Top 5 Benefits – Kombinasi Seni, Prakarya dan Motorik Halus Untuk Anak

Hello IMC readers, seperti yang sering IMC readers lihat di website IMC dan sosial media IMC #ArtWithIMC , akhir-akhir ini kami sedang sering sekali melakukan kegiatan sains, seni , prakarya dan eksplorasi bebas untuk C ya. Di artikel terdahulu saya juga pernah mengulas tentang berbagai benefits dari kegiatan Art & Crafts untuk anak-anak. Menyediakan sudut di rumah yang kondusif  (Art Corner) untuk eksplorasi bebas menggunakan berbagai media-media berkualitas tinggi adalah salah satu upaya yang kami lakukan untuk mengundang C lebih sering berkreasi bebas dan bebas memilih dan menggunakan media apa saja yang ia inginkan di rumah. Hari ini sendiri C sudah menggambar berbagai macam truk menggunakan berbagai warna kertas sebagai dasar dan juga menggunakan spidol yang berbeda-beda serta sesekali menambahkan spidol metalik dan bilang “Coool banget nih silver!!” haha…jujur saja salah satu kegiatan di sekolah yang sangat saya sukai sewaktu saya kecil adalah kegiatan seni, seni rupa, mengambar bebas, dll. Bagi saya refreshing aja dan relaxing…..regardless hasil akhirnya bagaimana dan nilainya berapa saya enjoy saja prosesnya dan kegiatan seni yang ada di sekolah saya dulu…karena biasanya beberapa jam kita boleh duduk di taman dan mencari inspirasi…hihi seru kan!

melukis anak prasekolah

Selain berbagai kegiatan yang terinspirasi dari pendekatan Reggio yang kami lakukan di rumah sebagai komplementer dari kegiatan Montessori di rumah kami, saya juga suka membeli berbagai ready-to-use Art & Crafts yang tersedia di berbagai toko di sini, salah satunya keluaran OrbFactory yang lagi hits banget di sini. Mengapa? karena saya menyadari my time is very very very limited, both my husband and I are very very very busy….ada kalanya kami sempat membuat semua DIY sendiri seperti yang kami inginkan dan imajinasikan. Oopps but too bad, ada momen-momen seperti bulan-bulan ini dimana kami travel non stop! Not complaining about it ,I do personally love travel! Tapi di saat-saat itulah sesuatu yang praktis, well made, fun dan tetap memberikan benefits untuk C come to the rescues! Saya memiliki stok dari dulu dozens, or even more koleksi berbagai ready to do activities at home…pastinya IMC readers bertanya-tanya ya, kenapa sih saya ga buat sendiri semua? kan momC bisa? YES , I have no doubt I can do all those DIYs  but my time is sometimes limited 😉 like now we are back to our home but next week we will be in another continent! yay…so packing untuk kegiatan-kegiatan yang akan saya bawa selama long flight saya pun stok berbagai kegiatan kesukaan C, salah satunya yang mungkin IMC readers sudah pernah liat di feed saya tahun lalu, C lagi nempel-nempel mosaic ya..pada tanya saya beli dimana..waktu itu saya beli di toko di sini…saya ngga tahu di Indonesia beli dimana saat itu. C suka banget kegiatan seperti ini , well C suka semua kegiatan mostly! maka dari itu saya juga selalu harus keep up sama C menyiapkan minimal 5-10 kegiatan sehari ya hehehe…untuk bisa survive saya harus bisa realistis juga hehe…

sticky mosaics orbfactory review indonesia

Yang pertama kali C buat pasti yang berbau-bau mobil ya, kali ini mobil polisi! hehe suka banget dengan kualitas Sticky Mosaics dari Award Winning Company, OrbFactory! kalau C salah nempel dan mau dikupas juga masih bisa lalu dia pindahkan posisinya…ada kan yang sekali ditempel lalu berusaha di lepas langsung sobek? not this one! bahannya sangat tebal dan bahkan yang gambar binatang ada yang bulu-bulu fuzzy fur gitu teksturnya. Selain itu aktivitas sederhana seperti ini memiliki benefit yang sangat banyak loh! bagi kita orang dewasa mungkin merasa kegiatan ini sederhana sekali ya…ngapain yaaaa apa gunanya ya ? banyak!! C disini mengasah kemampuan pengenalan warna , selain itu bukan hanya warna namun juga bentuk…match the shapes C! C juga belajar presisi dan mengupas stiker yang sangat baik untuk mengasah kemampuan motorik halus (pincer grasp C) (well dia sudah hobi mengupas stiker dari 18 bulan! haha makanya suka banget kegiatan begini deh.) Ngga khawatir sama bahan-bahannya karena sudah di tes secara berulang kali dan melewati standard kemanan internasional tertinggi yakni, EN71, ASTM dan CPSIA , namun demikian untuk anak di bawah usia 3 tahun tentunya selalu perlu diawasi ya!

sticky mosaic orbfactory indonesia

Selain itu saya sukanya kegiatan seperti ini melatih kesabaran dan jadi lebih telaten ya selain itu attention spannya juga meningkat. Nah kadang C ngga selesai projeknya dalam satu kali kegiatan, which is fine! sengaja tetapi di taruh di shelves C sehingga besok-besok bisa ia lanjutkan. Seperti tadi pagi begitu bangun langsung buat Ambulance Sticky Mosaic yang belum selesai, ia pilih-pilih sendiri stiker yang dibutuhkan dan mulai mencocokkan warna dan bentuknya….nah mommy sambil siapin breakfast deh!Selain itu si kecil juga bisa mengenal komposisi warna dan dasar-dasar design ya which is a PLUS! Pasti banget Sticky Mosaics by OrbFactory , Canada ini akan kami bawa di rencana travel kami selanjutnya…MUST bring items!

orbfactory plush craft review indonesia

This one….LO and BEHOLD IMC readers, SURPRISE!!!!!!

Si Owl lucu gemessss ini adalah hadiah hari kasih sayang bulan Februari 2016 lalu untuk momC ...awwww indeed! yes yes awww indeed!!! terharu dan mengharu biru nih jadinya….begini ceritanya….pada saat C pertama kali melihat Plush Craft by OrbFactory ini iya langsung bilang “This is for mommyy….” tebakan saya karena ia tahu saya suka sekali warna warni, pink, dll begini. Dan pas ia lihat yang blue whale , C bilang “Yang ini untuk C…” Awalnya saya meskipun berbunga-bunga C bilang begitu ngga terlalu saya masukan hati, dalam hati saya…hmmm C tahu ga ya? ini belum jadi…ia perlu menggunakan “stylus” atau yang C bilang “needle” untuk melengkapi design owlnya. Hilang keraguan itu setelah kami bongkar bersama dan C ternyata nangkap kok instruksinya karena cukup jelas dan self explaining bagi anak-anak. Ia buka kertas instruksinya dimana ada tulisan-tulisan nomor 1,2,3 dst yang diatasnya diberikan contoh gambar kain yang sesuai dengan nomornya. Eh just like that, C mulai sendiri…hohohoho….awalnya kadang C meleset karena lubangnya yang ada lambang “x” itu cukup kecil, namun setelah beberapa kali coba ia keasikan sendiri. Yang kami suka dari bahan bantal owl ini atasnya berbahan tebal jadi kalau C salah “tusuk” berkali-kali ngga akan rusak…hahaha malahan kok addicting ya, saya juga jadi gatel dan ikut mencoba dan ikut-ikutan suka….ehh pas dikasih liat fotonya ke GrandmaC yang bisa menjahit, ia langsung komentar “wuihhh bagus ini untuk dasar-dasar menjahit, jadi lebih telaten dan jari-jarinya terbiasa…GrandmaC juga mau, kayanya seru tuh ya begitu…” (Bayangkan perbincangan ini dilakukan via FaceTime….jadi ia sambil nonton C buat ini…terus jadi kepengen juga…)

 


imageSetelah kurang lebih 1 bulanan C “nyicil” buat bantal OWL yang lucu ini akhirnya jadi juga!! C buatnya nyicil, misal satu sesi kegiatan C buat 20-30 kain…ia dengan telaten dan antusias nyocokin kain dengan nomor yang ada…tentunya momC senang ya, number recognition checked, color composition checked, basic design checked, basic sewing checked, holding stylus –> holding pen checked, attention span checked, fine motoric skill super checked. Saya suka membiarkan C menyelesaikan projek-projeknya tanpa dibatasi waktu , jadi kapanpun C mau revisit dan memiliki motivasi dari dirinya sendiri dan memilih untuk melanjutkannya saya dukung. Yang paling membanggakan untuk C adalah ketika ia hampir selesai dan ia menempel mata-mata Owl nya, ia berulang-ulang mengatakan “This is for Mommyy..this is for Mommyy!! this is Vina the OWL!!!” How precious…..bisa dikatakan ini salah satu hadiah pertama dari C yang adalah inisiatif sendiri dari dirinya selain origami, bunga , daun kering dll….Mommy is so happy C! Selain itu menjahit adalah salah satu kegiatan keterampilan kehidupan dalam pendekatan Montessori loh, bagi Doktor Montessori baik anak laki-laki maupun perempuan harus bisa menjahit, memasak, bersih-bersih dll…oh How I love that idea!

image

Hi , this is “Vina the Owl” – 90% created by loving C 🙂 – Thank you C, let me keep this forever…Am I dreaming? *pinch myself* my babyC made me this~!!!!!

orb factory plush craft indonesia

Setelah selesai dengan “Vina the OWL” , C memilik projek Plush Craft by OrbFactory selanjutnya….yang mana ya C? ia memilih blue whale dan cupcake….huhu sedangkan saya sendiri ikutan gemes jadi ikut bikin juga barengan C…Saya sendiri memilih purple frame BFF Pillows…rencana saya ini untuk dipasang foto wedding kami hihi karena tema wedding kami 6 tahun lalu purple gitu 🙂 nah seperti ini jadinya ini 100% by Mommy! Kalau IMC Readers suka mewarnai di aplikasi milik adikku , Color Therapy App dijamin mommies juga suka kegiatan ini..he eh not dreaming, mommynya juga suka…secretly bikin-bikin pas C nap hahahaa….soalnya satisfying kali yaaaa..yang namanya memberikan warna, keceriaan pada suatu kanvas kosong…therapeutic gitu…hoho..selain itu ada kalanya lagi kesalll ya Mommies? ga tau melampiaskannya…bisa tusuk-tusuk kain di bantal ini, empuk …nanti kesalnya hilang karena jadi gemes…tapi pelampiasannya keluar juga karena udah lega dah nusuk-nusuk bantal empuk pakai needle…jadi positif juga nih untuk relaksasi, inspirasi dan mengelola emosi positif orang dewasa…sampai mikir kok jaman saya waktu kecil ngga ada ya PlushCraft ini? padahal OrbFactory sendiri didirikan oleh Steven Kay di tahun 1991, which is momC udah lahir tuhhh…tapi mungkin belum ada produk ini atau belum masuk ke Indonesia yaaa…duh beruntungnya anak generasi Z dan Alpha, semakin banyak resources bagus dan berkualitas serta memiliki sisi edukatif yang positif masuk ke Indonesia di jaman globalisasi ini!

 

So apa sih 5 Kegunaan kegiatan-kegiatan seni, prakarya ini?

  1. Mengasah kepekaan seni anak , kombinasi warna , sifat-sifat warna , warna komplementer dll.
  2. Menguatkan dan mengasah otot-otot jari anak serta pergelangan tangan anak yang nantinya berguna dalam kegiatan tulis menulis.
  3. Mengasah koordinasi mata dan tangan – ini sangat amat ya, anak belajar menaruh pernak pernik dengan hati-hati dan presisi.
  4. Anak menyadari bahwa dari benda-benda seperti bahan, foam dll dapat dihasilkan suatu hasil karya lain yang dapat digunakan untuk hadiah, pajangan, dll
  5. Melatih kesabaran dan meningkatkan konsentrasi anak. Secara tidak sadar saat anak asik-asik bermain ia juga melatih kesabaran bahwa dalam mencapai suatu hasil diperlukan usaha dan ketekunan.

image

Gemes banget kan? saking gemesnya adik saya yang masih remaja juga mau cobain! hehehee hmm sebetulnya ini ide bagus untuk hadiah loh….misalkan ada teman yang ulang tahun dan kita ingin si kecil membuatkan sesuatu buatannya sendiri…nah PlushCraft ini bisa digunakan sebagai hadiah untuk temannya, karena kan rasanya lebih spesial kalau ada sentuhan buatan si kecil sendiri ya! ataupun bisa dijadikan kegiatan di pesta ulang tahun si kecil…kalau biasanya panggil badut, tukang sulap, balon dll…mungkin kali ini bisa dijadikan kegiatan Art & Craft yang setelah itu bisa dijadikan bingkisan yang bisa dipajang, digunakan dan disimpan sebagai kenangan. Kalau untuk keperluan seperti itu sepertinya IMC Readers bisa langsung saja diskusi dengan representasi resmi / authorized sole distributor OrbFactory di Indonesia , SEC . Ini salah satu ide yang muncul aja karena pengalaman saya kalau siapin kegiatan di pesta ulang tahun atau goodie bag tentunya saya ingin yang berguna tapi juga fun, charming, memiliki sisi edukatif dan bisa dijadikan kenangan 🙂

image

Selanjutnya untuk yang sudah lebih ahli menggunakan stylus / needle bisa dicoba versi 3 dimensinya, ini bagus sekali untuk mengasah visual persepsi anak loh…Lihat deh lembaran direksinya, begitu C buka lembaran tersebut ia mulai memetakan yang warna hitam untuk bagian mata dan sekitarnya, bagian punggung warna coklat dll...I am amazed! basically dari informasi di kertas yang flat itu, anak dapat belajar mencerna informasi dan memetakannya di sculpture 3 dimensi PlushCraft 3D. Lebih challengeing memang karena lebih membutuhkan tenaga untuk memasukkan bahan-bahannya namun C anaknya memang penasaran..haha dengan sekuat tenaga ia berusaha dan akhirnya ia bisa, meskipun yang 3 Dimensi ini belum sampai selesai sendiri, namun mommy sudah senang karena C bisa memetakan dari lembaran kertas itu untuk bagian warna-warna bahannya. Itu saja sudah berarti sekali untuk mommy!

image

 

Yang saya suka lagi dari PlushCraft ini karena come to the rescue khususnya saat anda tidak menyiapkan kegiatan , atau saat berpergian….no glue needed, just fabric, stylus/needle and the pillows / the 3D stuff. Saya suka sekali sebetulnya penggunanaan kain di kegiatan ini, jujur aja saya belum banyak mengekspos C dengan kegiatan prakarya yang menggunakan kain…saya suka disini ia juga dapat memahami konsep kombinasi warna, gradasi warna, warna yang mengkilap, warna metalik, kain bertesktur, kain polka dot, kain yang transparan dll.

image

Hiiii….naik Morphun Car buatan C dulu ya!!! senang melihat wajah C yang puas dan bangga akan hasil kolaborasi kami, si 3D doggie ini….saya yakin C juga belajar bahwa dari kain-kain dan bahan-bahan tertentu ternyata bisa ya dijadikan karya masterpiece yang worth keeping 🙂

image

Yang kami sukai dari PlushCraft by OrbFactory salah satunya adalah suplai kainnya yang banyakkkkkkk…ga perlu khawatir kurang ya, karena untuk setiap warna diberi lebih cukup banyak..bahkan kalau mau buat lebih fluffy bisa ditambah sendiri juga…hihi…so far projek kami sudah selesai semua tinggal 2 yang masih on going , nanti kami share ya!

image

Boleh dong kalau hasil karya C dari Sticky Mosaics by OrbFactory dijadikan story telling gabungan sama buatan Morphun C? karena semua-semua aja digabung Morphun sekarang….lagi suka banget banget…next time travel sepertinya perlu dibawa deh…ditanyain terus setiap hari huhu…

image

Which one is your favorite? which one is your son or daughter favorite? yuk buat bareng dengan mereka, dengan projek seru seperti ini yang hasilnya bisa mereka simpan tentunya kegiatan mengasah motorik halus jauh lebih seru!!! Cocok banget untuk anak-anak yang belum mau pegang pen, hey it is fine!! I am not concern at all to teach C how to write..hehehe C hampir tidak pernah sih saya siapkan worksheet belajar menulis..at least NOT at this age...kecuali ia minta sendiri….haha kebanyakan sih ia minta-minta sendiri…mungkin karena ngga pernah disuguhkan jadi malah kebalikan minta ya! fokus saya lebih mengasah otot-otot jari, membuka wawasan C, kegiatan seru-seruan sama C dan making memories with him , your child’s childhood is only once and let’s fill it with beautiful memories, make meaning~!

Oops…saking mengharu biru masih kesengsem sama “Vina The Owl” by C (yes by C!!) sampai hampir lupaaa..hahaa, khusus untuk IMC Readers, yes we are so LUCKY! do you know why? karena IMC Readers itu sudah dikenal sebagai Ibu-Ibu (dan beberapa Bapak-Bapak rajin!) di Indonesia (sebagian merantau) yang rajin, suka berkegiatan, kreatif, inovatif, positif, edukatif dan peduli terhadap perkembangan anak dan hal ini bukan rahasia lagi loh! ~100.000 IMC Readers dari berbagai platform IMC memang sangat amat kreatif dan inspiratif dan ini betul-betul menjadi positive vibes dan movements bagi siapapun di Indonesia & di negara lain 🙂 ok cukup sudah, intinya karena IMC readers itu dikenal seperti hal-hal yang saya sebutkan di atas, SEC selaku authorized sole distributor dari OrbFactory untuk wilayah Indonesia memberikan IMC Readers Voucher untuk PlushCraft by OrbFactory senilai 50.000 IDR dengan kode :imcplushcraft

woohooo woohooo!!!! pasti bagi yang suka jalan-jalan ke Mall udah pernah lihat deh PlushCraft yang satu ini dimana-mana, ya kan? udah ngincer juga kan? hehehee nahhh dalam kesempatan ini OrbFactory Indonesia (Seraphina Educational Corner) memberikan super special deal khusus IMC Readers, cek di sini katalognya ya!

 

 

 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author “Montessori di Rumah” & “Real Mom Real Journey” , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *