Juggling Between C1 and C2

Hip Hip Hoorayy!!! Baby C2 is now ONE!

cepat sekali rasanya baru saja kemarin saya mendapat positif di hasil tes kehamilan, eh sekarang sudah satu tahun. Rasanya baru kemarin C2 lahir, eh sekarang sudah berjalan ke sana kemari sendirian dan juga suka ngobrol hehehe… anyhow flash back mengingat ketika bersama C1 dulu, usia 1 tahun menandakan bahwa things indeed got easier… there is HOPE moms!!! hang on there. Slowly, our life is back….sudah lebih terbiasa berpegian bersama C1C2 bisa kalau maximal setengah hari saja meski bawaanya kayak mau pindahan tapi udah manageable…C2 sudah lebih terbiasa menunggu C1 saat C1 perlu co-ops ataupun kegiatan lainnya….padahal kegiatan C1 itu biasanya 2-4 jam loh…panjang-panjang ya kelasnya..tapi mungkin karena sudah terbiasa C2 malah menganggap itu ajang jalan-jalan hahaha….saya biasanya menggunakan kesempatan ini untuk justru ONE on ONE dengan C2 saja.

Kalau dari pagi biasanya C1 selalu ada di dekat C2 bahkan read aloud pun C2 ikutan mendengarkan karya-karya C.S.Lewis , Tolkien, dll hahahaa gapapa deh ya yang penting C2 juga senang…yah mungkin karena terbiasa. Ia pun selalu inclined untuk membuka-buka semua buku C1 termasuk tumpukan chapter books C1….dan sudah bisa mengambil buku dari rak yang ingin ia minta kami bacakan. Seruuu!!! selain itu, saya ingat sekali kurang lebih saat C1 berusia C2 sekarang, kami pindahan dari PA ke CA …sibuk dong ya pastinya? tapi somehow it was very manageable loh..karena pada usia ini mereka bisa main-main dan asik sendiri kalau ketemu serunya…. C2 sedang suka membuka tutup dan juga memasukkan benda-benda ke tas ataupun container dan ketika ia sukai, ia akan mengulang-ulang kegiatan ini. Sehingga kemana-mana saya bawa tas kecil berisi pom-pom untuk C2 keluar masukkan hahaha dan juga stickers!!! karena C2 mulai suka menempel-nempel sticker atau sekedar mengelupas stikernya saja hahahaha…I love this stage VERY MUCH! I love it because they understand almost menurut saya 70% apa yang kita katakan, sudah dapat dimintai tolong dan dapat berkomunikasi dengan jelas serta mengutarakan keinginannya.

Di pagi hari kalau C2 yang bangun duluan, kita suka mendapati ia sedang “bangunin C1” ia akan memanggil-manggil ”Keiiii keiii Keiii!!!!” kalau tidak bangun juga ia akan menempel-nempelkan kepalanya ke C1 hahahaha…lalu mereka ngobrol dan main berdua dan saya pura-pura masih tidur (HOHOHOHOHOHO).

C2’s first theatre experience

Beberapa tips untuk adil dan bagi waktu antara #homeschoolwithIMC C1 dan C2 :

  1. Saya percaya sekali bahwa usia 0-6 tahun pertama dalam kehidupan seorang anak adalah masa-masa yang paling paling paling paling 100000x penting untuk meletakan dasar-dasar attachment, merasa diri dicintai apa adanya, dapat eksplorasi bebas dan juga masa absorbent mind dimana ia akan menyerap segala sesuatu yang dikenalkan dengan mudahnya. Dengan selalu mengingat hal ini, ini memotivasi saya untuk memanage waktu dengan keduanya secara adil. Di mata saya C1itu sudah usia 6 tahun, kebanyakan #homeschoolwithIMC ia bisa lakukan dengan minimal supervisi….selain itu banyak hal yang sudah ia dapat lakukan sendiri kan seperti mandi, menyiapkan makanan, membuat projek, dll. Sedangkan C2 ini baru saja berkenalan dan ingin sekali eksplorasi, ia ingin sekali bisa ini itu seperti C1….motivasi ini yang membuat saya bertekad. Apapun yang saya lakukan bersama C1, akan saya lakukan lagi bersama C2. Karena saya percaya betul, just being near us…ga perlu dan ga wajib setiap hari ”formal diajarin ini itu” mereka juga akan absorb dan bisa sendiri without you know it!

2. Managing waktu, di pagi-pagi hari biasanya C1 akan #homeschoolwithIMC dulu dengan suami saya itu sekitar jam 7.30-8.30 pagi. Kalau C2 sudah bangun, pagi hari adalah waktu saya untuk full komunikasi one on one dengan C2, mengajak bicara , berbagi cerita, membacakan buku, melihat-lihat daun dan burung di bawah condo aja , ataupun memberi makan kura-kura peliharaan kami ataupun menyiram tanaman yang C1 tanam. Ketika C1 sudah selesai, suami saya berangkat, C1 akan sarapan dan bebas istirahat membaca buku . Momen ini saya gunakan untuk menyiapkan sarapan untuk C2 dan memandikan C2. Sekitar jam 9.30-10 saya akan kembali fokus ke C1, membantu scaffolding hal-hal yang ia sedang tertarik, hal-hal yang perlu ia pelajari dll. Biasanya kalau semua berjalan lancar jam 12 itu sudah selesai semua. Setelah makan siang, bebas membaca buku lagi, art project, science project atau apapun juga. Di sore hari biasanya kita pergi keluar untuk berbagai kegiatan. Di hari-hari dimana da Co-Ops homeschool biasanya kita akan berangkat pagi-pagi dan kalau begini biasanya pulangnya sore hehehehe jadi semua lunch sudah dibawa dari pagi deh!

3. Curi waktu sana sini, saya bersyukur tinggal di Singapura karena meskipun kami memutuskan tidak menggunakan nanny dan live-in maid (just by preferences) tapi kami dapat meminta bantuan a very handy helper who can come 2-3 times a week to help me. Meskipun hanya beberapa jam saja sudah sangat membantu sekali loh! so yes, di jam-jam ini juga saya biasanya menggunakan waktu untuk saya istirahat sekedar mini me-time, catch up with my friends , maskeran, dll. Saya percaya in order to take care of other people, you need to take care of yourself first. Saya biasanya meraskan nih, ketika mulai BT dan mau mendekati Mommy meltdown, saya musti slow down…withdraw myself lalu come back better!

4. Ketika C1 berkegiatan (dan mostly drop-off) karena C1 sudah berusia 6 tahun, saya biasanya menggunakan kesempatan one on one dengan C2. Saya biasanya akan membawa C2 ke taman terdekat, baca-baca buku, sekedar jalan-jalan melihat-lihat, atau mengajak ke grocery stores…banyak sekali ya yang dapat anda ceritakan ketika anda mengajak si kecil berjalan-jalan…mulai dari burung yang sedang terbang, buah-buahan di grocery, kendaraan dll. So yeah, saya merasa moment ini perlu dan penting!

5. Bukan hanya C1 saya yang memiliki kegiatan, C2 juga saya daftarkan ke kegiatan-kegiatan yang menurut saya baik untuk perkembanganya seperti kelas bayi pop-up, reggio baby class di mana kelas-kelas ini bersifat mommy and me dimana hanya saya dan C2 aja , C1 menunggu. Saya merasa momen ini juga berharga dimana saya bisa slow down, enjoy the baby class dimana C2 juga bebas eksplorasi dan bersosialiasi bersama bayi-bayi lain. We must make a time for C2. Selain itu, ke kelas-kelas Co-Ops Homeschool C1, saya selalu mengajak C2. Di kelas Co-ops, sudah biasa kalau ada mami-mami yang membawa 3-4 anak hahahaha salut sama mereka semua dan mereka juga biasanya membawa bayi, so saling mengerti kalau misalkan bayi-bayinya lariiii atau gimana gitu…tapi sebetulnya saya mengajak C2 bukan tanpa alasan. Di masa absorbent mind ini, C2 belajar berinteraksi, sebab akibat, melalui semua inderanya….meski ia belum fully dapat partisipasi dalam kegiatan Co-Ops C1, tapi I believe she absorbed! the conversation, the activities, the vibes!!! So , meskipun lebih “repot”‘ saya usahakan pas-pasin jadwal dengan C2 hehehe so C2 juga ikutan Co-Ops homeschool Sains dan Nature Walk! next week, kita akan pergi melihat lebah dan cara pembuatan madu, dan tentunya C2 akan ikut…kebayang ia akan menunjuk-nunjuk hahaahaha.

 

6. CHOOSE YOUR BATTLES.

Masak makanan untuk anak? of course I do! tapi masakan saya itu sangat sederhana hahahaa…dan diulang-ulang juga. Yang penting kan nutrisinya balance. Sebetulnya saya suka memasak, orang tua saya juga pernah bisnis restoran, dan nilai ujian tata boga saya 9. Tapi saya merasa waktu saya itu harus digunakan monetize, utilize semaksimal mungkin untuk hal-hal yang penting. Jadi salah satu cara saya (may work for others, may not juga) ya meal prep, seperti kaldu saya selalu sudah masak ahead dan simpan, saya juga mau meal prep kaldu collagen ahhh hahahaa kaldu tulang maksudnya yang nantinya akan mengandung gelatin. Selain itu kalau ada opsi membeli sayuran yang sudah dipotong saya akan beli. Memang kalau saya hitung cepat di kepala saya harganya akan lebih mahal, tapi saat ini, momen ini, waktu saya paling mahal. Mungkin nanti, ketika C2 sudah lebih besar dan bisa involve lebih banyak menggunakan kitchen helper, saya bisa reconsider other things.

BUT NOW, at this moment my priority is providing healthy nutrients, but not fancy…(so no decoration, kalau ada juga sangat simple ahahahha seperti blueberry untuk mata ahahahahahah you know it, just bananam blueberry dll…) Kalau ada yang pre-washed, sudah dipotong saya akan selalu beli itu. Jadi waktu saya menyiapkan makanan saya limit. So far so good and manageable, bahkan filet ikan juga sudah dipotong-potong cubed. So, yes ini mungkin area dimana saya korbankan hahaha penampilan dan taste masak memasak yang sebetulnya saya bisa kalau mau tapi, ya udahhhhh lahh nanti dulu aja hahahaha….saya mengerti kalau Moms justru ada yang hobinya masak, nah ini berarti berbeda dengan saya hehehe like I said kan setiap orang berbeda, ini area yang mungkin paling saya sederhanakan dalam hidup saya pada saat ini. pssst meskipun masakan saya mediocre tapi C1C2 tetap suka hahahahaa….kata C1 because Mommy prepared it with lots of LOVE…awwwww (lebay deh langsung).

 

So yeah, I am very thankful for the healthy, happy first one year, I am very thankful every night for these C1C2 who bring so much JOY into our life…

 

Bagi Mom yang ingin memiliki IMC peta kain Indonesia , bisa WhatsApp order ke : 081703829888 yaa!! 
Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *