Ide Mainan Anak & Alat-Alat Pendukung Montessori di Rumah di IKEA (Tur ke IKEA Bagian 5)

Artikel terakhir mengenai jalan-jalan ke IKEA minggu lalu….yakni mengenai segala macam peralatan baik masak, tray, mainan anak,2 karpet , dll yang bias menjadi ide, inspirasi serta bisa di dapat di IKEA Indonesia untuk mendukung “The Prepared Environment” dan menciptakan suasana Montessori Di Rumah yang kondusif, yuk disimak (dan dicatat…siap2 ambil pen dan kertas..siap2 belanja :D)
Kursi kayu untuk duduk anak…
Berbagai peralatan rumah tangga, mangkuk kayu, sendok, garpu, gelas sloki, gelas kecil, mangkok kecil, dll bisa di cari dan di dapat di IKEA juga..
Cocok untuk tangan-tangan kecil…Real Objects, Child-Size 🙂
 Berbagai alat masak berukuran pas untuk si kecil..
Tatakan makan yang juga dapat digunakan untuk mengenal “table setting”
Bisa untuk si kecil belajar minum dari gelas, dan juga bisa digunakan untuk kegiatan transfer / menuang di Practical Life Montessori… sekali lagi Real Object – Child Size material 🙂
Corong / Funnel untuk si kecil practical life menuang air ke menggunakan funnel 🙂
warna warni yang mengundang…
Dan juga Tray bernama KLACK yang bisa digunakan untuk berbagai aktifitas di rumah, untuk Practical Life, dll
 Kursi goyang untuk si kecil yang bisa ditaruh di sudut baca..keliatan mengundang yah…dan tenda untuk imaginative play…ah lovely!
Salah satu mainan kayu yang WAJIB di Ikea…kereta api dan rel kayunya..buatannya halus, bagusss C udah punya dari tahun lalu….open ended play!!! Hargamya? DI BAWAH kereta-kereta bermerek berwarna biru, merah ,kuning itu (tau kan maksudku?)
Berbagai mainan kayu berkualitas tinggi…saya suka banget semua mainan IKEA…designnya bagus, simple, open ended, ga berisik, kayanya Montessori Inspired banget deh! tapi harganya juga termasuk OK banget loh..( Saya ga dibayar IKEA…ini penilaian pribadi saya sebagai suami-istri yang selektif dan skeptis haha)
 Berbagai mainan kayu yang ada di IKEA
 
 Di atas ini , abacus , pounding peg, sorting dan stacking, wooden maze , easel (papan lukis), segala alat melukis dan cat….bisa di dapat di sana…(pegang dan kekap dompet erat2 bu ibu )
Berbagai mainan masak-masakan dari bahan yang mendekati asli dan juga main kasir-kasiran??? >_< mommyC punya hobi dari kecil….hahaha
Mau main jual-jualan? IKEA juga punya mainan pendukung Pretend Play!!!!! Dream for every children!
Yang ini impian setiap anak ga sih? simple, warnanya pun netral…terbuat dari kayu…ahh kurang apa lagi..
Dan berbagai alas tummy time , mobile untuk bayi yang menarik , simple….Montessori banget ya? dipikir-pikir mungkin karena asal muasal design IKEA itu dari Eropa ya…dan Montessori sendiri berasal dari Italy, jadi mungkin prinsip mereka kurang lebih mirip…suka banget!
Finger Puppet anyone? kegiatan yang bagus untuk story time dan memperkaya perbendaharaan kata si kecil…
Matching game? Simpel dengan gambar-gambar yang mengundang….I love all IKEA’s products !!!
Karpet yang menarik untuk ruang main ataupun ruang tidur si kecil? designnya bagus….sesuai taste mommyC hihihi
Ini hanya sekilas dan sebagian item yang mommyC kira cocok dan mendukung suasana “The Prepared Environment” untuk menerapkan Montessori di Rumah…masih banyak lagiiiii lainnya nanti di lain kesempatan akan MommyC bahas lagi tentunya 🙂
Suka dengan artikel kami? Yuk Langganan Gratis di Kanan Atas, caranya cukup masukan e-mail anda di “Folow By Email” lalu anda akan mendapatkan email verifikasi, setelah verifikasi…anda akan dapat notifikasi setiap ada artikel seru baru 🙂 Thanks!

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

2 Comments

  • naahhhini niiihhhh..
    besok mudik ke jakarta, bakal gembok dompet. emang rencana mau ke ikea momC.
    blom pernah ke sana. hahahahaha.. katrok yaaa. namanya jg jrg pulang ke jakarta.
    mupeeeeng sm ulasannya momC nih. wkwkwkwkwk..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *