Kegiatan Sains, Teknologi, Teknik, Seni dan Matematika Seru Untuk Anak Usia Dini

STEAM Activity Using Noodle Pool

Dear IMC-ers, pernah dengar yang di maksud dengan STEAM? uap? haha bukan..STEAM adalah singkatan dari Science , Technology , Engineering , Art , Math. Kali ini MomC menyiapkan undangan bermain dan berkreasi menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapat seperti pool noodle ini (alat pelampung) dan juga tusuk gigi. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengasah kemampuan berpikir strategis dan kritis , serta mengasah koordinasi mata dan tangan serta motorik halus anak.

photo 4-70

Nah  noodle pool yang panjang itu momC potong-potong menjadi seperti donat …lalu C bisa berkreasi bebas membuat berbagai macam bangunan , mobil-mobilan dll.

photo 3-76

Nah ini dia “tall building” versi C. IMC-ers, kalau misalkan susah mendapatkan pool noodle, bisa diganti ya dengan bahan lainnya seperti marshmallow, lalu gabus , styrofoam dll ..coba deh IMC-ers lihat sekitar, ada ngga barang yang bisa dipakai untuk bermain seperti ini? Dan tentunya untuk anak usia dini, pengawasan ketat diperlukan ya…

photo 1-90

Selain itu, momC juga membuat race track menggunakan noodle pool yang di belah menjadi dua bagian ….satu bagian momC letakan di tangga, bagian lainnya di bawah anak tangga…dan momC sediakan kelereng….jadi deh! Seru-seruannya C gelindingin kelereng ke dari atas ke bawah…sambil menyinggung sedikit banyak tentang gravitasi 🙂 Yuk dicoba super mudah dah seru!! kalau ngga ada noodle pool, bisa gunakan rangkaian botol plastik bekas ataupun pipa. Happy Trying!

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *