Our Fun Montessori Inspired Playdate Today! Update from me :)

Dear IMC readers, akhirnya jadwal kegiatan kami berangsur kembali juga nih…udah ngga jetlag hehe! hari ini saya bangun sekitar jam 4 pagi hehe – why so early? suami saya selalu tanya begitu…hehehe rata-rata kita sudah tidur jam 9 an sih…dan biasa bangun jam 5, namun akhir-akhir ini jadwal saya sedang padat sekali berbagai projek perlu diselesaikan sebelum C terbangun…so the only time saya bisa kerjakan subuh itu atau sekarang di saat C sedang tidur siang 🙂 bagi yang nanya dan penasaran projek apa? stay tuned aja ya sebentar lagi saya reveal, yang pasti seru!

Oh ya, hari ini seruuu banget…karena selama ini kita sering travel dan musim nya pergantian cuaca…C jadi jarang bertemu dengan his little friends! nah karena sekarang cuacanya lebih enak dan juga udah ga musim gantian sakit…bisa lebih sering main bareng. Seru banget, sebetulnya pagi ini kita rencana mau ke park sebelah rumah…iya yang besar dan berpasir itu…namun sepertinya agak panas…jadi unplanned undang teman-teman C ke rumah aja …sebelumnya tadipagi jam 7 an saya dan C udah ngafe berdua hehe lalu pulang dan siap-siap dikit dan akhirnya jam 9 pagi teman-teman C datang D & C! C selalu excited sekarang kalau dengar suara bel dia menebak-nebak, either pak pos atau temannya…hehehe nah C langsung berlarian ke pintu dan harus C yang bukain pintu…HII HELLLLO!!!! Mereka langsung excited bertiga…lucu ya!

Nah karena terus terang saya masih sibuk sekali belum selesai beres-beres setelah travel dan kerjaan saya menumpuk akhirnya saya sediakan yang praktis aja. Untungnya teman saya ini tipenya praktis juga jadi kita fine fine aja, dia bawa snack saya siapkan roti that’s it! untuk kegiatanpun ngga direncakan gimana-gimana, come to the rescue KineticSand WABA FUN buatan Sweden yang sudah lama kami miliki. Yang warna natural saya belikan C pada saat ia usia 1 tahunan saat itu ia masih main-main random aja, sekarang jauh lebih sukaaaa dan bisa cetak-cetak. Saya sediakan 3 wadah untuk ditaruh 3 macam warna pasir berbeda. Reaksi mereka bertiga langsung excited tentunya, praktis aja keluar semua cetak-cetakan , mobil-mobilan, sendok dll. Yay bebassss…selama 1 jam an di halaman rumah ketiga teman ini bermain seru-seruan, ada kalanya rebutan, terus asikkk balik lagi. Senang sekali lihat mereka udah semakin ngerti main bareng secara kooperatif loh! Nah mommy D&C ini rupanya udah punya pasir kinetik di rumahnya (hmmm..bukan WABAFUN tapi). Mommy D&C awalnya kaget karena D&C kok mauuu ya main KineticSand WABA FUN nya C? karena menurut cerita sang mommyDC di rumah itu ga mau,ga dimainkan cuma di aur-aur in aja terus lap-lap tangan…akhirnya mommyDC nyobain…hahaha ehh dia ketagihan sendiri tuh, katanya teksturnya beda ga lengket dan ngga ceceran…akhirnya mommyDC malah motong-motong sambil bisik-bisik “I feel guilty nih…salah kasi pasir…ternyata anakku suka!” hahahaha…suka bangett ini fotonya ya…ya ampun ternyata MomDC belinya pasir kinetik yang lain bukan yang dari Swedia ini! dari awal saya menemukan KineticSand ini 2-3 tahun lalu di US saya memang langsung beli yang buatan Swedia karena saya pribadi selalu cek apakah sudah di tes bahannya dll. Meskipun sebelah taman rumah kami ada hampaaaraann pasir besarrr namun pasir kinetik ininkami sukai untuk indoor…C biasa main-main saat saya do other things…meskipun berantakan tapi ngga terlalu ceceran sampai butir-butiran jadi easy to clean!

kinetic sand wabafun

Asikkk banget deh bertiga, mommies nya juga senang lihatnya bisa duduk piknik ngobrol gitu…eh ketemu ladybug mereka bertiga langsung merhatiin dan curious gitu loh!

image

Good idea, yukkk buat Planet dari KineticSand kita! kedua buku ini adalah pilihan kami “Mousetronaut” yang bisa anda dapatkan di Limma.co.id dengan voucer khusus IMC Readers. Why we choose these lovely New York Times Bestsellers? beberapa saat lalu saya , C dan dadC ke museum lalu kami nonton tentang rencana misi ke planet Mars….sooo yang ini berhubungan sekali dan berdasarkan partially true story tentang para astronot dan misinya itu!

image

Dari yang awalnya masih anteng, lama-lama pasir kinetik nya tercampur-campur…it is okay, yang dicampur dipisah di wadah ini deh…dicetak-cetak dan dibuat planet, kue dll. Seru banget ya? menjelang jam 10.30 ketika matahari mulai meninggi kami masuk ke dalam rumah. It’s Snack Time!

image

Setelah snack time mau main apa lagi ya? come to the rescue Sticky Mosaic nya OrbFactory , lil C (teman C) sekalian kenalan sama berbagai warna nih di kegiatan ini, memang yang ini sedikit terlalu advanced untuk usia 2 tahun yaaa..(lil C = teman C usianya 2.5 tahun), seharusnya My First Sticky Mosaic duluu, eh tapi sudah habis dibuat C hehehe..ya sudah gpp ya..melatih kesabaran memang…nah tapi yang namanya anak-anak ketika mendengar big D main-mainan lain, tadi mainkan Nut & Bolts Miniland Educational…langsung bubarrrrrrr jalaannn semua ikut main itu! hahaha…ya sudah akhirnya entah siapa yang memulai…tiba-tiba anak-anak ini jadi ambil pel kecil, sapu kecil, lap kecil, botol semprot kecil…ehhh malah bersih-bersih ruang tamu awalnya….terus rebutan akhirnya saya berikan kemoceng juga..lohhh kok malah seru dan senang sekali? akhirnya mereka bersih-bersih sampai 1 jam lebih!!!! Seriously! Practical Life is the BEST!

image

Sampai akhirnya membersikan jendela, dan tanya terus “Which parts are still dirty?” minta terus area mana lagi yang mau di lap, pel dll!

According to Maria Montessori, in order to develop into a functioning well balanced human being, the child needs to get involved in daily tasks such as meal preparation, setting the table, doing laundry and so on. This is why she implemented practical life activities into her curriculum. To this day, they remain a major component in Montessori environments. Through practical life work, she observed focused young children doing hands-on work that allowed for the mind to be in a state of rest and peace due to inner fulfillment from completing meaningful work.Because of these useful and meaningful qualities, these activities offer a tangible and immediate reward to the children, as well as a sense of pride,; this helps the child fully engage in the activity and be in the moment.

Thanks C, Lil C & Big D – we are so proud of three of you!

 

image

Yakkk sampai ke dapur-dapur juga ! saya dan teman saya betul-betul amazed lihat kegigihan ketiga anak ini dalam bersih-bersih (Montessori Practical Life). Semangat sekali dan tidak merasa terbeban dll, terlihat raut wajah bangga dan puas setelah kursi dan meja nya bersih dll. Berulang kali menunjukan ke saya bahwa kursi-kursi kecil sudah bersih, lantai sudah bersih, dll. YES di sela-sela kegiatan ini tentunya ada adegan semprot menyemprot, tapi selalu baikan lagi dan seru lagii!! sampai terakhir mau pulangpun masih minta 5 menit lagi untuk ngelap jendela!

This is the proof, Montessori Practical Life are BEST for kids! they spent hours to help me with laugh and big smiles! THANK YOU C, LilC and BigD!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *