Hands On Math for Children!

spielgaben indonesia mathematic

Dear IMC Mommies, we are back from Europe! setelah beberapa hari berjetlag ria akhirnya kembali lagi kegiatan homeschool full force! hehee C betul-betul kangen rupanya dengan semua kegiatannya, dari pagi begitu bangun sampai malam bergantian kegiatan ini itu semuanya dapat giliran! Salah satu yang ia kangen dan selalu sukai ialah eksplorasi menggunakan Spielgaben set V4. Nah kalau dulu awalnya C suka sekali dengan berbagai bentuk geometri Spielgaben dan suka membuat mandala, akhir-akhir ini C tertarik sekali dengan Spielgaben Math Guide. 

spielgaben review indonesia

Folder-folder Learning Resource Spielgaben sengaja saya taruh di sebelah persis laci Spielgaben kami jadi C dapat kapan saja mengambil, membuka, memilih sendiri kegiatan yang ia inginkan. Sudah beberapa hari ini lagi-lagi pilihannya tertuju pada Spielgaben Math Guide Learning Resource. Lucu sekali kalau lihat ia balik-balik halaman terus bilang “mau yang ini mommy!” Sebetulnya Math Guide ini disarankan untuk mulai digunakan saat anak berusia 5-6 tahun ke atas, namun ada beberapa kegiatan yang menarik untuk C dan setelah saya lihat cukup konkret dan juga sejalan dengan prinsip Montessori so baiklah…following his interest…let’s do it!

image

Kali ini bersamaan dengan menggunakan Montessori Ten Bars ,C menggunakan wooden dots Spielgaben V4 untuk mengelompokan setiap 10 dots. Yang saya betul-betul sukai dari Math Guide ini adalah caranya menerangkan setiap konsep Matematika secara real. Berdasarkan tahap-tahap perkembangan kognitif Piaget, anak-anak yang berusia 7-11 tahun mulai memiliki kemampuan untuk berpikir secara logis terhadap suatu objek terutama apabila anak-anak diberikan kesempatan hands on dan eksplorasi secara konkret. Ide dan gambaran mereka terhadap suatu objek didominasi oleh visualisasi suatu objek artinya akan lebih mudah bagi anak-anak untuk mengerti suatu konsep apabila mereka dapat menyentuh, eksplorasi dan melihat langsung objeknya. Nah apalagi untuk anak-anak usia dini, tentunya worksheet agak terlalu abstrak ya khususnya konsep matematika. Don’t get me wrong, C juga suka sekali dengan printable dan worksheet terutama seputar maze, matching , tracing dll. Akan lebih baik dan mudah dimengerti anak apabila anda berikan objek untuk dimanipulasi dan divisualisaikan.

“The principal goal of education is to create men who are capable of doing new things, not simply of repeating what other generations have done—men who are creative, inventive, and discoverers. The second goal of education is to form minds which can be critical, can verify, and not accept everything they are offered.”
(From remarks at a conference on cognitive development at Cornell University, 1964)

imageYang satu ini terinspirasi dari Number Rods Montessori, secara konkret melalui berbagai panca indra C melihat , menyentuh dan dapat membedakan “1” – rod yang ini….”4″ rod nya lebih panjang dst…konsep dasar inilah yang menurut saya lebih penting karena seterusnya akan teringat oleh the little absorbent mind. Terus terang saja, memori saya kadang teringat lagi pada masa-masa saya TK atau awal SD, saya ingat betul kegiatan-kegiatan yang saya lakukan di rumah bersama my mom dan di sekolah TK & SD Santa Ursula tahun 90 an yang lalu hehe…saya masih ingat persis saya menanam kacang hijau, jatuh dari perosotan dll! Yeaayyy 0-6 years old  = mind like a sponge indeed!


Selanjutnya kami mengikuti kegiatan dari Math Guide Spielgaben Halaman 30 Play 8 berjudul “It Gets Longer and Longer” disarankan untuk anak usia 6 tahun dan kali ini kami menggunakan Spielgaben laci 8.
image

image

Pertama-tama saya perkenalkan dulu pada C bahwa stik terpendek mewakilkan “1” dst. Selanjutnya kami mulai melakukan kegiatan seru ini, kali ini tebakannya berapa banyak stik yang diperlukan untuk mencapai stik yang sama dan lebih panjang?

Saya suka sekali cara Spielgaben menjelaskan step by step cara penjelasan kita terhadap anak, ini helpful sekali menurut saya, jelas di guideline dituliskan kata-kata apa yang perlu kita tanyakan pada anak, apa yang perlu kita tekankan dll. Very very helpful to me!

image

Nah kira-kira seperti ini C diminta mencari stik-stik dengan panjang yang berbeda supaya sama panjang dengan stik 6. Variasi lainnya bisa diajak membuat “6” menggunakan 2 stik, 3 stik, 2 stik yang sama, 6 stik yang sama, 3 stik yang berbeda, dll.

image

Seru kan!

image

Selain itu beberapa saat yang lalu kami juga sempat eksplorasi pattern menggunakan Spielgaben V4. Saya membuat berbagai pattern dan C boleh membuat yang sama persis ataupun bebas membuat pattern lainnya. Seru loh! so simple but so meaningful. 

image

Nah ini salah satu Spielgaben Worksheet untuk anak Kindergarten yang berhubungan dengan Math Guide tadi, yang ini juga C kerjakan beberapa saat lalu atas pilihannya sendiri. Berbagai topik dapat dijelaskan menggunakan Math Guide yang dirancang oleh tim Spielgaben ini khususnya untuk anak SD 1- SD 6 seperti konsep probabilitas, ukuran, simetri, rotasi, geometri, mengenal jam, pemecahan masalah dll. Selain itu Spielgaben juga sesuai dengan konsep pendekatan Montessori itulah juga yang membuat saya jatuh hati dengan Spielgaben semenjak C bayi! Saya senang sekali membaca kegiatan anak-anak di UK, USA, Australia menggunakan set ini, bisa IMC  readers intip di sini . Saya menunggu dan menunggu sampai rencananya C berusia 3 tahun untuk mendapatkan this precious set, namun ternyata kami berjodoh dan Spielgaben meminta IMC untuk mengenalkan this wonderful set to Indonesia! Tahukah IMC Readers bahwa kita sangat beruntung? beberapa tahun lalu Spielgaben belum bisa didapatkan di Indonesia, beberapa sahabat saya yang menginginkan set ini harus memesan langsung dari Amerika plus biaya kirim yang jauhhhh lebih mahal jatuhnya di tambah lagi total berat laci & learning resourcenya yang sekitar 30 kilo! hihi kebayang donggg….beratnya dan jatuhnya jadi berapa..bersyukur sekali kalau sekarang Spielgaben sudah bisa didapatkan di Indonesia kapan saja di website Spielgaben Indonesia! Oh ya bagi yang homeschool bisa juga cek berbagai artikel Spielgaben yang betul-betul rich dan kaya informasi di blog mereka di sini. Dan untuk yang mau intip kegiatan homeschool kami menggunakan Spielgaben selama 8 bulan terakhir bisa di cek dikategori ini ya. Untuk cek kegiatan IMC dan IMC Readers menggunakan Spielgaben bisa di cek di #SpielgabenWithIMC #IMCLearnThroughSensesWithSpielgaben #Spielgaben

More Activities With SpielgabenV4

Pengenalan Berbagai Bentuk Geometri & Manfaatnya

Open Ended Activities With Spielgaben

Eksplorasi Konsep Simetri 

Pengenalan Konsep Panjang & Pendek

Pengenalan Warna & Bentuk

Eksplorasi Bangun Geometri

IMC Homeschool Activities

All About Spielgaben V4 Review

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

2 Comments

  • hallo momC, salam kenal ya..
    aku tertarik sekali dgn montesori. sbg calon ibu yg sbntar lg mau melahirkan, aku mau d bimbing buat montesori d rumah buat anakku dr mulai new born smpai besar nanti. trmksih

  • Wahhh suka bangettttt artikelnya serasa kembali ke ruang kelas dulu waktu belajar media penbelajaran matematika… ada teori jean piagetnya juga …
    Saya sebagai guru matematika tertarik sama spielgaben ini hohoooo mesti nabung ini mah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *