Eksplorasi Menggunakan Loose Parts dan Magnet

Dear IMC Mommies, how are you? akhir-akhir ini rutinitas kami sudah berangsur kembali namun ditambah kesibukan projek lainnya hehe…so harus tetap semangat nih. Setelah lama berlibur saya juga kembali join kelas yoga dan zumba lagi…udah kelamaan liburnya karena dari bulan Maret kemarin jalan-jalan kesana kemari…gagal terus deh olah raganya huhu….nah terinspirasi dan termotivasi dari salah seorang homeschooler Mom di sini yang rajin banget olah raga jadi menyemangati diri untuk kembali aktif lagi. Dulunya khususnya sebelum menjadi Ibu saya rutin seminggu 2-3 kali ikut ini itu hehe…(excuse….) tapi sejujurnya sulit banget untuk ikutan kelas di sini karena baru bisa ikutan kelas kalau malam hari (suami sudah pulang dll).

image

 

Oh ya, beberapa minggu lalu kebetulan Spielgaben mengirimkan kami add-on Spielgaben Magnet Sheet yang detilnya bisa di cek di website mereka. Ketika C melihat magnet sheet yang dikirimkan oleh Spielgaben langsung aja C minta dibuka dan mau cobain. Hehe reaksi khas C ya kalau lihat yang baru selalu mau langsung dicoba padahal jamnya tidur siang.

image

Nah jadi yang dimaksud Spielgaben Magnet Sheet adalah tambahan bagi para pemilik Spielgaben V4 untuk dapat menggunakan perangkat yang ada dengan fitur magnet. Menurut saya fitur ini cocok untuk anak usia dini yang mungkin terkadang terlihat kesal atau frustasi kalau pernak pernik loose partsnya mudah tergeser. Namun penggunaan ini lebih tepat untuk anak di atas usia 3 tahun , kalaupun ada anak berusia dibawah itu ingin mencoba harus dengan pengawasn penuh. Why? karena kecil-kecil magnet sheet nya jadi tidak cocok untuk anak yang masih mouthing. Saya sendiri mengingatkan C tentang hal ini lagi dan C mengangguk-angguk dia tampak ngerti dan kebetulan ia sendiri sudah tidak mouthing sejak lama so saya pun yakin untuk membiarkan C eksplorasi menggunakan loose parts Spielgaben V4 yang memang ada bagian kecilnya.

image

Saya juga gabungkan berbagai bentuk untuk C kreasikan bebas di papan magnetnya. Apa sih tujuannya ? bagi C terutama kegiatan ini betul-betul mengasah imajinasi dan kreatifitas C. Dimana ia bebas-bebas saja mewujudkan apa yang ada di pikirannya menjadi nyata dengan menggunakan loose parts berbagai bentuk dasar. Selain itu hal ini juga mempermudah saya dalam mengenalkan berbagai konsep seperti bentuk, berbagai jenis garis, fraksi dasar, dll.

image

Nah karena C suka sekali dengan things that go seperti mobil, kereta api, motor dll begitu melihat lingkaran , titik dan garis imajinasi pertamanya langsung “I am creating a Car Mommy…” Yang menurut saya priceless itu dimana wajah C terlihat bangga dan senang sekali ketika ia bisa menciptakan sesuatu yang sebelumnya tidak ada dan mewujudkan imajinasinya yang terinspirasi dari hal-hal yang ia lihat dalam kehidupan sehari-hari ia tuangkan ke dalam suatu bentuk karya dalam kegiatan loose parts ini. C sendiri excited karena kali ini menggunakan magnet board jadi ia bisa membawa-bawa dan memperlihatkan hasil karyanya. Biasanya C suka membuat berbagai kreasi di papan tanpa magnet disitu ada challenge tersendiri dimana ia perlu menggunakan kemampuan ekstra dan belajar berhati-hati supaya tidak bergeser dll.

image

Selanjutnya saya undang C untuk bermain Memory Game di mana saya akan meletakkan beberapa benda dan C akan saya beri waktu untuk melihat dan selanjutnya saya tutup board saya dan C diminta untuk membuat yang sama. Kegiatan ini terlihat sederhana namun membutuhkan konsentrasi tinggi dan juga kemampuan visual spasial loh untuk anak usia dini. Di sini pun saya dapat membahas perihal ordinal seperti letak, urutan, horisontal, vertikal, diagonal dll. New words, kosa kata baru dan pemahaman baru untuk C ya!

image

Untuk DIY memory boardnya itu saya sudah buat sendiri beberapa tahun lalu dan caranya bisa di lirik di sini.

 

imageSelain itu C juga sedang into space alias dunia luar angkasa akhir-akhir ini , amazed juga pada saat malam hari C masih ingin berkreasi menggunakan Spielgaben Loose Parts dan Magnetic Boardnya ia berkreasi dan berimajinasi membuat teleskop, konstelasi, komet dll. Have Fun C!

Khusus untuk IMC Mommies, selama pembelian Spielgaben V4 Set mulai Agustus 25, 2016 sampai September 25, 2016 anda akan mendapatkan gratis – FREE add-on Magnetic Sheet Set Spielgaben yang biasanya dijual senilai 40 USD (~550.000IDR) . Selain itu IMC Mommies juga bisa ikutan IMC SPECIAL BUY langsung dengan Spielgaben Indonesia dimana mommies dapat melakukan cicilan pembayaran selama 3 kali. Untuk informasi lebih lanjutnya mommies bisa email ke info@spielgaben.com langsung ya!

image

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *