Mengenalkan Nilai Uang Lewat Permainan

Hi Moms, tahun ini C sudah berusia 5 tahun tentunya semakin banyak hal yang ingin saya kenalkan pada C salah satunya adalah tentang nilai uang. Salah satu tujuannya supaya nantinya C bisa bertanggung jawab dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab dalam mengelola keuangannya sendiri….heheehehe dan dengan demikian ga merepotkan orang lain, ya ga sihhhh? Nah kadang kalau saya mengajak C pergi ke pasar swalayan (grocery store) , C suka mulai minta ini itu, padahal dulu ga loh…kalau yang memang kebetulan mau dibeli saya ga masalah tapi kalau di luar itu saya perlu takes time memberikan pengertian hehehe tugas lagi deh ya…selain itu saya juga berusaha memberikan contoh dengan berhitung cepat saat berbelanja.

Saya sadar, hal-hal seperti ini ga mudah dan ga sekali dua kali saja dikenalkan ya Mom, akhirnya saya memutusukan to make it fun dan di rumah dikenalkan lagi dengan konsep berbelanja ini. Nah pada usia 5 tahun anak biasanya sudah mengenal konsep tambah kan jadi bisa sekalian diterapkan juga yang sederhana dan sesuai dengan anak masing-masing ya. Konsep kembalian saat berbelanja, dll.

Penting sekali untuk saya mengenalkan C pada konsep ini terutama diusianya yang 5 tahun ini, semakin ia sadar saya berharap ia bisa budgeting sendiri dan dengan lebih mudah berpikir sendiri tentang wants VS needs saat ia lebih besar. AMIN!!!!!

Nah, saya berikan harga-harga seperti ini untuk mainan C…pura-puranya ini mau buat toko yaaa

Saya menggunakan kepingan kayu dari Spielgaben dan kami beri label harga juga…

Selanjutnya ada berbagai variasi kegiatan, anda bisa memberikan sejumlah uang pada anak untuk dibelanjakan. Anda juga bisa mengajak anak untuk menjadi penjual dan mencatat inventory dari barang-barang yang di jual. Anda bisa berpura-pura menjadi toko dan anak si pembelinya dan sebaliknya. Setelah berbelanja,anda bisa memberikan atau meminta kembalian , dll.

Seru ya? yuk di coba!!!!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *