Gimana Cara Membahas Hal-Hal Yang Sulit Dengan Anak Ya?

Dear IMC moms, mungkin kebanyakan kita di sini memiliki anak usia dini ya. Namun saya mau sharing pengalaman saya sendiri grew up dan hobi curhat ke Mommy saya dulu. Mungkin dari semua siblings saya , saya ini paling hobi curhat …jadilah my mom saya ambil sendiri dan saya ajakin ngobrol berjam-jam (aduh kasihan ya adik-adik saya jadi dengerin aja deh…) hahahaa ya intinya menurut saya kedekatan dengan orang tua itu penting dipupuk sejak dini dan dipupuk terus sampai remaja bahkan sampai dewasa. Saya baru selesai curhat itu ketika saya merasa saya sudah lebih mantap dengan keputusan-keputusan hidup saya. Kadang masih hobi curhat dan gawat banget kalau udah ketemu my mom itu kita ga tidur, minimal tidur jam 3 pagi karena ada aja yang dibahas!! aduh betul-betul ENFP banget….apa sih yang menurut saya baik dari sesi curhat? saya merasa orang yang pertama dan paling bisa saya percayai ya orang tua saya. Kedua ya sibling saya…eh namun setelah menikah, suami saya masuk dan naik ke urutan pertama juga sih. Namunnn ini bicara sebelum menikah selama saya masih remaja ya. Saya bisa dibilang terbuka banget sama orang tua saya dan saya bersyukurr karena hal inilah yang sebetulnya membantu saya dalam membuat small decisions sampai pada akhirnya big decisions!

Percaya atau ga? kalau saya ini anaknya sebetulnya keras kepala banget tapi kalau orang tua saya komentar sesuatu tentang cowo tertentu, pasti cepat atau lambat saya ikutan agree. Cepat atau lambat , pasti akan saya putusin. Hahahahaa..atau saya cari ribut deh intinya sampe gerah juga. Siap-siap ya yang sudah punya anak tween di sini…..karena menurut saya apalagi jaman sekarang, anak-anak cepat banget besar dan ngerti ini itu so penting banget komunikasi dan kedekatan dengan orang tua. Dari sesi curhat berkelanjutan dengan my mom inilah saya belajar banyak hal, saya suka minta mommy ceritain tentang hidup dia, hidup nenek saya dll. I learned from other people life! dari situlah lama-lama intuisi saya meruncing (Apaaaa coba…) kira-kira kalau sudah besar saya mau kayak apa sih? saya mau jadi apa? apa yang ingin saya pursue? suami seperti apa yang masuk kriteria saya? dll.

 

Manfaat dekat dengan anak itu banyak loh, anak jadi lebih terbuka, percaya pada kita dan tentunya our voices speak louder than other things! So yes, meningkatkan self esteem anak itu sendiri. Nahhhh ada kalanya topik tertentu memang lebih sulit dibahas kan? mungkin bagi saya dan mommy saya sih ga ada yang sulit dibahas ya semua hal juga kita bahassssss hahahaahaha…tapi misalkan anda merasa ada topik tertentu yang sulit dibahas sekarang ada solusinya. I am so thankful ada nya buku-buku berkaitan dengan hal-hal yang some people think it is Taboo!!! well, it is NOT!

Beberapa bulan lalu saya ketemuan sama teman saya Tiffany Robyn Soetikno, kenal dia dari her mother yang suka sekali dan passionate dengan buku-buku juga sama seperti saya…so senang sekali kenalan dan ngobrol-ngobrol….Robyn ini masih mudah sekali (early 20s) namun ia baru saja meraih Young Woman Future Business Leader 2017 loh! COO dan Co-founder dari PT. Global Urban Esensial dan selain itu Robyn juga menyukai dan hobi sekali menulis dari ia masih SD! Yes, SD!

I was just wondering , apa sebetulnya yang memotivasi Robyn yang sudah super sibuk menjalankan berbagai perusahaan dan bisnis tetap pursuing her passion in writing? 

And it is just not writing, but writing to empower young women….!!!! 

Cerita horor dari adik-adik kelas tentang pengalaman mereka saat pertama kali dapet menstruasi ternyata yang memotivasi Robyn untuk membahas topik yang di anggap tabu oleh some people. Seriously!??? Kalau begitu aku thankful banget ya, my mom was very open minded and all…

Robyn sempat berpikir kenapa ya banyak anak perempuan yang kaget berat saat mens pertama kali, bingung mencari BH yang tepat dan sesuai atau merasa insecure terhadap bentuk tubuhnya.

Robyn suka sekali membaca, ngobrol sama Robyn sebentar aja pasti tahu this young lady knew a lot! dari kecil sampai sekarang ia menyukai picture books seperti Amelia Bedelia, Madeline, In My heart : a Book of Feelings. Nowadays, Robyn lebih suka menghabiskan waktu untuk membaca dan memperkaya diri dengan berbagai business books. 

Salah satu buku dari 8 buku I Am Me Series yang kusukai adalah” I am Perfect”, ini menyuarakan suara hatiku banget. Every little boys and girls must know that they are PERFECT just the way they are! Dan kita sebagai orang tualah yang harusnya menyampaikan itu kepada anak kita, mereka berarti, baik apa adanya, diciptakan sempurna dimata kita khususnya, orang tua mereka. That they are loved…

Selanjutnya buku tentang keamanan menggunakan internet juga penting banget untuk generasi sekarang ini….semakin banyak anak-anak tween memiliki akses ke internet, this is important to know!

Dari mana sih semua ide keren Robyn ini? dan bagaimana ya ia bagi waktu antara menjalankan beberapa perusahaan dan bisnis serta menulis 8 buku dalam 1 tahun ini?

Robyn mengaku ia menulis buku di hari Sabtu, Minggu dan setelah jam kerja. Sehari-hari ia bekerja dan memiliki Start Up kesehatan dengan based di Jakarta bernama GueSehat dan GoApotik di sini ia mendapat kesempatan untuk memimpin tim dan membangun platform untuk improve kesehatan di Indonesia.

 

Amazing ya!!!!! salut untuk Robyn, masih muda dengan sejuta talenta dan ide!! langsung saja I am me Series kuhadiahkan untuk adikku yang remaja dan teman dekat yang memiliki anak pra-remaja. Hope they got the right and real messages from the start! 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *