Manfaat Bermain dan Menyusun Blok Untuk Anak Usia Dini

manfaat bermain blok

Hello All! senang banget akhirnya unpacking stuffs dari kontainer 90% hampir selesai. Masih belum tertata rapih dan fully “Prepared Environment” namun sudah lumayan , udah mulai bisa kegiatan lagi dan seru-seruan dengan C. Curhat sedikit ya tentang kepindahan kami dari Amerika ke Singapura, setelah suami tinggal di Amerika lebih dari 18 tahun dan saya sendiri lebih dari 10 tahun kurang lebih, sudah lama kami memang ingin kembali ke Asia! khususnya semenjak dikaruniai C. Ada berbagai alasan tentunya yang membuat kami memilih “Asia” sebagai tempat anak-anak kami bertumbuh kembang hehe, salah satunya kami ingin lebih dekat dengan orang tua kami sehingga C juga dapat merasakan memiliki kakek , nenek, paman, tante, sepupu dll. Di Amerika kami tidak punya saudara dekat sama sekali, nadaaa, zeroooo…meskipun adik-adik dan kakak kami tadinya kuliah di Amerika Serikat juga, namun mereka semua sudah for good dan pulang kampung hehe. Ada banyak yang bertanya “Ga salah loe??? balik ke Asia? bukannya di Amerika udah enak?” hehe Ngga kok ga salah sama sekali, memang itu keinginan dan pilihan hidup kami yay! Senang sekali rasanya C semakin fasih berbahasa Indonesia mengenal berbagai kebudayan Indonesia dan di Asia , dan di Singapura mulai mengenal bahasa Mandarin juga dari Auntie Auntie dan Uncle yang sering berpapasan dan mengajak C ngomong! hehehe… C juga suka sama makanan Asia dan suka sekali naik MRT dan Bus. Duh kalau diminta milih taxi atau Bus, pasti milih Bus…padahal kan saya kadang pegal dan bawaanya cukup banyak! hehe but so far so good, we really love it here! berbagai aplikasi juga memudahkan kami untuk travel dari satu stasiun ke stasiun lain, delivery makanan, delivery grocery dll. To be honest with you, I love it here more than in the US. I used to drive everywhere (But I am not a good driver and I don’t personally like to drive haha…) here, I can just go here and there by feet! Woosshh udah kepanjangan curhatnya, lain kali di sambung. Kali ini mau share tentang kegunaan bermain , eksplorasi bebas menggunakan blok ya!

IMG_4474

Apa sih kegunaan bermain , eksplorasi menggunakan berbagai bentuk blok? ada beberapa teman berkomentar “Anak saya udah ga main begituan, itu untuk anak kecil….udah bosen.” Awalnya saya agak tertegun mendengar komentar tersebut. Memang kalau sekilas diperhatikan blok-blok ini terlihat biasa saja , plain dan ga menarik ya? namun kalau sudah ketemu asyiknya, kitapun orang dewasa bisa senang loh. Beberapa kegunaan bermain dengan blok berbagai bentuk yakni :

*Memberi kesempatan pada anak untuk mengenal berbagai bentuk geomteri secara konkret , memegang dan memanipulasi serta mengenal sifat-sifat dari setiap bentuk (math basic anyone?)

*Meningkatkan imajinasi anak. Membangun struktur menggunakan blok tentunya tidak lepas dari permainan simbolis. Disini anak berkesempatan menggunakan imajinasinya membangun gedung, membangun rumah, jalan raya dll. Anak juga dapat berandai-andai menjadi pekerja konstruksi bangunan, arsitek, engineer, dll.

*Mengajak anak berpikir kritis dan kreatif. Ada kalanya saat membuat suatu struktur, C terlihat frustasi dan kesal ketika bangunannya runtuh. Namun dari kejadian seperti itu C dapat belajar sifat-sifat dan karakteristik berbagai bentuk, silinder, prisma dll. Yang mana ya yang lebih kokoh? Bagaimana caranya membuat Castle yang sangat tinggi namun stabil? hal ini hanya dapat ditangkap anak melalui coba-coba dan eksplorasi langsung dengan berbagai bentuk.

*Secara tidak langsung mengenal sifat-sifat sains fisika seperti gravitasi , tekanan, compression, stabilitas, keseimbangan, mengenal relasi antara bentuk, ukuran dan benda tertentu.

*Melatih anak berpikir logis dan inquiry skills seperti bertanya-tanya, eksplorasi, membandingkan, investigasi, berdiskusi , refleksi dan juga menemukan ide baru.

IMG_4718

Salah satu undangan dan provokasi yang saya lakukan dengan C adalah dengan memperlihatkan berbagai gambar bangunan di buku-buku koleksi kami. Anda dapat mengajak anak memperhatikan bangunan di luar rumah juga saat berpergian. Untuk anak yang sudah lebih besar, anda dapat mengajak si kecil membuat sketsa bangunan yang ia lihat di luar. Semenjak kami pindah ke Singapura, kami transisi dari tinggal di rumah tapak (landed house) di California dan berpindah ke Condo (high rise) , dari balkon rumah kami cukup banyak view bangunan-bangunan skyscraper haha…so menjadi ide baru untuk C saya undang untuk duduk dan memperhatikan bangunan dari dalam rumah (dipinggir balkon) dan membuat sketsa.

IMG_3500

Saya suka sekali dengan hasil karya C yang satu ini. Kali ini kami menggunakan ide dari Learning Resource Spielgaben. Inquiry dari C adalah “Mengapa bangunannya seperti terbang?” Jujur, saya juga agak bingung menjelaskannya. Setelah C hampir selesai membangun bangunannya, saya berikan kamera kecil C untuk ia memfoto hasil bangunannya. Setelah di foto memang ternyata di foto bangunannya terlihat seperti terbang ya? padahal pada bangunan aslinya, tidak ada yang terbang sama sekali. Di sini pun ada hal-hal baru yang C temukan, bagaimana merealisasikan bangunan dari wujud 1 dimensi (foto) ke bangunan 3 dimensi. Ada tiang-tiang yang lebih mudah jatuh juga, di situ C beberapa kali trial dan error meletakkan blok di atasnya, ternyata C perlu meletakkan persis di tengah-tengah supaya lebih kokoh.

 

IMG_4720

Keesokan harinya saya mendapati C sedang berkreasi sendiri seperti ini, lalu ia bercerita dan mencoba mengkomunikasikan idenya kepada saya tentang hasil kreasinya. “C buat rumah….”

IMG_4710

Lalu ia melanjutkan ceritanya “Yang ini boat..bawahnya air…seperti ocean begitu…” Yang seperti rainbow blocks ini jembatan Mommy. Jujur saja, saya senang mendengar C bercerita seperti ini, naturally C anaknya suka mengobservasi dan cukup serius (meskipun juga suka melucu kalau sedang moodnya!). Ia mirip seperti suami saya yang suka observasi dan berpikir tentang suatu ide dan cenderung berpikir sendiri dan bertolak belakang dengan saya yang suka ngobrol. Dengan bercerita seperti ini, saya senang karena C dapat belajar mengungkapkan ide kreasinya kepada orang lain, in this case saya dengan lebih percaya diri. Ia juga secara tidak langsung mengenal konsep stabilitas, gravitasi, dll dengan berkreasi dengan blok-blok seru ini. Yang kami suka dari blok-blok kayu Spielgaben ini adalah potongannya yang sangat presisi dan juga halus buatannya serta memiliki berbagai bentuk yang dapat dimanipulasi oleh C.

img_6666

Di lain kesempatan, saya akan print foto-foto berbagai gedung dari travel-travel kami sebelumnya dan menjadikan kumpulan ide untuk C berkreasi!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *