Montessori Geografi – Pengenalan Daratan & Lautan Anak Prasekolah

pengenalan geografi daratan dan lautan

Setelah beberapa bulan lalu kami melakukan kegiatan pengenalan dengan geografi menggunakan bola dunia,  puzzle geografi dll yang sangat menarik di artikel terdahulu, kali ini saya sengaja menyiapkan kegiatan pengenalan konsep daratan dan lautan serta pengenalan berbagai bentuk daratan seperti pulau, teluk, semenanjung, dll.

Montessori DIY buatan sendiri

Kegiatan kali ini terinspirasi dari materi kebudayaan – geografi kurikulum prasekolah dari pendekatan Montessori dan menggunakan beberapa bahan yang sudah ada di rumah saya coba untuk membuat alat peraga Montessori-inspired.

pengenalan geografi daratan dan lautan

Bahan-bahan yang saya gunakan kali ini adalah kertas amplas berwarna netral, kain felt berwarna dasar biru, lem dan gunting. Serta sudah saya siapkan juga berbagai kartu nomenklatur printable montessori yang IMC-ers bisa unduh di akhir artikel nanti.

montessori geografiSelain itu saya berikan juga undangan untuk mengenal habitat makluk hidup khususnya hewan menggunakan buku terbitan Templar UK berjudul “How Animals Live” di sini diceritakan secara menarik berbagai habitat hewan yang detilnya bisa IMC readers lihat di sini.

“The environment must be rich in motives which lend interest to activity and invite the child to conduct his own experiences.”
― Maria Montessori

pengenalan darat laut montessori geografi PAUD

Nah ini lebih jelasnya ya, setelah digunting kertas amplasnya dah di tempel ke kain felt biru yang mewakilkan lautan,  DIY IMC Land & Water Forms ini dapat dijadikan alat pengenalan 2 dimensi untuk anak prasekolah. Selanjutnya kami juga eksplorasi langsung menggunakan permainan sensori yang idenya terinspirasi masih dari Land & Water concept yang ini seru sekali, tidak pernah nolak kalau sudah melihat undangan bermain sensori seperti ini !

ide permainan sensori anak tk tema bumi

Langsung saja C mulai mengeluarkan mainan-mainannya mulai dari bis bertingkat, jerapah, bintang laut dll semuanya C langsung letakkan sebagian di daratan yang diwakilkan oleh Kinetic Sand WABA FUN Sweden dari Calypso Land sedangkan untuk lautan sengaja saya berikan air berwarna biru yang mewakilkan lautan serta Kinetic Sand berwarna biru WABA FUN Sweden yang juga mewakilkan lautan.

montessori geografi anak usia dini PAUD kegiatan TK

Nah kalau bis bertingkat C taruh di daratan , ceritanya ini danau ya! “Ikan-ikan di lautan, ikan tinggal di air berenang-renang…kalau jerapah di daratan..” kata C.

“Scientific observation then has established that education is not what the teacher gives; education is a natural process spontaneously carried out by the human individual, and is acquired not by listening to words but by experiences upon the environment.”
― Maria Montessori

kinetic sand waba fun indonesia“lake” danau….ceritanya yang biru ini di tengah danau ya!!

Sebelumnya juga saya siapkan kegiatan daratan saja dan lautan saja, dan video cuplikan di atas adalah video cuplikan sensori bertemakan “coral reef”.

montessori coral reef animal habitat

Sensory play yang ini dibuat dari biji selasih yang diberi warna, cantik ya…ceritanya mewakilkan batuan karang warna-warni, apa saja yang tinggal di sekitarnya C?

ide permainan sensori anak usia TK

Dengan kegiatan ini diharapkan pengenalan konsep daratan dan lautan menjadi nyata untuk anak prasekolah, sekaligus memudahkan untuk anak prasekolah membedakan tempat tinggal makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

“We cannot know the consequences of suppressing a child’s spontaneity when he is just beginning to be active. We may even suffocate life itself. That humanity which is revealed in all its intellectual splendor during the sweet and tender age of childhood should be respected with a kind of religious veneration. It is like the sun which appears at dawn or a flower just beginning to bloom. Education cannot be effective unless it helps a child to open up himself to life.”
― Maria Montessori

pasir kinetik indonesia

Berbagai ide pengenalan lautan dan daratan dapat IMC readers terapkan di rumah dengan membuat sendiri dari kertas amplas dan bahan felt untuk alat peraga 2 dimensinya. Sedangkan untuk filler permainan sensori yang aman serta mudah untuk dibersihkan kami menggunakan pasir kinetik (Kinetic Sand WABA FUN buatan Swedia) yang sudah memenuhi seluruh standar keamanan internasional ASTM, untuk berbagai mainan edukasi lengkap & alat peraga geografi lainnya untuk anak usia prasekolah dapat didapatkan di Calypso Land. Hugg-A-Planet Globe & Geo Puzzle dapat didapatkan di sini , serta buku “How Animals Live” terbitan TEMPLAR UK bisa didapatkan di sini.

Unduh dan cetak berbagai printable Montessori untuk kegiatan pengenalan lautan dan daratan di rumah untuk anak prasekolah di bawah ya! Have Fun , semoga berguna 🙂

Nomenklatur Daratan & Lautan Montessori

Kartu Definisi Daratan & Lautan

Land , Water , Air Printable

27 Kartu Bentuk Daratan 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *