Learn Through Senses – Exploring Symmetry with Spielgaben Version 4

Dear IMC-ers, Can you believe it is December already? we are few more weeks only to 2-0-1-6 !!!! Are you excited? do you have wishes and goals for next year yet? I have not! my time is running so fast these days and now I am finding myself sipping my Hazelnut Latte on my favorite local cafe 😉 back to Bahasa Indonesia, IMC-ers percaya atau tidak sebentar lagi tahun 2016? apakah sudah membuat daftar tentang apa-apa saja yang ingin dicapai di tahun 2016? terus terang momC belum sempat! akhir-akhir ini waktu terasa berlalu begitu cepat dan tidak disadari eh sudah akhir tahun lagi…waktunya tulis kartu Natal & Tahun Baru, kirim kartu, tukar hadiah, bungkus hadiah untuk C dll. Betul-betul waktu itu begitu berharga ya IMC-ers, hopefully disela-sela kesibukan kita semua sehari-hari kita bisa tetap tegus mengatur prioritas utama ya IMC-ers.

eksplorasi belajar simetri anak prasekolah

Musim liburan yang telah tiba ini membuat saya lebih sibuk dari biasanya, mulai dari menyusun kegiatan untuk C, rencana liburan, rencana kegiatan IMC, rencana playdate dengan teman-teman dll. Nah terasa sekali di saat-saat seperti ini merasa sangat terbantu dengan adanya guideline / panduan Learning Resources dari Spielgaben. Dengan banyaknya jenis kegiatan yang sudah disusun oleh Spielgaben , sangat memudahkan kami untuk memilih topik kegiatan “on the spot”. Seperti contohnya kegiatan kami beberapa hari lalu yang bertemakan “Pengenalan Simetri” untuk anak usia 3-6 tahun. Tentunya sejalan dengan metode Montessori, pengenalan kami dilakukan secara hands-on (learn thorugh senses) ya! Kami mulai memilih-milih beberapa kegiatan yang berhubungan dengan simetri dari ribuan ide kegiatan edukatif lainnya dari Learning Resources dari Spielgaben dan ini beberapa ide kegiatan yang kami pilih yay!

cara mengenalkan belajar simetri calistung anak

Apa sih kegunaan mengenalkan “Simetri” pada anak-anak? nah kalau IMC-ers perhatikan, just stop berhenti dan lihat sekitar anda…saya berani jamin anda menemukan berbagai benda yang memiliki simetri di sekitar anda. Yes sudah anda temukan? lalu pasti IMC-ers bertanya lagi “Iya but so what gitu loh?” anak-anak usia dini memiliki kecendrungan secara naluriah untuk melihat pada keteraturan dan keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari, hal ini menarik bagi mereka. Kenalan dan mengenal konsep simetri nantinyapun akan membantu anak di kemudian hari untuk mengerti konsep matematika lainnya. Matematika bukan sekedar tambah-tambahan, pengurangan, perkalian, dll. Anak-anak dikenalkan dengan konsep bentuk geometri dari usia dini , awalnya mereka mengenal bentuk sebagai satu kesatuan, dengan pengenalan konsep simetri nantinya diharapkan anak anak mulai dapat mengenal serta membedakan karakteristik dan bagian-bagian dari suatu objek.

IMG_0519

Di panduan dari Spielgaben yang satu ini (kami menggunakan panduan dari Learning Resource activity guide for Kindergarten), momC mulai mengenalkan C konsep simetri dan meminta C membantu mencarikan simetri setiap bentuk…betul-betul konsep yang baru untuk C kali ini which is great!

IMG_0515

Masih menggunakan Activity Guide for Kindergarten dari Spielgaben, momC mengenalkan “Symmetrical Pattern” pada C, nantinya ingin momC buatkan kegiatan tambahannya juga untuk konsep “Pattern” ini.

IMG_0511

“Can you make a Dragonfly?” betul sekali kalau dikatakan banyak sekali simetri di sekitar kita ya!

IMG_0512

Kreasi kupu-kupu dengan wooden rod di tengah sebagai perwakilan “sumbu simetri” , nah di tahap ini C mulai menangkap jadi momC berikan undangan dengan membuat bagian kupu-kupu sayap kanan dan C membuat sayap kirinya , so much fun!

IMG_0518

say Hi to our very own “ROBO-O-SIMETRI” , ternyata penggunaan kayu hitam di tengah-tengah itu membuat C jadi lebih mengerti dan menangkap konsepnya. Saya juga sempat bercerita ke C sekilas tentang pantulan di kaca dan di air.

IMG_0510

Kali ini undangan dari MomC menggunakan wooden dots dari laci spielgaben lainnya dan board yang lainnya, momC kreasikan yang dibagian kanan, dot hitam di tengah sebagai sumbu simetri dan C dipersilahkan untuk membuat simetrinya di kiri.

IMG_0527

Suka sekali dengan yang ini, sekaligus mereview konsep pendek, panjang…

IMG_0521

Kegiatan selanjutnya adalah ide dari C, kami membuat berbagai segitiga sama sisi dengan menggunakan segitiga lainnya, Hey! ternyata segitiga sama sisi (Equilateral Triangle) juga memiliki simetri ya!!! yang lingkaran di atas dengan bola-bola itu adalah “birthday cake” karya C…

FullSizeRender

Dan yang satu ini C eksplorasi dengan Cuboid dari laci 3-6 Spielgaben.  Paling senang dan merasa fulfilled kalau udah main-main sama C yang berguna seperti ini, karena selain C nya senang dalam hati kecil momC tahu kegiatan ini berguna untuk his growing mind , Happy trying! jangan lupa hashtag #IMCLEARNTHROUGHSENSESWITHSPIELGABEN ya kalau upload di Instagram!

Untuk review IMC lainnya tentang Spielgaben Version 4 bisa di cek di sini ya!

“The reason we want to play with symmetry is that it helps children develop their ability to recognize patterns, to classify and their observation skills. All of these skills are used in subjects like math, reading and art. Building on children’s natural abilities with activities like these isn’t a waste of time, it’s strengthening their confidence in the learning process in general and well worth the effort.”

Untuk memesan dan mendapatkan Spielgaben Versi 4 di Indonesia, anda bisa memesan lewat website Spielgaben Indonesia atau menghubungi customer service di INFO@SPIELGABEN.COM 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *