Dear IMC-ers, salah satu kegiatan #IndonesiaMontessoriHomeschool kami kali ini adalah mengenalkan C ke kedua grup besar dalam pengelompokan hewan yakni hewan bertulang belakang (vertebrata) dan hewan yang tidak memiliki tulang belakang (invertebrata). Awalnya MomC jelaskan kepada C apa yang di maksud dengan tulang belakang (backbone) dengan menunjukkan tulang belakangnya sendiri. Selanjutnya MomC mulai bercerita mengenai berbagai jenis hewan, sebagian ada yang memiliki tulang belakang seperti burung, mamalia, reptil dll. Serta ada pula sebagian hewan yang tidak memiliki tulang belakang seperti serangga , moluska , dll.

Invertebrata tidak memiliki tulang belakang. Banyak di antara invertebrata yang memiliki eksoskeleton (skeleton keras di luar badan binatang untuk melindungi bagian organ tubuh yang lunak di dalamnya). Invertebrata terdiri dari 8 phyla yakni Arthropoda (insects, arachnids, centipedes & milipedes, horseshoe crabs) , Mollusca (squid, octopus, cuttlefish, snails), Cnidaria (corals, jellyfish, hydras), Annelida (earthworms, leeches, polychaetes), Platyhelminthes (flukes, tapeworms), Nematoda (round worms), Echinoderms (starfish , sea urchins, sea cucumbers) , Porifera (sponge).

Sedangkan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang. Hewan vertebrata dikelompokan menjadi satu phylum yang dinamakan Chordata yang terdiri dari 8 kelas yakni amfibi , reptil, burung, mamalia dan keempat kelas ikan. Pada tahap usia dini tentunya MomC hanya memberikan perkenalan secara umum dan bukan meminta anak menghafal semua jenis dan klasifikasi ini ya. MomC hanya mengenalkan bahwa hewan di bagi menjadi  2 kelompok besar  , yang memiliki tulang belakang (vertebrates) dan yang tidak memiliki tulang belakang (invertebrates). Serta menunjukan C apa yang dimaksud dengan tulang belakang.

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjelaskan dan mengenalkan anak usia dini ke konsep ini , mulai dari berkreasi bebas menggunakan loose parts untuk membentuk sesuatu , mewarnai gambar hewan serta mengelompokkan kartu hewan. Pada kesempatan pengenalan awal ini MomC sengaja mengenalkan dengan cara yang mendekati realistik dengan memberikan berbagai koleksi miniatur kami. Tujuannya supaya C bisa lebih mudah mengasosiasikan konsep dengan realita. Nanti apabila C sudah lebih besar (usia 6-7 ke atas), akan lebih mudah bagi C untuk menangkap konsep yang abstrak. Pada tahapan usia ini, C cukup mengerti konsep umum dan garis besarnya saja secara hands on (realistik). Nah apabila IMC-ers mungkin belum memiliki koleksi hewan-hewan kecil seperti momC, ngga masalah …bisa juga dikenalkan saat pergi ke kebun binatang, atau saat jalan-jalan di dekat rumah…kan biasanya ada kucing atau ayam kadang-kadang maupun lalat dan cacing. Bisa kesempatan itu IMC-ers gunakan untuk menunjukan ke si kecil. Selain itu ada beberapa kartu printable berhubungan dengan pengelompokkan vertebrata dan invertebrata yang IMC-ers dapat unduh langsung di link di bawah.

Klik di sini untuk unduh printable gratis teacher vision untuk pengelompokkan jenis hewan berdasarkan vertebrata dan invertebrata. serta kartu bergambar untuk mengelompokan hewan dari the helpful garden yang bisa anda unduh di link ini.

Yuk di coba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *