Ketika Seni Bertemu Dengan Montessori di Rumah : Flower Art

Siang hari ini cuacanya cukup cerah dan tidak terlalu panas, melihat banyaknya bunga-bunga yang berguguran di depan tempat tinggal kita rasanya udah terpikir untuk dibuat macam-macam. Salah satu kegiatan yang kita coba hari ini menggabungkan seni dan kreatifitas dengan kegiatan montessori di rumah.

Kami membuat kartu ucapan.

Yang diperlukan hanya tumbukan, kertas dan juga bunga-bunga ataupun dedaunan yang sudah terjatuh.

Lipat kertasnya, tutup dengan posisi bunga dan daun sesuai dengan design yang diinginkan. Di sini anak bebas berkreasi meletakan bunga dan daun, kelopak bunga dll untuk membuat design. Tutuplah kertas dan mulailah menumbuk. hahaa kencang juga ya bunyinya!

Nah setelah ditumbuh beberapa saat, bukalah “kartu ucapannya” dan seperti ini kira-kira jadinya. Kegiatan ini sama sekali tidak terencana, menurut pengalaman kami malahan lebih banyak kegiatan yang tidak terencana tapi malahan jadi seru  loh. Salah satu kunci dari melakukan kegiatan sehari-hari bersama C bagi saya spontanitas, jadi kita jalan kemana, lalu lihat sesuatu dan terinspirasi dari suatu hal, jadilah ide. Hal itulah yang saya inginkan untuk C, saya berusaha banyak waktu luang untuk C untuk tinkering, ga grusuh grusuh kesana kemari dan habis waktu di jalan. Dengan demikian C punya waktu yang lebih fleksibel kalau tiba-tiba ingin eksperimen tentang suatu hal. Selain itu segala sesuatu yang spontan itu biasanya lebih menarik dan antusiasme C saat itu tentunya tinggi karena lagi semangat-semangatnya, misalkan sehabis melihat A  lalu terpikir ide untuk mencari tahu dan membuat B. Hehe saya juga paling suka kalau leyeh-leyeh santai apalagi akhir pekan, dimana biasanya ide-ide bermunculan. Tidak mudah rupanya ketika pindah ke Singapura, di sini kebanyakan pada sibuk-sibuk dan terkesan terburu-buru, entahlah…hehe…padahal entah mau kemana sih? menurut saya kalau selalu terburu-buru dari satu hal ke hal lainnya itu membuat saya kurang terinspirasi , mungkin juga saya orangnya perlu quiet moment just me myself and my thoughts ya. 

Cantik ya? artsy banget kan…yuk dicoba #ArtWithIMC kali ini, ternyata kegiatan tumbuk menumbuk dari buku Montessori di Rumah bisa digabungkan menjadi seni yang indah ya!

“…to discover the worls already there and of the hundred they steal ninety-nine. They tell the child : that work and play, reality and fantasy, science and imagination, sky and earth, reason and dream are things that do not belong together.” ~ Loris Malaguzzi

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *