Tips Menyiapakan Sudut Seni di Rumah

Bagi IMC Moms yang sudah sering ikutin feed dan sharing saya pasti tahu ya kalau saya ini suka sekali mengundang C1 untuk kegiatan seni di rumah. Kegiatan seni ini merupakan kegiatan tambahan sehari-hari dalam jadwal homeschool C1 dari kecil , dulu sekali mulai dari finger painting, berkreasi bebas menggunakan clay, melukis di berbagai medium, dll. Kenapa sih saya ini sangat mengapresiasi berbagai kegiatan seni? menurut saya dari berbagai kegiatan #ArtWithIMC secara tidak langsung anak dapat merasakan dan juga belajar berbagai hal yang tidak dapat ia dapatkan atau pelajari dari lembar kerja. Banyak sekali manfaat dari mengajak si kecil berkegiatan seni loh Moms! seperti melatih anak berpikir kreatif, mengasah imajinasi anak,meningkatkan kemampuan kognitif anak, meningkatkan kepercayaan diri, menuangkan perasaan dan idenya dalam hasil karya, dalam seni tidak ada salah dan benar jadi anak dapat mengenal berbagai pendekatan dan berbagai persepsi.

Let’s just talk about colors…apa sih yang terjadi kalau warna merah dicampur dengan warna biru? nahhh, kalau yang seperti itu kira-kira gimana ya kenalin dan jelaskan ke anak usia dini? mungkin Yes, bisa diberitahukan saja “Nak, kalau warna merah dicampur biru itu jadi ungu ya….” Namun menurut saya tidak ada yang akan menggantikan pengalaman langsung dan mencampur langsung ya Moms! masih terbayang jelas di memori saya saat C1 berusia 1 tahunan dan ia hobi sekali bermain dengan warna, mencampur-campur warna dan matanya berbinar-binar setiap saat ia melihat warna yang ia campur itu berubah! (Ga dipungkiri sih, biasanya semua warna berakhir menjadi warna agak kecokelatan setelah C1 mencampur semua warna yang ada hahaa!). Selain itu C1 juga suka sekali menyusun Montessori Color Tablet (Pssttt di bawah akan ada Free #IMCPrintable lengkap Montessori Color Tablet 1,2,3 ya!)

Pertanyaan dan keraguan berikutnya mungkin “Repot yah siap-siapin kegiatan seni begitu, melukis lah, dll…nanti rumah kotor…aduh nanti dinding semua coret-coret dan berbekas telapak tangan anak!”Hehe kalau yang satu ini kembali ke prioritas kita ya Moms, masa kecil anak hanya sekali namun Moms tetap dapat membersihkan rumah setiap saat…bagi saya value dari eksplorasi dan discovery anak itu sangat mahal dan tidak bisa dibeli pakai uang. Seriously!

 

Menjawab pertanyan IMC Moms tentang tips menerapkan dan menyiapkan sudut seni di rumah, kali ini saya share beberapa tips ya!

1.Tentukan area seni di rumah

Pertama-tama tentukan sudut atau area tertentu di rumah yang ingin anda dedikasikan sebagai area seni untuk si kecil. Kalau saya biasanya memiliki beberapa pertimbangan ya! apabila anda tinggal di rumah (landed) mungkin pilihannya bisa di dekat taman belakang ataupun teras yang mudah dibersihkan dan juga dekat dengan cahaya alami. Nah, untuk kami yang tinggal di apartemen kami memilih untuk melakukan kegiatan seni dekat balkon ataupun dekat dapur dengan pertimbangan dekat dengan akses air hehe. Sudut yang didekasikan untuk kegiatan seni tersebut selanjutnya dilengkapi dengan peralatan dan materi untuk kegiatan serta hiasan dan pajangan yang bersifat mengundang anak dan menginspirasi anak untuk berkreasi.

2.Mudah diakses anak

Yang satu ini ga jauh-jauh dari prinsip metode Montessori “The Prepared Environment” ya! suasana dan situasi yang kondusif akan mengundang anak untuk eksplorasi. Idealnya alat-alat dan bahan kegiatan di tata di rak terbuka yang mudah dijangkau anak. Tentunya untuk bahan-bahan dan alat seperti hot glue gun, jarum jahit , dll perlu di simpan di penyimpanan tertutup dan tidak terjangkau anak ya!

3.Organisasi bahan-bahan kegiatan

Pemilihan bahan-bahan dan juga organisasi bahan-bahan kegiatan seni….nah ini memang kadang membuat saya overwhelming ya, namun saya usahakan menaruh di tray terjangkau dan di container terpisah masing-masing misalkan spidol berwarna dikumpulkan sendiri, cat dikumpulkan sendiri, lalu pernak pernik seperti googly eyes, manik-manik, pipe cleaner, pom-pom juga di kumpulkan sendiri di kotak penyimpanan bersekat. Berbagai kuas, kertas, karton berwarna, spons, materi di biarkan di tempat yang mudah di akses sehingga anak dapat mengambil kapan saja ia memiliki ide untuk dituangkan. Oh ya, saya juga menyedikan nampan kegiatan , jadi anak bisa berkegiatan di dalam wadah nampan tersebut dan lebih mudah untuk dibersihkan.

4.Tentukan area memajang hasil karya

Dedikasikan suatu area di rumah (saya di dinding) untuk memajang hasil karya anak. Pasti si kecil akan senang dan bangga ya apabila hasil karyanya diapresiasi dan di pajang. Biasanya saya rotasi, ketika sudah banyak saya ganti dengan hasil-hasil karya terbaru.

5.Clean Up Time!

Ajaklah dan libatkan anak untuk membersihkan bersama setelah kegiatan seni. Hal ini dapat melatih tanggung jawab si kecil juga sambil menerapkan kegiatan keterampilan hidup Montessori di Rumah ya!

Terkadang mungkin kita berpikir “Duh males banget nih kegiatan seni di rumah, males bersihin lalu nanti mengotori dinding….kebayang kan itu dinding di rumah penuh telapak tangan anak dengan catnya whoaaaaaaa NIGHTMARE!!!!”

Super thankful karena sekarang ada solusinya, di rumah kami C1 bisa berkreasi dan melukis bebas di kertas, kanvas, bahkan di dinding! Yes, di dinding rumah ! saya dan suami tenang-tenang saja karena tahu meskipun C1 melukis di dinding , dinding kami sudah terproteksi dan mudah dibersihkan hehe. Penasaran kan ya?

Pernah ga sih Moms hitung kira-kira berapa jam dalam sehari si kecil menghabiskan waktu di dalam rumah? ya di kamar tidurnya, di ruang eksplorasi atau di ruang keluarga? apalagi untuk anak-anak usia dini yang dalam fase eksplorasi, biasanya anak-anak akan belajar berjalan sambil memegang dinding, lalu berusaha berdiri sambil tangan menopang di dinding dan ketika sudah lebih besar C1 juga suka menggambar di dinding! ternyata dinding rumah itu adalah area terluas di rumah loh, tapi….tapiii……paling jarang dibersihkan ! Ini saya juga mengakui ya, siapa juga kan yang menyangka kalau area seluas itu perlu dibersihkan? dan setiap berapa lama? sebulan sekali? setahun sekali? atau tidak pernah sama sekali Euyyy!!!! hahahaa you are not alone Moms, saya juga tadinya ga aware kok kalau dinding itu merupakan area terluas dan bisa menyebarkan bakteri karena sering disentuh namun tidak pernah dibersihkan.

Thankful banget ketika di Asia ini saya berkenalan dengan Nippon Spotless Plus dengan teknologi Silver Ion Anti Bacterial Technology* di mana saya ga perlu khawatir lagi kalau dinding menjadi sumber penyebaran bakteri di rumah ! Selain itu saya jatuh hati sekali untuk yang satu ini karena dinding yang suka di gambar-gambar C1 dan penuh telapak tangan itu bisa dengan mudah dihapus dengan air…jadi kalau lihat “hasil karya C1″di dinding rumah ga perlu panikkkkk hahaa tarik napas dalam-dalam dan katakan pada diri sendiri “Tenang, bisa dibersihkan dengan air!!!” Sebagai orang tua yang percaya bahwa 6 tahun pertama kehidupan adalah masa-masa eksplorasi dan keemasan tentunya saya ingin rumah saya mendukung eksplorasi kreatifitas dan kegiatan anak-anak saya. I keep telling myself “Masa-masa ini hanya sekali dan tidak dapat diulang….” #IMCNipponSpotlessPlus

Apalagi dengan akan hadirnya Baby C2 #PregnancyWithIMC sebentar lagi, saya tentunya lebih concern terhadap suasana di rumah , saya ingin suasananya home sweet home, mendukung eksplorasi dan tentunya aman untuk bayi. Untuk bayi yang masih sangat sensitif , tentunya hampir seluruh hari-harinya dihabiskan di dalam ruangan ya. Oleh sebab itu , saya  concern untuk memilih cat kamar bayi yang aman dan bebas bau serta tidak mengandung VOC (Volatile Organic Compound). Dinding sehat, keluarga sehat ! #IMCNipponSpotlessPlus #DindingSehatKeluargaSehat

Nah, seperti janji saya sebelumnya kali ini saya akan share #IMCPrintable Gratis lengkap Montessori Color Tablet 1,2,3 serta lembar kegiatannya ya! semoga mendukung seru-seruan Moms dan IMC Kids di rumah!

Untuk Free #IMCPrintable bulan April bisa diunduh di sini ya :

IMCPrintable_TABLET_WARNA_IMCNipponSpotlessPlus

 

*Silver Ion Antimicrobial Technology adalah anti-mikrobial alami tertua di dunia yang mampu menghalangi perkembangan mikro-organisme seperti bakteri, jamur, lumut. Teknologi ini sangat aman untuk manusia dan hewan peliharaan.

Penasaran dengan #IMCNipponSpotlessPlus Cat Anti Noda dan Anti Kuman? Yuk ikutan IMC Nippon Kid’s Room Designer Challenge! ajak si kecil mendesign sendiri ruangan favoritnya dan menangkan FREE MAKE OVER bersma @nipponpaintindo 

Yuk ikutan dan menangkan hadiah senilai lebih dari 50.000.000 IDR dari Nippon Paint Indonesia #IMCNipponSpotplessPlus #DindingSehatKeluargaSehat

Caranya ?

*Follow @nipponpaintindo & @indonesiamontessori

*Akun tidak private. Repost Banner Challenge , ajak 5 teman untuk ikutan dan sertakan #IMCNipponSpotlessPlus #DindingSehatKeluargaSehat 

*Registrasi : 27 Maret –  1 April 2018 ,Isi formulir Registrasi IMC Challenge di web IMC

*Kid’s Room Designer Challenge berlangsung 2-30 April 2018

*Join IndonesiaMontessori.com/community , buat thread personal dengan nama ID Instagram anda dan cek jadwal kegiatan challenge di sana ya!

*Keputusan mutlak dan tidak bisa diganggu gugat akan ditentukan oleh team juri @nipponpaintindo

*Tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti kegiatan ini , usia anak 3-8 tahun.

 

Fields marked with an * are required

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *