Our Little Geologist Playful Learning with Waba FUN Sweden

Waba Fun Pasir Kinetik Indonesia

Dear IMC-ers, masih ingat salah satu topik #IndonesiaMontessoriHomeschool yang lalu? salah satu jenis pekerjaan / occupation yang saya kenalkan ke C adalah “Geologist”.

A geologist is a scientist who studies the solid and liquid matter that constitutes the Earth as well as the processes and history that have shaped it. Geologists usually engage in studying geology.

photo 3-229

Pada kesempatan ini, saya siapkan undangan bermain sensori menggunakan pasir kinetik dari Waba Fun Sweden yang pernah IMC ulas bulan lalu. Akhir-akhir ini hampir setiap hari C bermain dengan pasir kinetik yang sengaja saya siapkan di wadah plastik yang cukup besar dan memiliki tutup.Kapan saja ia ingin main, tinggal di buka dan langsung main , sengaja pilih yang ada tutupnya juga supaya tetap bersih dan terhindar dari debu.

permainan sensori pasir kinetik

Nah begini penampakan invitation to explore & play dengan batu-batuan kecil milik mom C, awalnya mom C ceritakan dulu sedikit banyak tentang batuan, dan sengaja diberikan kesempatan untuk eksplorasi langsung dengan potongan-potongan batuan milik kami, diantaranya ada jenis potongan batuan granit, marble, travertine dll. C dapat menggunakan kaca pembesar untuk dapat melihat porous yang ada pada travertine.

Travertine is a form of limestone deposited by mineral springs, especially hot springs. Travertine often has a fibrous or concentric appearance and exists in white, tan, cream-colored, and even rusty varieties.

photo 4-185

Disediakan juga berbagai perkakas yang sudah ada di rumah seperti pisau tumpul, scoop, berbagai ukuran sendok , capitan  , kuas dll supaya kegiatan our little geologist semakin seru.

“Education is a natural process carried out by the child and is not acquired by listening to words but by experiences in the environment.” – Maria Montessori

photo 3-227

Suka sekali kami dengan tesktur pasir kinetik ini karena sangat mudah dibersihkan dan tidak lenget di tangan. Selain itu pasir kinetik Waba Fun dari Sweden ini sangat mudah di bentuk dan memenuhi standar keamanan internasional (ASTM). C dapat menggunakan kuas untuk mencari-cari batu-batuan yang momC timbun di dalam pasir kinetik biru yang cantik ini.

photo 5-142

Look at those little fingers exercising,picking, pushing and building sculpture using our fun Waba Fun Kinetic Sand! tahukah IMC-ers bahwa “Finger Exercises” dapat mendukung proses belajar menulis nantinya? Untuk dapat menulis dengan baik dan benar si kecil perlu memiliki otot-otot jari tangan yang bekerja bersamaan.

Three fingers: the thumb, index and middle fingers work together to control the pencil in what is called a dynamic tripod pencil grasp.

Untuk dapat menulis dengan posisi yang baik dan benar, si kecil perlu dapat memisahkan jari manis dan kelingking dari tripod fingers dan hal ini sering dikenal dengan istilah DTM Arch (the Distal Transverse Metcarpal Arch). Arch inilah yang diperlukan dan berperan penting untuk memberikan stabilitas pada otot tangan saat tripod fingers bergerak saat menulis dan arch ini pulalah yang mengurangi rasa lelah saat menulis. Jadi posisi memegang pinsil yang tepat sangat berpengaruh untuk kesuksesan si anak belajar menulis di masa mendatang.

photo 2-283

Satu hal lagi yang kami suka dari pasir kinetik Waba Fun Sweden ini , pasir kinetik ini non-perishable artinya bukan bahan yang mudah rusak , tidak menjadi basi, bisa di simpan dan dipakai terus menerus kapanpun si kecil mau. Selain itu kami juga rotasi penggunaan pasir kinetik berwarna lainnya untuk disesuaikan dengan tema permainan saat itu ataupun mood kami hari itu. Pernah dengar kalau warna memiliki arti dan dapat mempengaruhi mood seseorang?

Warna biru adalah warna lautan dan langit, seringkali dihubungkan dengan stabilitas dan kedalaman serta kedamaian. Selain itu warna biru menyimbolkan kepercayaan, kesetiaan, kebijaksanaan,kebenaran dan kepandaian. Warna biru bisa memberikan dampak menenangkan pada kita – tranquilty & calmness. Betul juga kalau dipikir-pikir hanya dengan melihat dan menikmati pasir-pasir berwarna biru ini mengalir di tangan memberikan efek calming ya! Bukan hanya si kecil yang suka, orang dewasapun sangat menikmati bermain pasir kinetik biru ini! What is your favorit color IMC-ers? I can say mine is green !

Warna hijau melambangkan kesegaran, harmoni, pertumbuhan, alam, keamanan. Warna hijau memiliki dampak yang menyembuhkan dan menenangkan (restful) untuk mata kita. Senang sekali melihat yang hijau-hijau terutama setelah jenuh seharian melakukan tugas dan kerjaan sehari-hari. WABA FUN Indonesia KineticSand juga hadir dalam berbagai warna-warni yang menarik yang bisa IMC-ers dapatkan langsung di distributor utama KineticSand Indonesia, mulai dari warna merah, ungu, hijau, biru, kuning,  dan tentunya natural bisa didapatkan di Calypso.co.id ya!

jual pasir kinetik indonesia

Setelah selesai dengan kegiatan mencari dan mengamat batu-batuan kami mulai beralih ke kegiatan lain, timbang menimbang pasir kinetik dan mencetak-cetak. Fitur utama yang kami sukai dari pasir kinetik WABA FUN dari Swedia ini adalah teksturnya yang sama sekali tidak lengket dan bentuknya yang sangat mudah dibentuk dan halus. Kali ini C menimbang dan menyendok pasir kinetik berwarna natural..dan selanjutnya kami beri batu-batuan yang tadi sudah ditemukan oleh “Our Little Geologist”.

indonesia pasir kinetik asli dijual

So smooth!!

IMG_0529

Setelah C cetak-cetak dan berikan batu-batu temuan C , C inisiatif ingin potong-potong kue. Menggunakan pasir kinetik inipun C belajar dan berlatih memotong menggunakan pisau tumpul karena teksturnya yang pas, tidak terlalu keras tapi tidak hancur! betul-betul bikin ketagihan megangnya. “Cut cut the cake, cut into halves, cut into quarter” said C. Secara tidak disadari mengenal secara seru konsep bagi membagi , fraksi meskipun tidak dikenalkan secara formal. Love it!

IMG_0531

Setelah selesai kami mulai eksplorasi bebas ala Reggio , menggunakan temuan-temuan cone, bagian-bagian pohon yang C kumpulkan beberapa minggu lalu, kami mencetak bayangan dan tekstur di pasir-pasir kinetik natural yang sudah di cetak.

Untuk review dan ide kegiatan bermain IMC dengan KineticSand WABAFUN lainnya bisa IMC-ers cek di sini ya.

Apa kreasimu dengan Pasir Kinetik WABAFUN dari Swedia? dapatkan koleksi lengkap Kinetic Sand Indonesia dan pernak pernik WABA FUN Lainnya di Calypso.co.id!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *