One Fine Morning With Spielgaben – Open Ended Activities

spielgaben indonesia review

Dear IMC readers, mumpung kami lagi ga travel (and soon akan travel lagii….) C betul-betul puas-puasin melepas kangen dengan “harta karunnya” haha…seperti beberapa hari lalu C insiatif ingin eksplorasi bebas menggunakan Spielgaben V4 nya!

Bagi yang mungkin baru membaca IMC website, bisa di cek di sini seluruh kumpulan kegiatan homeschool IMC menggunakan aparatus dari Spielgaben.com ya!

Banyak dari IMC readers yang personally menanyakan kepada saya apa yang membuat saya menyukai aparatus dari Spielgaben dan menggunakannya dalam kegiatan edukatif kami sehari-hari di rumah, mengingat harganya yang juga cukup tinggi tentunya banyak sekali IMC readers yang tertarik namun berpikir dan berdiskusi dulu dengan suami. Ya kan?

spielgaben indonesiamontessori review

Bagi saya pribadi saya menggunakan aparatus dan ide-ide learning resource dari Spielgaben V4 ini rata-rata saya hitung 2-3x dalam seminggu. Ada kalanya hampir setiap hari, ada kalanya lebih jarang contohnya saat kami berpergian dan tentunya kami tidak dapat membawa perangkat ini. Namun banyak IMC readers yang bertanya-tanya , apa bedanya sih Spielgaben set dengan alat-alat main lainnya? ada 2 hal yang menurut saya dimiliki Spielgaben yang membuat hal ini unggul di mata saya. Yang pertama adalah Learning Resource Spielgaben yang berisi ribuan ide kegiatan edukatif mulai dari usia 3-12 tahun! saya melihat disitu terutama untuk konsep matematika betul-betul membantu untuk kita sebagai home educator untuk menjelaskan pada anak, mereka memberikan step by step cara menjelaskanya! Bagi saya Learning Resource ini adalah kekayaan yang tidak dimiliki oleh produk-produk lainnya, hey let me tell you! it is NOT the items, it is how you execute the “stuffs”! It is the IDEAS that is valueable , it is the WISDOM behind the stuff that make it priceless 🙂 Suatu balok sama saja dengan balok lainnya apabila anda lihat sekilas, namun tergantung balok itu di tangan siapa dan dengan ide apa tentunya balok itu bernilai lain 🙂 Another thing, I do BELIEVE in hak intelektual , hal ini adalah hak milik , hasil karya dan cipta seseorang yang adalah suatu wisdom yang tidak begitu saja dapat ditiru oleh orang lain. Sebagai suami istri yang berlatar scientist, saya sangat menghargai hak penemuan, hak cipta dan paten dll.  Kedua, tidak bisa saya pungkiri bahwa kualitas , kehalusan dan presisi dari Spielgaben selama ini sangat-sangat unggul…sudah lebih dari 6 bulan kami menggunakan aparatus ini dan detiap kali menyentuhnya seperti baru saja dan membuat gembira…entah karena warnanya, kehalusan buatannya ataupun presisi yang mereka buat C tampak sangat tertarik selalu. Nanti cek ya video di bawah C lagi main! terus terang di Amerika ini kami sangat concern dengan produk yang menggunakan cat, bahkan banyak dari orang tua memiliki LEAD Detector untuk mengetes sendiri suatu kandungan dalam alat main anaknya.

image

Nah di kesempatan kali ini saya akan share bagaimana dari satu laci C eksplorasi bebas dalam 2 jam pagi tadi. Biasanya saya biarkan C membuka sendiri dan memilih kegiatan yang ia inginkan dari 4 folder Spielgaben. Kali ini C memilih membuat bangunan-bangunan, sepertinya C memang sedang pada periode sensitif menyukai permainan konstruksi deh , hampir setiap hariiiii tiada hari tanpa nyusun-nyusun dan membuat sesuatu , mommy sih senang sekali lihatnya hehe!

image

Selanjutnya C juga memilih untuk membuat pattern Mandala yang sangat indah ini, all by himself! cek videonya di bawah ya 🙂

imageKeren kan!!! yang satu ini memang salah satu kegiatan yang dari 6 bulan lalu C minati, somehow ia naturally tertarik saja dengan bentuk-bentuk geometri . Tentunya saya mendukung karena saya menyadari bahwa mengenal dan hands on dengan bangun geometri bahkan sejak bayi adalah suatu hal dasar yang kemudian berguna pada saat si kecil mengenal abjad dan belajar membaca dan menulis loh!

Ini lanjutannya…

Nah menurut pengalaman saya dan beberapa teman sesama pengguna Spielgaben, setiap anak memiliki ketertarikan yang berbeda dan hal ini sah-sah saja. Ada anak yang tertarik dengan kegiatan tangram, mandala seperti C, ada yang lebih tertarik dengan bola-bola Spielgaben, ada anak yang tertarik dengan hal lainnya, semuanya baik-baik saja dan selama ia enjoy mereka akan mendapatkan hal yang positif dari berbagai kegiatan hands on ini.

image

Yang satu ini kegiatan pilihan C, ia sendiri melihat contoh di Math Guide Spielgaben yang uhmmm sebetulnya belum usia C, ia melihat di contoh tersebut bagi-bagi bola, so ya udah ia juga mau bagi-bagi bola…hahaha well kalau seperti ini tampak menarik dan juga mudah di mengerti ya ? bagi saya Spielgaben set ini akan semakin banyak terpakai pada saat C nanti berusia 5 tahun ke atas untuk konsep-konsep dasar matematika lainnya…anda bisa terkagum-kagum dengan Learning Resourcesnya, kok bisa sih jelasin anak konsep dengan menggunakan ini? eh tapi ada satu syarat dulu ya, kalau ingin penggunaan Spielgaben ini maksimal, janjilah pada diri anda sendiri atau suami atau pendidik rumah untuk involve dan rajin baca panduannya….kalau tidak menurut saya sayang…hanya dipajang saja 🙂

image

Open Ended Spring Themed….yang ini bebas-bebas saja kombinasi dari berbagai laci Spielgaben bertemakan bunga-bunga yang bermekaran di musim semi yang baru tiba ini !

So IMC Readers, kalau anda bertanya pada saya personally dari sisi ekonomis, saran saya tanyakan pada diri anda sendiri, seberapa besar tekad anda untuk berkegiatan dengan si kecil menggunakan aparatus ini, apakah anda siap menyisihkan waktu untuk mempelajari dan membaca dulu Learning Resourcenya yang sangat berharga itu? apakah anda konsisten berkegiatan ? yes meskipun anda menggunakan hanya 2 kali seminggu berarti anda menggunakannya 2 x 52 minggu = 104 kali dalam 1 tahun. Dan apabila anda bertekad kuat menggunakan aparatus ini di tahun-tahun mendatang 12 tahun – 3 tahun = 9 tahun , well jadi 104 kali x 9 tahun ….minimal kurang lebih anda menggunakan aparatus ini 1000 kali selama anak berusia 3-12 tahun, dan kalau anak anda ada 2 atau 3 silahkan dikalikan sendiri…Ok let’s say harga rata-rata aparatus ini 580USD$ ? well anda bagi itu dengan 1000 kali jadi jatuhnya per kali anda mainkan adalah tepat di 7.540 IDR !!! jadi mahal atau murah itu relatif ya IMC Readers pandai-pandailah berhitung bukan hanya face value nya namun the real value dari suatu benda….sama kok IMC Readers, kalau anda mengerti soal saham, which one do you prefer? APPL Stock? or some Penny stock? anda tentu selalu berpikir ke depan, jangka panjang, prediksi kemajuan dan nilai sesungguhnya yang di miliki oleh suatu perusahaan (in this case APPLE) dibandingkan dengan Penny Stock yang anda beli dari perusahaan yang mungkin anda tidak jelas , tidak tahu arahnya dan nilai sesungguhnya apabila perusahaan itu bankrupt ! Di mata saya jauh lebih baik berinvestasi aparatus dan alat edukasi yang berkualitas tinggi dengan resource yang betul-betul memperkaya kita sebagai home educator , karena mungkin terlihat “mahal” di awal namun value yang anda dapatkan, kualitas serta keamanan bahan juga terjamin. Cara pandang saya selalu dalam memilih mainan bukan semata-mata hanya harganya….saya memilih untuk tidak membeli mainan sama sekali apabila saya tidak yakin dengan kualitas dan buatannya serta keawetannya , saya lebih believe untuk membuat sendiri mainan untuk anak saya menggunakan bahan-bahan alami, recycle(daur ulang), bahan alam , daun-daunan , alat-alat prakarya, biji-bijian dll dan menabung untuk membeli beberapa saja yang menurut saya awet, memiliki value yang tinggi , bisa digunakan turun temurun dan masih ada harganya apabila di preloved. Nah bagi saya di sini (di Amerika) mendapatkan mainan preloved ataupun menjual mainan yang sudah tidak digunakan adalah hal lazim…tapi saya perhatikan mainan-mainan yang masih memiliki nilai saat anda preloved tentunya mainan dengan kualitas terjamin dan memiliki bukti keamanan serta sepak terjang yang jelas, hal ini sudah lazim di Amerika. Semoga penjelasan saya ini membantu bagi yang banyak bertanya tentang aparatus Spielgaben ya!

 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *