Kegiatan Montessori ,Nature Walk, Daun dan Bagian-Bagian Daun

Good morning IMC Mommies! betul kalau dibilang akhir-akhir ini agak pendiam , bukan karena tiba-tiba saya berubah jadi dieman hehee bukan sama sekali tapi karena saya sedang finalisasi buku-buku saya, jadi saya musti fokus dulu nih… oh ya, setelah tertunda beberapa saat saya mau cerita tentang nature walk yang biasanya saya dan C lakukan saat di Southern California.

 

Mungkin karena cuacanya dan suasananya yang mendukung banget, selama di california rasanya natural aja untuk sering nature walk baik di pagi hari maupun di sore hari. Berangakat dengan berbekalkan snack, bag untuk menyimpan temuan kita , C biasanya bisa either bawa sepeda atau naik scooter. Tujuannya selama nature walk dengan c adalah mengenalkan C secara langsung pada alam.

C bebas berhenti di mana saja dan kapan saja mengamati entah apa saja yang menarik perhatiannya. Misalkan C tiba-tiba tertarik dengan snail, C bisa tiba-tiba jongkok dan merhatiin …terus ketika selesai baru jalan lagi. Selanjutnya C melihat jenis bunga tertentu, ketika ia curious ia akan mendekati bunga tersebut dan tanya-tanya.

 

Iya! kadang saya juga kurang tahu nama jenis tanamannya tapi ga masalah setidaknya C kenalan ada berbagai jenis toh… seperti di singapura C menemukan tumbuhan putri malu di depan halte bus hihi langsung ia sentuh-sentuh cukup lama ya sampai orang-orang lihatin kami !

Saya ga masalah dilihatin, kadang saya lihatin balik supaya kita saling bertatapan. -___- Hahaa maksud saya, saat ini di singapura kesempatan untuk nature walk begitu kan lebih jarang, saya mungkin rencana akan membawa C ke tempat khusus seperti reserve dll soon nih sehabis buku-buku saya selesai…tapi kalau anda tinggal di kota besar berhubung mungkin kesempatan mau nature walk ga langsung muncul di depan mata, boleh lah dengan mini nature walk 😅 seperti lihat-lihat daun dan bunga di pekarangan rumah sendiri maupun rumah tetangga ohh atau di rumah kakek nenek, karena biasanya mereka lebih suka berkebun , ya kan?

Nahhh setelah C kenalan dan lihat-lihat, ohhh daun itu ada macam-macam ya….baru dehh dia tertarik. Di rumah ketika lihat saya sedang menyiapkan free #IMCPrintable bagian-bagian daun langsung pengen, C ngomongnya gini “Mau kegiatan daun…” yang satu ini dapat digunakan untuk contoh kegiatan montessori di rumah yakni mencocokkan kartu daun + penjelasan nya. Untuk yang ingin mengenalkan kosa kata dalam bahasa inggris juga ada kartunya, kalau saya kebalikan ingin memperkaya kosa kata bahasa indonesia C hehehe

 

Nah sekarang di singapura kalau melihat dahn berjatuhan dari pohon suka langsung celoteh “mau kegiatan daun, mau paint daun…mau cuci daun..” terus nanya juga “ga ada fall season kenapa daunnua juga jadi coklat di asia?” 😅 yang ini saya belum jawab , mommy semedi dulu ya… karena kalau saya jawab kering aja kayanya kurang gregettt nanti ditanya-tanya lagi…yang dia curious itu kan di Amerika dia afal banget ada musim gugur dan daunnya ke orange an lalu coklat dan gugur… haahahhaa Enjoy exploring with your loved one!

 

IMCPrintable_Kartu_Montessori_Bagian_Daun (1)

IMCPrintable_Montessori_Nomenclature_Parts_Of_Leafs (2)

Hope these will be useful for all of us! #IMCPrintable

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

2 Comments

  • It’s very useful for me. I am teach special needs child with asperger. You are very generous. Thank you and God bless you Ms. Elvina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *