Fizzy Fizzing Dinosaurs Eggs

Dear IMC-ers, beberapa saat lalu momC menyiapkan telur dinosaurus beku ini untuk kegiatan sains sederhana dan permainan sensori untuk C. Kalau biasanya momC berikan garam dan juga air hangat untuk melelehkan es batu, kali ini momC berikan sesuatu yang berbeda.

eksperimen anak tk sains

Bentuknya memang mirip bola-bola ubi ya IMC-ers, terutama warnanya…haha entang mengapa momC buat warna oranye, mungkin saat itu terbawa “fall season” ya! dimana-mana warna oranye jadi telurpun warna oranye hehehe…cara buatnya mudah, tinggal masukan figurine dinosaurusnya ke dalam balon lalu isi dengan cairan berwarna, ikat dan bekukan di freezer. Nah biasanya momC stok banyakan , jadi begitu hari-hari sibuk dan C mau main tinggal keluarkan dan plung plung, telur-telur ataupun bola-bola (however you want to imagine it!) sudah siap sedia..hehehee

photo 3-186

Nah kali ini cairan di dalam botol semprot ini bukan air hangat, bukan kecap manis ataupun kecap asin ya! MomC berikan cairan cuka (vinegar / CH3COOH / asam asetat). Yes CUKA! penggunaan cuka ini perlu diawasi untuk anak yang masih belum mengerti ya tentunya, supaya tidak di masukan ke mulut aku ke mata dll. Bagi IMC-ers yang bertanya-tanya kenapa kali ini momC berikan cuka untuk mencairkan telur beku ini, momC ingin C melihat bahwa ternyata cuka juga bisa dipakai untuk membantu melarutkan es batu selain menggunakan garam ataupun air hangat. Bahkan cuka membantu mempercepat proses meleleh loh!

photo 2-237

Supaya lebih seru C minta “baking soda” juga seperti biasa, untungnya momC udah stok lagi beberapa kardus soda kue huhuhu, ini salah satu kegiatan favorit C sejak menjelang usia 2 tahun karena setiap soda kue di tetesin cairan lemon ataupun cuka akan mengeluarkan efek berbuih, berbusa dan mengeluarkan bunyi “Fizz Fizz Fizzzzzzingggg…” jadi C terpesona dan suka banget eksplorasi menggunakan materi yang satu ini.

photo 1-220

Kali ini pun momC berikan botol semprot (Spray bottle) dan bukan eyedropper seperti biasanya. Kedua alat sederhana ini, eyedropper maupun botol semprot adalah alat-alat yang ada di sekitar kita di rumah , eyedropper dapat didapatkan dari botol vitamin yang sudah tidak dipakai dan sudah dicuci , bisa juga gunakan pipet kecil. Botol semprot diusahakan yang kecil dan pas di tangan anak ya. Kedua alat ini sungguh baik digunakan untuk mengasah motorik halus anak, di saat si kecil asik bermain secara tidak sadar ia sebenarnya melatih kekuatan motorik jari-jarinya yang nanti-nantinya berguna saat belajar menulis.

photo 3-185

Nah seperti ini penampakan telur dino yang sudah mau menetas ala IMC, haha udah kelihatan tuh kepalanya kata C! yuk dicoba!! dibawah ini juga momC kumpulkan berbagai printable gratis yang bisa diunduh yang berhubungan dengan dinosaurus ya!

Printable Serba-Serbi Dinosaurus Untuk si Kecil from Fiona Mustika

Dinosaurs Maze Printable from BusyBee Kids

Dinosaurs Memory Game from BusyBee Kids

Dinosaurs Coloring Pages from First Palette

 

 

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).