Mengenalkan Not Balok Pada Anak Usia Dini

tip mengenalkan musik pada anak

Absennnn, siapa yang di sini jago main piano? celo? gitar? seruling? rebana? yayyy hahahaa any musical instruments deh pokoknya! saya termasuk mediocre…lagi-lagi biasa saja. Saya belajar piano semenjak kecil sampai saya berhenti pada usia belasan tahun. Sebetulnya sih karena gurunya galak bangetttt…ughhh..tapi menurut saya , saya juga tidak terlalu spesial atau berbakat di bidang itu. Adik-adik saya yang perempuan lebih bisa deh yang begini, jago improvisasi, hanya dengan mendengar lagu langsung bisa memaikan yahhh begitulah!! hehehee namun hal ini tidak mengurung niat saya untuk mengenalkan C pada dasar musik.

Saya menyadari adanya hal-hal yang positif yang didapat dengan mengenal cara bermain musik, selain menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan anak, bermain musik juga dapat dijadikan hobi dan salah satu bentuk relaksasi saat jenuh. Selain itu, untuk anak usia dini, alunan musik dapat memberi stimulasi yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Hmmm, saya tidak handal dalam bermain musik (bisa sih tapi ga sampai jagoooo gitu ala guru….) bukan berarti saya tidak menyukai atau menikmati musik loh. Bisa dikatakan selera musik saya agak berat gitu…hahahahaa saya prefer musik klasik dan jazz dibandingkan dengan jenis musik lainnya. Saya juga enjoy menonton orkestra dan pagi siang malam ketika menyetir mobil saya menyalakan either classic or jazz. Well, emang sih pas lagi ABG ya sok asik juga, tapi to be honest…I love something more classic dan ga cuma trend seketika hahahaa….So selama saya mengandung sampai melahirkan sampai saat ini saya menulis saya selalu ditemani alunan musik. Alunan kali ini dari Pachelbel , Canon in D. So beautiful…so soothing and relaxing…I really think those composers are genius!

Nah, gimana ya caranya untuk mengenalkan anak pada not balok? seperti halnya pada belajar membaca, membaca not balok memiliki seni tersendiri dan bahasa tersendiri. Salah satu tujuannya adalah ketika anak melihat not balok, ia bisa sight reading gitu langsung dapat membaca dan memainkan not baloknya di alat musik.

Awal sekali waktu C masih bayi, saya mengenalkan C dengan nada-nada menggunakan bel tangan dan sekarang saya mengenalkan berbagai not balok pada C secara langsung dan juga menggunakan alat manipulasi. Kali ini saya menggunakan berbagai loose parts dari laci Spielgaben kami.

Menggunakan stik dan bangun geometri serta wooden dots saya mengenalkan C pada berbagai not balok.

Ini “C” letaknya di sini ya, crochet C.

Selanjutnya ini “D”

Dan naik lagi ini “E” ada di garis pertama….

“F” ada di kolom pertama….kunci G atau Treble Clef

“G” yang ini G yaaa…

Kalau tadi Trebel Clef, sekarang kita kenalan dengan Bass Clef ya!

Yuk, kenalkan si kecil ! untuk printable kartu not balok dan simbol dapat diunduh di sini ya.

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *