Montessori di Rumah : Cuci Tangan Sendiri , Belajar Mandiri Yuk!

montessori di rumah dettol gold

Dear IMC readers, bagi yang setia mengikuti IMC posting dan artikel pasti tahu ya kalau salah satu aspek yang adalah juga the heart of Montessori approach adalah kegiatan keterampilan hidup (Practical Life). Saya pribadi juga banyak sharing mengapa dan apa yang membuat saya mengenalkan C pada banyak kegiatan keterampilan hidup semenjak ia berusia 1 tahun. Menurut observasi Montessori, anak-anak yang mandiri, dapat melakukan berbagai kegiatan sehari-hari sendiri akan lebih bahagia. Mengapa? karena anak-anak usia dini apabila diberikan kesempatan untuk mencoba sendiri akan menimbulkan rasa percaya diri dan kepuasan tersendiri.

“Under the urge of nature and according to the laws of development, though not understood by the adult, the child is obliged to be serious about two fundamental things … the first is the love of activity… The second fundamental thing is independence.”

Salah satu kegiatan keterampilan hidup yang bisa dikenalkan untuk anak usia mulai dari 2.5-3 tahun adalah mencuci tangan sendiri yang adalah salah satu kegiatan bagaimana seorang anak belajar bertanggung jawab, mandiri membersihkan tangannya sendiri.

montessori di rumah

Ada beberapa cara untuk mengenalkan si kecil yakni dengan bercerita melalui storytime mengenai cuci tangan, apa pentingnya dan kira-kira bagaimana caranya? selanjutnya anda dapat mengundang anak dengan menyiapkan kondisi yang mengundang kemandirian seperti menyiapkan stool supaya anak dapat berdiri sendiri saat mencuci tangan, bahkan untuk anak yang lebih kecil anda dapat menyediakan wadah cuci tangan di tempat yang terjangkau sehingga si kecil bisa membersihkan tangannya di wadah yang terjangkau tersebut. Supaya selalu aman saya menggunakan wooden kitchen helper sehingga C dapat berdiri dan menjangkau sink di rumah serta membantu dirinya sendiri mencuci tangan.

montessori di rumah

Selain itu anda juga dapat menyampaikan informasi tentang mencuci tangan, menjaga kebersihan lewat buku cerita ya! dengan cerita diharapkan si kecil lebih mengerti tentang pentingnya menjaga kebersihan dan mencuci tangan. Memang pada awalnya tentunya si kecil masih membutuhkan banyak bantuan – Which is totally fine!

image

Untuk C yang aktif dan suka bermain di luar, bermain sensori , dan melakukan berbagai aktivitas penting sekali untuk saya terkadang mengingatkan C untuk mencuci tangan terlebih dahulu setelah bermain, sebelum makan dan sesudah makan, setelah ke kamar kecil dll. Terus terang, terkadang kuncinya adalah konsisten dan memang tidak mudah ya! namun sebagai orang tua saya masih berusaha terus untuk mengingatkan C dan menjelaskan C akan pentingnya mencuci tangan setelah berkegiatan. Progress..progress..progresss….akhir-akhir ini C sudah lebih menyadari pentingnya menjaga kebersihan dan malah keasikan sendiri kalau cuci tangan ….cukup lama…biasanya diakhiri meniup busa , bermain tenggelam dan terapung dsb! hehe Really!

“Little children, from the moment they are weaned, are making their way toward independence.” – Maria Montessori


Kalau mendengar “Dettol” hal yang pertama terpikir oleh saya adalah antiseptik Dettol yang legendaris itu , siapa sih yang tidak tahu atau tidak punya Dettol antiseptik serba guna itu? bahkan bulan lalu saat saya bersama keluarga jalan-jalan ke United Kingdom wahh cukup amazed juga ternyata di berbagai supermarket ada banyak produk Dettol loh! Telusur punya telurus ternyata produk unggulan dari Reckitt Benckiser ini lahirnya di United Kingdom sekitar 80 tahun yang lalu dan lahir dari penggunaan produk antiseptik dalam proses operasi , termasuk persalinan dan juga untuk membersihkan luka di rumah sakit di United Kingdom. Ah-Ha Moment!

FullSizeRender (42)

Ta daaa ini salah satu produk yang saya temukan di supermarket di London dan tentunya segera dibeli – handy untuk dibawa-bawa terutama untuk C yang aktif !

reckitt benckinser united kingdom

EXCITED ketika mendapat kesempatan dari Dettol Indonesia untuk mencoba produk-produk terbaru Dettol Gold – Classic Clean dan Daily Clean , kalau biasanya yang kami gunakan dari produk Dettol adalah produk antiseptiknya yang manjur itu kali ini kami berkesempatan mencoba Dettol Gold , mulai dari sabun batang , sabun mandi cair dan juga sabun tangannya. Ketika C pertama mencoba sabun tangan Dettol Gold komentar C langsung “Looks like Honey , Mommy!” hahaha betul juga loh setelah saya perhatikan ternyata mirip madu baik warnanya, teksturnya dan juga harumnya...so sweet! kebetulan akhir-akhir ini C juga sudah saya kenalkan dengan kegiatan Practical Life Montessori , mencuci tangan sendiri…pas sekali langsung aja C minta untuk coba…ooppssss langsung habis 1/2 botol! haha bagaimana tidak kalau setiap sesi “Belajar Cuci Tangan Sendiri” berakhir dengan main busa, meniup busa dan juga eksplorasi sains seperti mengapung dan tenggelam!

imageSetelah cuci tangan menggunakan Dettol Gold Hand Wash terasa bersih dan squeaky clean gitu! Mengingat C yang kalau main itu di luar, guling-guling, semua dipegang, Reggio inspired mengumpulkan semua daun, batu, kayu-kayu di taman…rasanya C perlu perlindungan lebih terutama terhadap kuman ya! Untuk saya sendiri, sebagai seorang Ibu yang memiliki background Food Scientist kurang lebih saya cukup paham terhadap mikrobiologi – Nope saya ngga obsesif terhadap kebersihan kok, ada bakteri yang berguna juga untuk kehidupan kita sehari-hari loh. Saya aware bahwa kita perlu cuci tangan sekitar 90 detik setelah handling benda-benda yang berkemungkinan membawa kuman penyakit. So Dettol Gold Hand Soap is a must on my kitchen too! Sering kali kita sebagai Ibu mungkin tidak sadar, let’s say habis pergi ke pasar / grocery lalu lupa mencuci tangan sebelum melakukan kegiatan lainnya , nah dengan menggunakan Dettol Gold Hand Soap dengan perlindungan lebih baik dengan formula terbaik tangan saya jadi lebih bersih dan bebas kuman!

Nah bagi IMC Mommies yang ingin mulai menerapkan kebiasaan sehat untuk si kecil bisa di mulai sejak dini ya! awalnya bisa kita kenalkan dengan mencuci tangan di sebuah wadah, baru ketika si kecil sudah mengerti langkahnya bisa langsung di sink. Apa sih tahap-tahap dan guideline mencuci tangan yang baik untuk tangan yang lebih sehat?

  • Cucilah tangan sekitar 60-90 detik
  • Basahi tangan dengan air secukupnya
  • Tuang sabun cuci tangan Dettol Gold Hand Soap secukupnya – yang satu ini masih sulit nih, karena C cenderung banyak ambilnya…katanya sih supaya lebih Foamy and Soapy! (Ok!)
  • Usapkan kedua telapak tangan anda, jari-jari dan sela-sela jari anda
  • Gosok juga kuku-kuku dan punggung tangan anda
  • Setelah selesai bilaslah sampai bersih dengan air
  • Keringkan tangan anda menggunakan handuk bersih

Untuk kegiatan Montessori inspired lainnya di rumah, anda juga dapat membacakan cerita yang berhubungan dengan menjaga kebersihan dan memberikan invitation dengan printable gratis bertemakan kebersihan :

Germs are not for sharing – Lembar Mewarnai Gratis

Printable Wash Hand – Sequence

Germs Worksheet for Bigger Kids

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *