1000 Buku Sebelum Usia 5 Tahun

kegiatan baca anak prasekolah buku favorite indonesia montessori

Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini :

1000 Buku Sebelum Usia 5 Tahun

Seperti tahun sebelumnya C ikut klub baca musim panas tahun ini (Summer Reading Club) kegiatan ini diadakan gratis oleh perpustakaan setempat yang bertujuan untuk mengajak orang tua membacakan buku untuk si kecil…setiap minggu orang tua di minta mencatat judul apa saja yang sudah dibacakan di rumah lalu ditukarkan dengan hadiah! Hihi iya hadiah gratis! Kali ini C dapat mainan clay gratis waktu yang lalu C boleh pilih buku gratis suka banget dengan program ini karena betul-betul membantu untuk orang tua dan si kecil serta menyadarkan pentingnya membacakan buku untuk si kecil bahkan dari bayi.

kegiatan baca anak prasekolah buku favorite indonesia montessori

Program lain yang sedang berlangsung di perpustakaan kesayangan C adalah program 1000 buku sebelum usia TK (kurang lebih 5 tahun). Program 1000 buku merupakan target yang diberikan untuk setiap orang tua dan pendidik untuk membacakan si kecil buku minimal 1000 buku sebelum si kecil berusia 5 tahun dan masuk TK (Kindergarten). Riset membuktikan bahwa rajin membacakan buku kepada anak sebelum masuk sekolah adalah hal yang paling efektif untuk menyiapkan si kecil nantinya dapat membaca dan menyukai membaca buku sendiri.

tips membacakan anak usia dini

Sharing pribadi MomC ya , kegiatan kesukaan MomC dari kecil adalah baca buku yang awalnya tentu dibacakan oleh Mommynya MomC yang tadinya guru TK itu..menurut Mommynya MomC sehari minimal 2 jam MomC minta dibacakan buku non-stop yang menyebabkan dirinya menjadi serak permanen haha tapi ternyata ga sia-sia karena momC jadi suka baca banget amat sangat mulai usia 6 tahun MomC udah hobi baca novel singkat tanpa gambar sehari sebuku…dan alhasil begitu ketemu DadC yang lebih book lover lagi langsung nyangkut deh haha , ok dengan pengalaman tersebut MomC ingin menumbuhkan kecintaan kepada buku untuk C juga.

photo 2-150

Demikianย beberapa tips dan kiat untuk memupuk kecintaan anak untuk membaca sedari kecil :

* Mulai sedini mungkin , waktu yang tepat dan sangat ideal untuk mengenalkan buku pada si kecil adalah dari bayi. Sangatlah baik untuk membacakan si bayi secara teratur buku-buku singkat dengan gambar yang sederhana dan kontras. Juga penting bagi si bayi untuk melihat orang-orang di sekitarnya menulis ataupun membaca. (Ingat The Absorbent Mind? meskipun saat itu si bayi belum dapat berbicara tetapi ia menyerap segala sesuatu yang ada di sekitarnya termasuk seperti menyerap bahwa orang tua nya sedang baca dll. )

* The Prepared Environment , lagi-lagi sesuai dengan pendekatan metode Montessori bahwa lingkungan sekitar terutama di rumah amat sangat berdampak bagi si kecil. Sudahkah anda menciptakan lingkungan yang ramah membaca ? ย Apakah buku-buku yang menarik dan alat tulis menulis tersedia di rumah? Salah satu impian DadC dan MomC adalah menciptakan perpustakaan atau lingkungan baca bagi adik-adik yang kurang beruntung, karena kami percaya bahwa buku adalah jendela dunia dan dari situlah si kecil dapat belajar dan nantinya memiliki kehidupan yang lebih baik…semoga suatu hari tercapai ya.

* Berbicaralah dengan si kecil dengan kalimat yang jelas , NO BABY TALKS (tidak berbicara seperti bayi). Tidak ada hal yang lebih berharga dibandingkan orang tua atau pendidik yang rajin mengajak si kecil berbicara karena dari situlah kemampuan perkembangan bahasa si kecil di dapat. Banyaknya kosa kata dan penyampaian ekspresi , ide serta kemampuan berbahasa didapatkan pertama kali dari orang tua / orang yang terdekat dengan si kecil. Berceritalah kepada si kecil, bacakan tulisan-tulisan di papan reklame saat si kecil tertarik, menyanyi juga merupakan salah satu cara untuk mengembangkan bahasa. Aha..MomC jadi tersenyum-senyum mengingat C yang lagi suka nyanyi berbagai lagu bahasa Indonesia seperti Rasa Sayange , Tik Tik Tik Bunyi Hujan, Kereta Api , Sang Kodok dll nyanyinya pun udah lengkap sekarang..senang aja rasanya dengar C nyanyi lagu bahasa Indonesia, membuat MomC ingat masa kecil momC yang menyenangkan he he he…oh how I Miss my parents! They’re THE BEST!

* Pada saat anda membacakan buku cerita, berbicaralah yang jelas dan lantang serta gunakan jari anda untuk menunjuk kata-kata tersebut dari arah kiri ke kanan.

* Pada anak yang berusia lebih besar mulailah mengajak anak berdiskusi mengenai cerita yang baru saja anda bicarakan. Apabila ada kosa kata yang tidak dimengerti/baru, berhentilah dan diskusikan dengan si kecil. Banyak-banyaklah menanyakan pada si kecil hal-hal yang berhubungan dengan cerita tersebut hal ini akan membantu mengasah kemampuan berpikir si kecil. Bantulah si kecil untuk mulai mengerti peran utama, karakter peran utama serta alur cerita.

* Buat kegiatan membaca bukan suatu kewajiban / keharusan , pilihlah keadaan yang mendukung serta pada saat si kecil sedang bersemangat. Asosiasikan kegiatan baca membaca dengan hal yang seru, baik, menyenangkan dan bukan paksaan.

* Tips terakhir adalah, baca lah buku untuk diri anda sendiri di depan si kecil! si kecil akan melihat anda dan ingin juga membaca seperti anda ๐Ÿ™‚

review buku indonesia montessori

1000 Buku sebelum si kecil berusia 5 Tahun terlihat banyak dan menakutkan, tetapi sebenarnya kalau anda pelan-pelan berhitung bagaikan anak TK , 1000 buku itu hanya 1 buku per hari selama 3 tahun berturut-turut…Jadi kalau sekarang si kecil berusia 2 tahun dan anda mulai membacakan konsisten 1 buku per hari , pada saat si kecil berusia 5 tahun anda sudah membacakan 1095 buku! Apabila si kecil sedang suka suatu buku dan minta untuk diulang-ulang katakan 3 kali? anggap itu 3 buku dari 1000 buku! Jadi bukan artinya 1000 buku harus berbeda semua ya ๐Ÿ™‚

tantangan 1000 buku dalam 3 tahun indonesia montessori challenge

Kalau begini, kelihatan DO ABLE kan? Kita pasti bisa! Yuk dimulai hari ini! Selamat Membaca ๐Ÿ™‚

Love,

MomC

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

21 Comments

  • Wahh makin bikin semangat setelah baca postnya mommy C…akhir2 ini J rajin minta dibacakan cerita…setelah sering dbacakan cerita, kosakatanya makin banyak tiap hari…setelah baca post ini aku makin yakin kemajuan bicara J ada pengaruhnya dari kegiatan membaca buku. Karena J semangat, mom jd ikutan semangat…sampai2 liburan lebaran kmrn main keluar kota oleh2nya banyak buku cerita..hahaha…semoga J bisa 1000 buku juga sebelum masuk TK…โ˜บ

  • momy c kalau cari buku yang bagus utk usia 16 bln ke atas apa ya, materi nya?
    saya sbg ortu ingin menularkan kebaikan kakek neneknya, membaca. jadi dulu ensiklopedia mudah-murah dibeli? kira2 ada yang bisa ksh info gak ya cri bku2 ensiklopedia, dllx?
    mhon info & bantuannya

  • Ijin share mom, Yuk saling menyemangati unt membacakan buku tuk anak, krn efeknya terbukti. Anak saya sblm usia 2th sdh bisa baca both english n Bahasa tanpa diajarkan baca oleh kita ortunya.

  • Hi moms,
    Ini beberapa buku yang aku bacain buat anakku waktu dia baru lahir. It’s a growing list. But these are the firsts, semoga bisa membantu ya.

    https://sneakysnakestory.wordpress.com/2013/10/22/keis-first-books/

    Yang belum aku blog tapi anakku suka itu buku-buku Eric Carle. Aku perhatiin, buku-buku Beliau yg board book, versinya lebih singkat dan cocok untuk anak-anak yang attention spannya masih sedikit. Lemme list down a few of my kid’s fave.

    1. Goodnight Moon (udah sampe robek board booknya sangking sukanya)
    2. Goodnight Underwear (a spin off but it’s funny for lil kids!)
    3. Brown Bear, Brown Bear, What Do You See?
    4. Baby Bear, Baby Bear, What Do You See?
    5. A Very Busy Spider
    6. Alphablock
    7. Dinoblock
    8. Clifford series

    Aku cuma inget yang ini hehe. Tapi anakku yg umurnya sekarang 28 bulan ini lagi suka banget sama animals, jadi buku-buku yang tokohnya animal dia lebih betah bacanya. That’s all from me, happy reading, moms!

  • Mom C, saya punya anak usia 2 th 8 bln…sudah mulai saya bacakan buku sejak usia 2 thn…sayangnya saya tidak membacakan secara teratur..saya terinspirasi sekali ingin bisa setiap hari membacakan buku minimal 1 per hari…yang sya mau tanyakan, terkadang anak saya tidak setiap saat mood utk dibacakan buku cerita, kadang-kadang dia menghentikan sendiri sebelum ceritanya selesai…apa sebaiknya sikap kita mom, apakah tetap membujuk anak itu, atau menghentikan cerita sesuai kemauannya ? jika kita hentikan, kapan kita coba ajak lagi si anak utk membaca..apakah hari itu jg atau keesokan hari nya? Tks

  • Mom C, sharing 1000 Buku sebelum 5 tahunnya keren. Semoga saya pun bisa memberikannya kepada putra dan putri kami kelak. 1 day 1 book, persistently
    Nice post.

  • Waoo… bersyukur banget nemu artikel ini. Ternyata hrs lbh semangat lagi bacain buku sama my baby. Skrg usiannya 6bl tp uda betah tengkurap nungguin bukunya dibacain. Salam kenal IMC

  • Hai, mom C.
    Saya selalu mengikuti FB page Indonesiamontessori.
    Saya menerapkan metode montessori sejak dini sejak anak saya usia 9 bulan dan anak saya sudah berusia 2 tahun sekarang and we live in Amerika too ๐Ÿ™‚

    Sedang ikut program 1000 buku sebelum kindergaten jugaa.. Hehe

  • Dan satu hal lagi. Anakku seorang tuna rungu. Buku membuka dunianya. Dia suka sekali. ” ma bata butu” begitu katanya… Anakku 3,5 tahun…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *