Pengenalan Pola Dasar (Pattern) Untuk Anak Prasekolah

Dear IMC readers, setelah sekitar sebulan saya berlibur plus sibuk dengan kegiatan launching buku Montessori di Rumah akhirnya kami kembali ke Amerika. Saat ini masih dalam keadaan jetlag dan kurang fit hehehe..mungkin kecapean ya beberapa bulan terakhir ini melanglang buana ke 3 benua!

image

oh well, tapi ternyata C sudah kangen dengan rutinitasnya jadi meskipun masih kurang fit kita sudah mulai perlahan-lahan kembali ke kegiatan-kegiatan seperti biasanya. Hari ini kami berkegiatan cukup santai bertemakan eksplorasi pola dasar (pattern) untuk anak prasekolah.

montessori di rumah spielgaben

Apa sih kegunaan mengenalkan pola (pattern) untuk anak prasekolah? salah satu dasar sekali khususnya untuk anak prasekolah , taman kanak-kanak (kindergarten) untuk kemudian hari mengenal konsep matematika lainnya dalah mengenal pola dasar (patterning). Cara mengenalkannya banyak dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Di artikel ini saya akan berbagai berbagai tips bagaimana sih caranya mengenalkan si kecil pada konsep pattern dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana cara menerangkan konsep ini menjadi konsep yang nyata (real) dan bukan abstrak.

image

Seperti yang kita ketahui bahwa anak usia dini lebih cepat menyerap dan menangkap suatu konsep apabila diberikan kesempatan memanipulasi objek dengan pancaindranya. Anda bisa mengajak si kecil aware dan mengenal pattern ada kehidupan sehari-hari seperti mengajak si kecil bermain bersama. Yuk kita lompat lalu jongkok…lompat lagi…jongkok lagi…dan seterusnya. Selain itu menggunakan mainan si kecil atau objek yang ditemukan disekitar kita dapat juga digunakan untuk mengenalkan konsep pattern.

Kali ini kami menggunakan alat peraga dari Spielgaben untuk eksplorasi lebih jauh mengenai pattern. Beberapa macam pola kami gunakan kali ini yakni :

  1. A-B-A-B
  2. A-A-B-A-A-B
  3. A-B-B-A-B-B
  4. A-B-C-A-B-C
  5. A-A-B-B-A-A-B-B

Selain pola di atas anda nantinya dapat membuat variasi sendiri bersama si kecil untuk pola-pola yang lebih advanced. Selain itu kami juga menggunakan Spielgaben V4 kami untuk eksplorasi pola secara horisontal dan vertikal. Yukkk disimak 🙂

image

Yang ini adalah pola dasar A-B-A-B-A-B-A kali ini kami menggunakan wooden circle (lingkaran kayu) lingkaran kuning mewakilkan A, lingkaran hijau mewakilan B.

image

Selanjutnya saya memberikan beberapa pola yang selanjutnya dilanjutkan oleh C. Sengaja saya menggunakan wooden geometric shapes yang memang bisa dibilang bentuknya kecil-kecil , hal ini baik untuk mengasah pincer grasp C.

image

 

Dan selanjutnya setelah eksplorasi pola A-B-A-B kami juga eksplorasi pola A-B-B-A-B-B . Kegiatan ini secara langsung dapat dimengerti dan dipahami oleh C karena iya dapat memanipulasi objek menggunakan tangannya sendiri , memilih bentuk geometri selanjutnya sesuai dengan pola yang diminta.

image

Selanjutnya setelah memahami pola-pola sebelumnya kami mulai menambahkan objek ketiga “C” dan kali ini polanya menjadi A-B-C-A-B-C-A-B-C

image

Selanjutnya setelah kami eksplorasi secara horisontal, kami juga eksplorasi pola (pattern) secara vertikal (ke atas). Kali ini kami menggunakan wooden blocks dari aparatus Spielgaben kami. Apabila anda melihat sekitar anda, banyak sekali benda-benda yang bisa digunakan untuk mengenalkan konsep ini loh, anda dapat menggunakan batu-batuan dan juga dedaunan di sekitar anda.

Untuk berbagai kegiatan edukatif kami di rumah menggunakan Spielgaben dapat anda lihat dan jadikan inspirasi di sini.

Di bawah ada berbagai printable gratis yang dapat anda gunakan untuk mendukung kegiatan edukatif anda di rumah dengan si kecil ya!

Mengenal Pola Geometri Prasekolah

Mengenal Pola Geometri Prasekolah 2

Yuk Gunting dan Tempel Pola !

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *