Sains Anak Usia Dini : Let’s Rescue the Horse !

Pada permainan sensori kali ini kami menggunakan es batu yang berisi miniatur kuda-kudaan dan pasta berbentuk alphabet yang sudah momC bekukan jauh-jauh hari. Selalu saja MomC sedia stok berbagai macam bentuk es batu berwarna dll di freezer, tujuannya supaya kapan aja kalau lagi sibuk tinggal langsung ceplok keluarkan dan C bisa main.

Nah bola-bola hitamnya, bisa IMC-ers ganti jelly, atau pun tapioka ball yang sudah direbus. Tetapi kali ini karena MomC agak sibuk momC berikan water beads yang sudah di rendam. MomC jarang sekali gunakan water beads dan lebih merasa tenang menggunakan bahan pangan alami khususnya bagi anak di bawah usia 3 tahun. Bahkan sudah menggunakan bahan panganpun, tetap perlu diawasi ya!

Nah selain itu, MomC juga siapkan berbagai garam berwarna. Garam berfungsi untuk mempercepat proses mencair pada es batu. Untuk alphabet nya momC gunakan pasta kecil-kecil dan tujuannya supaya C semakin tertarik.

Baru saja selesai di taruh di wadah, C langsung datang mendekati dan bergegas mengambil garam berwarna, langsung aja ia taruh dan bilang “tuh nanti es-nya mencair!”. Memang kegiatan sejenis sudah sering dilakukan oleh C, jadi ia sudah tahu kira-kira apa yang terjadi begitu garam nya di bubuhi di es batu. Ia juga langsung kesenengan bacain semua alphabet yang ia temukan  di es batu.

Nah begini penampakan (perhatikan es batu biru dan kuning) sesaat setelah diberikan garam….langsung saja mempercepat proses mencair dan terlihat rongga-rongga di es batunya ya.

Yay akhirnya berhasil juga , alphabetnya mulai keluar dan kuda yang terperangkap hampir keluar. Kalau sudah begini, tinggal berusaha di ambil menggunakan capitan ya C! Yuk dicoba, silahkan disesuaikan dengan mainan dan tema yang sedang si kecil suka ya mom…Neighh…Neighhh….

Written By

Elvina Lim Kusumo is a Mother , Author "Montessori di Rumah" & "Real Mom Real Journey" , food scientist, Montessori Educator , and founder of IndonesiaMontessori.Com (IMC).