Resep DIY IMC Edible Sweety Paint – 3 Bahan

Resep DIY Paint Edible Aman untuk bayi

Dear IMC-ers, akhirnya kami kembali juga dengan rutin kami dan kegiatan sehari-hari…maksudnya kembali sibuk ya! mulai dari laundry yang selalu menumpuk hehe, siapin makanan, kegiatan-kegiatan dengan C , ke park, library, basket dll….wuihhhhh memang jadi ibu butuh stamina energizer nih! banyak mommies IMC yang suka bertanya kok saya semangat 45 sekali sih…haha saya juga bingung kalau ditanya begitu karena menurut saya sih biasa-biasa saja…sejujurnya memang repot , tapi rasanya lebih repot jaman C masih bayi kecil dulu atau repotan pas jaman sekolah pas mau ujian deh…sekarang meski banyak kerjaan tapi ngga ada tuntutan yang terlalu urgent atau gimana jadi lebih fleksibel.

Resep DIY Paint Edible Aman untuk bayi

kumpulan ide kegiatan anak tk

Selain itu saya juga sedang mencoba menyelesaikan membaca dan mau menerapkan metode konmari …karena terus terang dengan adanya anak usia prasekolah, barang-barang kami cukup banyak..padahal bisa di bilang keluarga kecil kami berusaha cukup praktis dan minimalis…harap maklum karena kami disini hanya bertiga, jadi semuanya kudu dilakukan sendiri….jadi kamu sudah berusaha efisien dan minimal tetapi ternyata tetap aja…ada saja selalu clutter dimana-mana hehe.

image

Setelah beberapa kali C request mau fingerpainting terus akhirnya pagi ini terlaksana juga, rencananya mau pakai washable paint yang sudah jadi tadinya eh tapi pas saya cek …wahh udah tinggal sedikit…akhirnya segera melaju ke dapur , ambil corn starch , gula, air serta pewarna makanan voila!! jadi lah 3 warna primer DIY IMC Edible Sweety Paint . 

Bahan – Bahan

250 gram Corn Starch

2 Sendok Makan Gula Pasir

Air secukupnya

Pewarna makanan (opsional)

Lalu di aduk rata dan di masak dalam api sedang sampai merata dan didinginkan. Apabila pewarna makanan ingin disubstitusi juga bisa menggunakan sari buah , sari sayuran ataupun sama sekali tidak ada warna juga seru kok!

resep aman DIY EDIBLE PAINT

Selain itu hari ini kami tidak menggunakan kuas / brush sama sekali, sebaliknya kami membuat sendiri alat-alat melukis kami seperti berbagai DIY cap-cap an dari karton tebal yang kami lem dengan pelampung renang kami yang sudah kami potong-potong berbagai bentuk. Selain itu kami juga membuat DIY kuas menggunakan Pom Pom dan pipe cleaner…untuk cocol-cocol seru ! hehehee

pengenalan warna primer sekunder

Nah sengaja kali ini hanya 3 warna yang kami pilih yang mana adalah warna primer, dan dari ketiga warna primer itu kami campur-campur untuk membuat berbagai warna lain…C selalu suka kalau urusan campur mencapur warna katanya “diaduk-aduk…tuh jadi warna apa tuhhhh….”

image

A…B….C… bebas-bebas saja mau melukis apa menggunakan jari…

imageCap di sini cap di sana, cap berbagai bentuk dan berkreasi bebas warna-warni menggunakan cat yang dibuat sendiri dan aman untuk bayi…C seru sekali sampai paint nya kemana-mana masuk ke baju dan ke memenuhi baju nya…untuknya saya selalu menyediakan beberapa baju lama untuk kegiatan seperti ini , jadi kalau kena pun yaaa santai-santai aja…biar keren kok artsy gitu hehehe jadi bajunya lebih berwarna!

image

Sengaja C dibiarkan berekspresi bebas sampai cap sana cap sini, bejek-bejek pain bagaikan sedang bermain sensori…dengan pengalaman seperti inilah anak belajar dan menemukan hal-hal baru dalam kehidupan sehari-hari…lengket yaaa….

ide bermain sensori edible aman untuk anak

Kalau diingat ulang pada saat dulu awal-awal C masih bayi ia masih agak ragu kalau kegiatan seperti ini, tapi karena sering diajak main akhirnya sekarang jadi seperti ini…yukkkkk ccelllupp aja semua tangannya langsung ke paint ya C, obok-obok dan bejek-bejek langsung! hahaha…

Mungkin IMC readers banyak yang bingung , ini rumahnya momC apa ngga berantakan yaa? well jawabanya lumayan, sedang-sedang…dibilang berantakan buangettt yah ngga,karena kami minimalis dan cukup efisien tapi dibilang crystal clean seperti rumah contoh juga ngga. Kalau kegiatan-kegiatan seperti ini biasanya saya beri alas entah koran atau plastik atau apa saja yang ada sehingga sedikit membantu ya…tetap setelahnya perlu di pel…tapi kalau ingat yang di bawah ini….jadi merasa semangat lagi :

“Cleaning your house while your kids are still growing up is like shoveling the walk before it stops snowing.”

~ Phyllis Diller

So , yuk di coba yang satu ini aman untuk bayi juga sekalian bisa untuk bermain sensori dan pengenalan warna serta tekstur ya….memang momC beri nama “IMC SWEETY PAINT” tapi ngga yakin manis-manis banget sih…plus kalau sampai masuk ke mulut sedikit…ngga khawatir ya karena bahannya kita tahu pasti dan juga sudah di masak 🙂 yukk!!!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Montessori educator, food scientist, entrepreneur, and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *