)

C bebas berkesplorasi dengan berbagai sendok, mangkok, dan alat-alat lainnya yang sudah kami miliki di rumah. And you know what? he spent HOURS just to play with this magic sand! Sempat juga C bawa truk-truk nya dan berkhayal dengan imajinasinya, buat-buat jalanan, mencetak roda dsb. Saya sendiri ternyata ketagihan juga karena bermain dengan kinetic sand ini memiliki unsur therapeutic loh! seakan-akan di dunianya sendiri. IMC-ers pernah dengar tentang berbagai kegunaan main pasir kan? dimana pasir adalah salah satu unsur alam yang memberikan pengalaman sensori yang menyenangkan, menyembuhkan dan juga menenangkan? Kurang lebih mungkin dampaknya seperti abis ikut kelas Yoga gitu ya IMC-ers. Merasakan pasir kinetik hijau yang lembut ini turun di jari jemari kita ternyata bikin hati gembira.

photo 3 (27)

Selain itu C juga berinisiatif ingin potong memotong, disini saya sediakan pisau khusus anak yang tumpul sehingga tidak bahaya. Kegiatan bermain dengan kinetic sand, mengaduk, meraup, memotong, membentuk , mencubit dll tentunya sangat baik untuk perkembangan motorik halus khususnya pada anak usia dini.

photo 2 (33)

Selain itu kinetic sand ini cocok sekali untuk semua anak, baik yang suka bermain bebas (messy play), yang agak ragu bermain bebas , dan bahkan untuk si kecil yang menyukai ataupun sensitif terhadap kegiatan tactile. IMC-ers pernah notice ngga sih? kalau ada anak ataupun orang dewasa yang bawaanya ingin menyentuh-nyentuh benda? kayaknya geregetan kalau ngga kesampaian? Nah kinetic sand inipun sangat cocok untuk si kecil yang suka sekali menyentuh segala sesuatu, karena dengan menggunakan kinetic sand ini, si kecil dapat puas-puas in keinginannya untuk berkeplorasi dan membuat sesuatu. Sedangkan kebalikannya untuk si kecil yang sensitif dan ragu bermain kotor (messy play), kinetic sand ini dapat dijadikan ajang perkenalan dan transisi . Teksturnya yang lembut dan juga tidak lengket membantu si kecil sedikit demi sedikit menghilangkan keragu-raguannya untuk bermain sensori ataupun messy play.

photo 1 (32)

Banyak sekali ide-ide yang muncul untuk bermain dengan kinetic sand dari WABA FUN Sweden ini, tetapi kali ini kami memilih untuk berkreasi bebas bertemakan  Joyeux Anniversaire.

wedding hotel mulia AV

Sebenarnya ide itu muncul saja dan terinspirasi dari C yang akhir-akhir ini into “Birthday Party” dan suka ingatkan saya kalau sebentar lagi C ulang tahun. Selain itu dari saya sendiri, bernostalgia dengan Wedding Anniversary kami yang ke 5 membuat saya jadi teringat dekorasi-dekorasi Dessert Table saat pesta pernikahan kami 5 tahun yang lalu.

photo 5 (22)

Berbagai macam “Desserts” kami siapkan dan tentunya tidak lupa dengan our gems sebagai hiasan kue-kue hidangan kami kali ini. Selama kami mencetak, C suka menghitung-hitung jumlah “kue” nya dan juga suka mencocok-cocokan warna yang ada. Sudah kebayang untuk kegiatan selanjutnya menggunakan Kinetic Sand dari WABA FUN bulan depan akan saya ulas dan kupas tuntas mengenai sisi edukasi bermain dengan Kinetic Sand , density, texture, fraction, physics, matching, match the shadow, geometric shapes, balancing, dan masih banyak lainnya yang bisa kita eksplorasi dengan menggunakan kinetic sand ini.

photo 4 (24)

Selanjutnya kami menyadari bahwa antara warna ternyata sebaiknya tidak di campur, sebagai solusinya kami letakan di atas satu dengan lainnya untuk pasir yang berbeda warna. Suka sekali dengan tekstur kinetic sand WABA FUN yang di buat di Swedia (Sweden) ini, setelah saya pelajari dan konsultasikan juga kepada suami sang pakar, ternyata Kinetic Sand ini terbuat dari 98% pasir (Silicone Dioxide) dan ditambah dengan 2% Anti-Foaming Agent (Polydimethylsiolxane atau dimethicone). Dimethicone sendiri sering ditambahkan pada banyak jenis makanan seperti minyak, chicken nugget, shampoo dan juga obat sakit perut akibat gassy. Memang tentunya untuk anak usia dini Kinetic Sand perlu dimainkan dengan pengawasan orang tua ya, terutama untuk si kecil yang suka mouthing. Suka sekali dengan produk WABA FUN ini karena Kinetic Sand yang di buat di Swedia (Sweden) ini sudah melebihi standar internasional ASTM F963 dan ASTM D4236 (American Society for Testing and Materials). Lega rasanya apabila si kecil bermain dengan mainan yang sudah memenuhi bahkan melebih standar internasional mengingat banyaknya produk di masa kini yang ternyata dibuat dan bahkan dipasarkan tanpa standar kualitas yang sesuai.

photo 3 (28)

Warnanya yang menarik dan cerah betul-betul membuat kami tidak bosan membuat berbagai macam “kue” , termasuk kue-kue yang kami embossed ini. Nah langsung terbayang lagi bahwa berarti Kinetic Sand ini bisa dijadikan substitusi DIY play dough kami untuk bermain bayangan , mencetak berbagai macam objek dan mencocokkan bayangan. Selain itu meskipun kami tinggal di daerah yang cukup banyak pantai mulai dari Malibu Beach, Santa Monica Beach, San Buenaventura Beach dll  dan suka ke pantai, ada kalanya tidak selalu kami bisa pergi ke pantai, contohnya saat kami berdua sibuk, saat musim kurang mendukung dll. Senang sekali karena sekarang C bisa tinggal membuka Kinetic Sand dari airtight container dan memilih ingin bermain dengan kinetic sand berwarna apa. Saya sarankan untuk tidak mencampur warna, tidak menambahkan air dan juga menyimpan di tempat penyimpanan yang berbeda-beda serta tertutup rapat. Selain itu Kinetic Sand ini paling baik dimainkan di dalam ruangan supaya lebih tahan lama, dan pada cuaca yang lembab dengan humiditas yang tinggi, baiknya kinetic sand dimainkan di ruangan yang sejuk atau AC dinyalakan ya!

photo 2 (34)

Selain Kue, kami sediakan juga berbagai “Juice” untuk para tamu ya!!! Berbagai warna dapat anda pilih sesuai karakter dan mood si kecil dan kesukaan anda tentunya, dapat dilihat kalau MomC suka hijau dengan Matcha Cake nya, C suka Red. Rasanya relaxing melihat si cantik hijau bergulir dengan lembut di tangan loh! Kalau Mommynya suka, nemenin mainpun terasa lebih seru loh!

photo 3 (25)

Dan berbagai “Souffle” dan “Mousse” rasa blueberi, stroberi dan kiwi juga disediakan untuk para pencinta buah yang ingin hidup sehat…jangan lupa whipped creamnya ya!

photo 3 (26)

Berbagai permen warna-warni kami sediakan juga karena apalah artinya pesta tanpa permen dan coklat hehe.

distributor kinetic sand waba fun indonesia

Dan inilah “Kue Utama” nya, dengan rasa mocha di layer pertama, matcha /green tea di layer kedua dan rasa anggur di layer paling atas, tidak lupa dikelilingi “Cupcakes” berbentuk hexagonal prism di sekelilingnya juga ya! Banyak sekali ide open ended play, pretend play dan masih banyak lagi yang bisa kami buat dari berbagai pasir kinetik seru ini yang mendukung perkembangan bahasa dan juga creative thinking pada anak usia dini. Selain itu yang paling penting, kami suka karena Mess Free, kalaupun sedikit berceceran selama masih di dalam wadah dan diberi tatakan semuanya lebih mudah dibersihkan, Selain itu Kinetic Sand WABA FUN ini juga tidak mengandung Gluten (Gluten Free) , Stain Free, Tidak akan kering, non-perishable (tidak menjadi basi/rusak seperti bahan pangan). Selama penyimpanannya tepat kinetic sand ini akan awet bertahun-tahun ke depan.

photo 2 (31)

Nah IMC-ers, kalau selama ini IMC-ers bingung dimana mendapatkan Authentic Kinetic Sand dari Swedia (Sweden), sekarang IMC-ers bisa mendapatkan Kinetic Sand berbagai warna lengkap dengan berbagai cetakannya dapat IMC-ers dapatkan di Calypso Land dengan harga launching yang sangat menarik! Lengkap berbagai warna Kinetic Sand Indonesia dari WABA FUN SWEDEN sekarang bisa di dapatkan langsung di Calypso Land. Mulai dari pasir kinetik biru, pasir kinetik hijau, pasir kinetik kuning, pasir kinetik merah, dan pasir kinetik ungu dan semua mainan pasir kinetik dari Swedia dan mainan edukasi berkualitas dari Eropa dan Amerika dapat anda didapatkan di Calypso.co.id!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *