Tips Nesting Mempersiapkan Kelahiran Bayi

One more month… #pregnancywithIMC 

Rasanya sulit dipercaya deh, dari dapat hasil positif kehamilan sampai hari ini dan ternyata kurang lebih satu bulan lagi saja our second baby C2 will be born! kayanya baru kemarin operasi laparaskopi, mencoba hamil, sampai akhirnya betulan expecting baby C2. Overall kehamilan kedua ini terasa begitu cepat , mungkin dampak dari super sibuk dengan C1 , book launching dan juga terkena lagi Hyperemesis gravidarum huhuhuuh!! Bisa dibilang bulan-bulan awal di kehamilan kedua ini begitu sulit. Nausea yang amat sangat, morning sickness , mual-mual dan hyperemesis gravidarum dan hampir masuk rumah sakit untuk diinfus karena dehidrasi. Ditambah lagi suami saya pekerjaannya cukup sering travel ughhhh rasanya down banget deh! mau ngapa-ngapain aja sulit dan semua ini membuat saya terbatas sekali untuk melakukan kegiatan sehari-hari bahkan yang sederhana seperti bersih-bersih ringan. C1 juga kegiatan seadanya dan saya biarkan main-main sendiri atau baca-baca sendiri….saya basically hanya terkapar di ranjang for the first 6 months!

 

Kebayang ga sih kotornya rumah kalau lagi kayak saya begitu? ya saya tetap berusaha cuci-cuci minimal dan bersih-bersih minimal menggunakan magic stick saya. Dengan Magiclean wiper setidaknya beban saya lebih ringan karena tongkatnya sangat ringan, sekali pakai langsung dibuang wipes nya sehingga ga perlu nambah kerjaan cuci-cuci kain pel lagi …whoosssaaaahh..kalau kebayang 6 bulan pertama itu rasanya speechless banget ya!

Oh well, lega banget karena semua itu sudah terlewati dan di bulan terakhir ini yang saya rasakan lebih ke mudah lelah khususnya bagian punggung aja sih! hehee udah ga terlalu kebauan dan perlahan mulai bisa makan-makan lagi. Selain menjaga kesehatan diri sendiri saya juga sedang dalam proses “nesting”. Apa sih nesting itu? kalau dalam kamus saya sendiri saya artikan sebagai keinginan yang muncul tiba-tiba untuk beres-beres, menata dan mengatur ulang seisi rumah, bersih-bersih (deep cleaning), dll. Semua ini tentunya dilakukan dengan tujuan mempersiapkan kelahiran sang bayi hehehe.

Lucunya, mood nesting saya ini suka on and off, jadi beberapa bulan lalu saya sempat semangat mulai (despite of hyperemesis gravidarum yikes!) tapi lalu terputus karena lemas lagi….jadi untuk urusan mencuci baju bayi, keperluan nursing, keperluan untuk saya sendiri dll sudah selesai dari 2-3 bulan lalu dan sudah rapih di ziploc. Tapi, untuk urusan kamar bayi, penataan, stock serba-serbi bayi baru mulai saya lakukan 2 bulan terakhir ini. Saya sudah stock baju-baju bayi selama 12 bulan pertama haha dengan asumsi saya ga sempat pergi-pergi apalagi milih-milih, wipes dan diapers juga sudah saya stok untuk 6 bulan ke depan hahahaa….kok jadi kayak toko serba ada ya suka stok macam-macam barang. Mungkin karena pengalaman melahirkan pertama di Amerika dulu itu sendirian banget jadi rasanya saya ingin mengupayakan segala sesuatu yang mempermudah hidup keluarga saya right after delivery!

Beberapa hal yang juga saya lakukan untuk keluarga saya : stok ide kegiatan untuk C1, stok buku-buku yang C1 kira-kira sukai topiknya untuk fase ini , stok ready-to-use activities untuk C1, stok makanan untuk C1 dan suami (karena untuk saya sendiri akan menggunakan jasa confinement).

Nah setelah hampir selesai “nesting” saya ingin share pengalaman saya dan beberapa tips saya untuk IMC Moms yang mungkin sedang persiapan nesting juga ya!

1.Menata ulang alur di dapur supaya lebih efisien, kebayang kan nantinya akan ada barang-barang tambahan untuk bayi seperti botol pompa, selang pompa, sippy cups, dkk. Jadi perlu banget untuk memasukkan ke storage segala hal yang jarang dipakai dan rasanya ga akan kita gunakan 1 tahun ke depan. Setelah di tata ulang tentunya seluruh dapur harus dibersihkan betul-betul. Saya mengandalkan Magiclean wiper dengan disposable wet sheet dan dry sheet nya untuk membuat hidup saya lebih mudah! kebayang kan di dapur itu pasti paling sering kotor dan banyak sudut-sudut yang sulit terjangkau. Untuk debu saya gunakan dry sheet sekali pakai buang lalu setelah semua debu tertangkap saya bersihkan lagi menggunakan wet sheet antibacterial untuk memastikan semua betul-betul bersih ke segala sudut.

2.Meal Prep! alias persiapan masak makanan dalam jumlah cukup besar dan disimpan untuk jangka waktu tertentu. Hal ini berguna sekali khususnya untuk Moms yang merantau dan ga ada siapa-siapa yang masakin (HIX!!!) Beberapa menu wajib yang bisa di stok seperti kaldu ayam , kaldu sapi, berbagai jenis sup yang sehat, muffin yang sudah di baked, masukan ke dalam wadah penyimpanan khusus lalu bekukan. Anda juga dapat meal prep untuk suami dan anak-anak untuk yang satu ini bisa yang mudah-mudah seperti ayam goreng, dendeng, rendang, dll. Intinya supaya ga kelaparan ! Stok berbagai makanan yang sehat seperti kacang-kacangan (almond is good for your milk production!), granola bar, quinoa, whole-grain crackers,hummus, brown rice, dll. Saya juga stok berbagai vitamin dan DHA untuk seluruh keluarga dan obat-obat yang mungkin diperlukan kapan saja.

3.Cuci mencuci . Semua di cuci! hehehee mulai dari seprei, sarung bantal, handuk dan segala hal yang diperlukan sebelum bayi lahir dicuci sampai bersih. Setelah di cuci disimpan supaya ga berdebu lagi ya!

4.DEEP CLEANING , bersihkan semua bagian rumah supaya bebas debu dan bakteri. Mulai dari kamar saya, kamar bayi, jendela, lantai, lemari, lantai, kursi, meja, dll. Supaya ga bosan, anda bisa sambil mendengarkan lagu-lagu kesukaan yang seru-seru ya! Kebetulan suami saya sangat helpful, dulu waktu di Amerika kita berdua nesting dan deep cleaning sendirian hahaha. Sekarang saya merasa terbantu sekali deep cleaning dan nesting menggunakan Magiclean Wiper, saya ga perlu bungkuk-bungkuk apalagi berjongkok-jongkok untuk membersihkan ruangan ke segala sudut. Cukup dengan memasang wet sheet antibacterial saya dengan mudah dan ringan dapat membersihkan seisi rumah. Untuk dry sheet nya saya menggunakan untuk menangkap debu-debu dan rambut yang ada di rumah. Untunglah dengan menggunakan Magiclean Wiper , nesting saya terasa lebih ringan dan mudah!

5.Menata ulang jadwal IMC dan kegiatan C1. Yang ini sama sekali ga mudah deh…karena keinginan banyak namun tenaga terbatas. Saya pada dasarnya tidak suka dan tidak bisa begadang…tapi selama mengandung ini saya rasakan lebih mudah lelah loh, jadi saya tidur siang, tidur lebih lama hehehee….jadinya ya begitu….rasanya ga FULL FORCE aja untuk juggle kegiatan C1 (yang lagi perlu saya banget) dan manage IMC. Semoga nanti segera mendapatkan tenaga baru yaaaaa setelah melahirkan.

Banyak yaaaaaa…whooossaaahhhh…..kebayang kan berbagai hal yang ada dipikiran saya 1-2 bulan terakhir ini? hehehehe to-do-list banyak namun tenaga terbatas, niatnya mau bersih-bersih tapi sudah ga boleh manjat-manjat menggapai jendela, jongkok-jongkok mengepel lantai, jongkok-jongkok memungut sampah dan debu-debu di rumah! impossible banget deh, apalagi bersih-bersih kolong ranjang, masa iya Bumil harus tengkurap membersihkan itu semua? hahaha. Untungnya saya selalu menggunakan Magiclean Wiper , my magic stick! ga perlu repot berjongkok-jongkok tapi dengan mudahnya saya bisa memasang wipe nya saja baik yang kering maupun yang basah , udah deh bersih-bersih ke segala sudut ruangan #IMCNestingWithMagiclean 

Yang satu ini saya stok refill banyak untuk membersihkan kamar bayi ketika bayi lahir. Kebayang kan ketika ada si kecil, ada saja yang tumpah! dengan mudah dan sangat ringan dan tanpa perlu menguras tenaga dan membungkuk-bungkuk apalagi berjongkok-jongkok (Can you imagine jongkok-jongkok habis lahiran? euyyyywwwwww) saya tetap dapat menjaga kebersihan kamar si kecil dan pastinya C1 juga dapat membantu dengan stick dia yang lebih pendek! Kebetulan sedang ada promo di JD.ID nih ,beli magiclean mop + dry sheet dapat frying pan gratis. Atau promo spesial pembelian 2 pieces wet sheet berhadiah 1 piece dry sheet. Check them out!

Semoga sharing saya tentang persiapan melahirkan dan “nesting” ini membantu yaaaa!!!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *