Dear IMC-ers, kali ini MomC mengenalkan kepada C salah satu festival yang banyak dirayakan oleh berbagai negara di dunia, yakni Mid-Autumn Festival. Mid-Autumun Festival sendiri sering dikenal sebagai Mooncake Festival (MomC juga tahunya Mooncake Festival…hehe) dirayakan berbagai negara di Asia dan dikenal dengan berbagai nama Moon Festival (di Cina), Children’s Day / Trung Thu (di Vietnam), Tsukimi (di Jepang) , Chuseok / Hangawi (di Korea), Lantern Festival (di Singapura dan Malaysia). Meskipun nama nya berbeda-beda tetapi rupanya esensi dari festivalnya kurang lebih sama yaitu merayakan keindahan bulan purnama dengan makan kue bulan bersama keluarga sambil bersyukur dan berdoa bersama , intinya adalah silaturahmi dan kumpul-kumpul keluarga bermandikan cahaya bulan purnama begitu IMC-ers.

UNICEF Celebration Children Like Me

Nah suka sekali dengan buku “Children Just Like Me – Celebration” yang diterbitkan bekerja sama dengan the United Nations Children’s Fund (UNICEF). Di buku ini lengkap ada berbagai macam perayaan budaya dari seluruh dunia setiap bulannya, betul-betul kaya akan informasi dan memudahkan MomC untuk bercerita pada C mengenai kebudayaan dan perayaan yang ada di seluruh dunia. Kali ini MomC juga menggunakan referensi buku ini untuk mengenalkan C pada Mid-Autumn Festival.

Selain itu kegiatan Montessori Kebudayaan ini merupakan salah satu kegiatan dalam pendekatan Montessori ya IMC-ers, dalam pendekatan Montessori, anak sedini mungkin diperkenalkan ke berbagai kebudayaan, tradisi, jenis makanan yang berbeda-beda dari seluruh belahan dunia. Doktor Montessori  mengamati pentingnya kegiatan ini untuk membuka wawasan anak sedini mungkin dan nantinya si kecil akan tumbuh menjadi anak yang dapat menghargai perbedaan dan tidak berpikiran sempit. Tidak menjadi masalah apakah keluarga kita merayakan atau tidak festival/perayaan tertentu, tetapi sebagai makluk hidup yang hidup di belahan bumi yang majemuk ini, hendaknya kita menghormati teman dan saudara lain yang merayakan festival yang mereka anggap penting dalam hidup mereka. Suka sekali dengan pendekatan Montessori di bidang ini, karena betul-betul considerate dan thoughtful menurut MomC terutama dalam membesarkan anak di jaman globalisasi ini, dunia rasanya terasa semakin sempit karena jarak sudah tidak menjadi halangan untuk berpergian dll.

Waktu MomC pertama kali berangkat kuliah ke Amerika, momC tinggal di asrama…disitu momC bertemu dengan berbagai teman baru dari seluruh belahan dunia, warna rambut mereka berbeda, warna mata berbeda, agama dan kepercayaan mereka berbeda dan juga jurusan yang mereka ambil saat kuliah berbeda. Banyak hal yang momC sukai , ada juga yang kurang sesuai dengan value momC. Tetapi disitu momC sadar pentingnya kita membuka wawasan sehingga tidak berpikiran sempit, karena itu pula salah satu kunci kesuksesan di masa mendatang.

“Berwawasan luas beda dengan ikut-ikutan supaya kelihatan keren , berwawasan luas bukan berarti tidak memegang teguh pendirian dan nilai-nilai yang kita percayai .” – Elvina Lim Kusumo

mid autumn festival montessori culture

MomC sendiri baru tahu loh ternyata Mid-Autumn Festival ini dirayakan juga oleh saudara-saudar kita di Vietnam. Selama ini MomC kira hanya di Cina, Singapura, Hongkong saja. Pada bulan September saat MomC kecil, biasanya GrandmaC udah beli kue bulan , dan kue nya enak sekali…ada yang isinya lotus paste, ada yang isinya kacang hitam dan kuning telur dsb. Sayang sekali tahun ini MomC ngga sempat beli kue bulan di Amerika. Pas cek mau beli online eh mahal sekali plus ongkos kirimnya, terus juga sampainya masih lama…so khusus tahun ini C dibacain cerita dulu aja. Justru waktu C usia 9 bulan, momC punya kue bulan waktu itu MomC sempat beli di Asian Grocery Store…seperti ini penampakannya.

Nah menurut buku “Children Like Me” yang diterbirkan bersama dengan UNICEF di atas, Moon Cake (kue bulan) adalah salah satu ciri festival dan tradisi festival ini. Ada 2 macam kue bulan, yakni yang tidak di panggang (berwarna putih) dan yang di panggang (berwarna coklat). Bentuknya sendiripun yang bulat melambangkan persatuan dan keutuhan. Ada tradisi khususnya di jaman dulu, bahwa anggota keluarga yang lebih tua akan memimpin kegiatan membuat kue bulan ini bersama-sama dan anggota keluarga lainya akan membantu membuat bersama.

Mungkin tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi persaudaraan ya IMC-ers, kan kalau bikin kue sama-sama bisa sambil curhat bareng gitu..

Selain itu, kabarnya bulan perayaan festival ini juga banyak dilangsungkan acara pernikahan. Dan juga bagi yang masih lajang, ada acara kumpul-kumpul dan mencari pasangan hidup. MomC sendiri ketemu pasangan hidup ngga pas festival ini sih, lebih ke musim panas di Amerika begitu temanya…haha.

Nah karena minggu lalu di kegiatan #IndonesiaMontessoriHomeschool C mengenal berbagai fase bulan, kali ini bertepatan dengan festival harvest moon , momC ingin memberikan undangan untuk mereview fase-fase bulan lagi. Salah satunya bisa juga digunakan biskuit bulat ataupun pancake bulat seperti di bawah ini.

Untuk mengenalkan si kecil pada berbagai fase bulan yuk cek dan download printable gratis mengenai fase-fase bulan dari montessori for learning dapat di unduh langsung di sini (moon phase).

Cek juga resep untuk membuat dan mendekorasi Moon Cake persembahan dari British Council , cek di sini ya untuk Resep Buat Mooncake dari British Council.

Happy Mid-Autumn Festival !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *