Tips Naik Pesawat Terbang Dengan Bayi

Musim liburan!! yay kalau sudah memasuki bulan-bulan akhir tahun saya selalu paling semangat…hehee soalnya vibenya udah beda…liburan kali ini kita tentunya akan travel dengan C1C2…untuk C2 sendiri ia udah 6 kali naik pesawat so far hahahaa so far so good!

Buat banyak orang, termasuk saya nih, liburan itu merupakan sesuatu yang saya tunggu-tunggu. Tapi tahun ini, kami tidak hanya akan berlibur bertiga saja karena sudah ada baby C2 😊. Nah, bagi anda yang juga berencana untuk bepergian dengan si bayi, khususnya yang menggunakan armada pesawat terbang, saya share tipsnya ya!!

Waktu Aman Terbang Dengan Bayi

Ini pertanyaan mendasar yang memang juga muncul di benak saya, moms. Kapan sih waktu yang tepat untuk membawa si bayi terbang? Jawabannya ternyata berbeda-beda… Masing-masing maskapai penerbangan punya aturan berbeda. Misalnya saja di Indonesia, maskapai tertentu hanya memperbolehkan bayi yang sudah berusia lebih dari satu minggu dan yang sudah mendapatkan surat keterangan medis dari dokter bahwa ia dalam kondisi sehat.

Ada juga maskapai lain yang mengizinkan newborn untuk terbang setelah usianya lebih dari dua minggu. Jadi saran saya, sebelum membawa bayi terbang, sebaiknya anda menelepon costumer service dari maskapai yang anda pilih itu ya!

Tips Fun Bersama Bayi Di Pesawat

Bepergian bersama bayi memang bukan pekerjaan yang mudah ya, moms. Tapi bukan berarti tidak bisa kok. Beberapa tips berikut akan membuat perjalanan udara anda bersama si bayi jadi lebih menyenangkan 😊😊😊.

 

  • Datang ke bandara lebih awal

 

Anda tentu tak mau kan berlarian di lorong bandara sambil menggendong si bayi lantaran pesawat anda sudah akan lepas landas? Nah, moms, selalu luangkan waktu menunggu minimal satu jam sebelum anda dipersilakan naik ke pesawat udara. Memang, biasanya, penumpang yang membawa bayi dan balita akan dipersilakan untuk masuk ke dalam pesawat terlebih dahulu.Tapi tetap saja tidak enak kan kalau terlambat?

saint pancrass terminal train station

 

 

  • Beri si kecil ASI/ susu saat lepas landas dan mendarat

 

Perubahan dan tekanan udara di kabin saat lepas landas dan mendarat kerap membuat telinga kita menjadi tidak nyaman. Hal ini sudah pasti akan membuat bayi jadi rewel dan menangis. Nah, salah satu cara menyiasatinya adalah dengan menyusui si bayi atau memberikan susu botol lho moms.

 

 

  • Duduk dekat jendela

 

Ada beberapa maskapai penerbangan yang mengizinkan anda untuk memilih tempat duduk saat membeli tiket. Jadi, tak perlu menunggu saat anda online check in. Manfaatkan waktu itu untuk memilih tempat duduk dekat jendela. Hal ini untuk meminimalisasi perhatian si bayi dari orang yang lalu lalang di lorong pesawat. Bukan tidak mungkin saat mereka berjalan, tubuh si bayi yang ada di pangkuan anda tersenggol secara tak sengaja oleh sikut atau tangan mereka bukan?

 

  • Bawa mainan favorit si bayi

 

Untuk menjaga si bayi tidak bosan di perjalanan (apalagi jika waktu penerbangan lebih dari tiga jam), jangan lupa untuk selalu membawa buku atau mainan favoritnya. Tapi ingat ya moms, jangan membawa mainan yang menimbulkan bunyi atau suara yang berisik. Tidak etis kan kalau penumpang lain jadi terganggu karena suara bising dari boneka binatang si kecil.

 

 

  • Kenakan pakaian super nyaman untuk bayi

 

Udara dalam kabin pesawat umumnya cenderung dingin ya moms. Oleh karena itu, selalu kenakan pakaian super nyaman untuk dikenakan sepanjang perjalanan. Contohnya jumper lengan panjang berbahan katun lembut bisa jadi pilihan terbaik lho. Siapkan juga selimut si bayi untuk alas duduknya di pangkuan anda sekaligus untuk menutupi tubuhnya saat ia tertidur.

Happy holiday!!!!!

 



 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *